10 Perbedaan Air Cooler dan AC (Air Conditioner)

Antara Air Cooler dan Air Conditioner (AC) sebenarnya merupakan dua perangkat elektronik yang berbeda. Namun kenyataannya masih banyak orang yang salah kaprah menganggap kalau kedua produk ini sama. Bahkan tak jarang orang yang menyebutkan bahwa Air Cooler merupakan AC Mini atau AC Portabel. Kami tegaskan sekali lagi bahwa anggapan tersebut benar-benar keliru. Air Cooler dan AC adalah alat elektronik yang berbeda.

Satu-satunya persamaan antara Air Cooler dan Air Conditioner terletak pada fungsinya yang dapat menurunkan suhu udara di dalam ruangan. Ruangan yang dilengkapi dengan alat-alat ini akan mempunyai suhu yang lebih sejuk dan cenderung dingin. Hal ini begitu penting terutama bagi kita yang tinggal di Indonesia yang memiliki kondisi cuaca rata-rata yang panas. Maka penggunaan alat bantu seperti Air Cooler dan AC sangat membantu kehidupan kita untuk menciptakan suasana yang nyaman.

Air Conditioner

perbedaan-air-conditioner.jpg

Air Conditioner (AC) adalah perangkat elektronik yang berfungsi untuk mengatur suhu udara di dalam ruangan sesuai dengan kondisi yang kita inginkan. Produk ini dikembangkan dari mesin pendingin yang terdapat pada freezer. Prinsip kerja AC yaitu menyerap udara panas yang ada di sekitarnya. Proses pemindahan panas inilah yang menyebabkan timbulnya hawa dingin. AC menggunakan bahan pendingin yang dinamakan refrigeran, di mana bahan ini juga terdapat pada freezer dan lemari es.

AC sebenarnya lebih ke arah perangkat yang bertugas untuk mengondisikan suhu udara sesuai apa yang kita mau, bukan sekadar perangkat untuk mendinginkan udara. Kita bisa menentukan berapa suhu udara yang diinginkan menggunakan AC. Perangkat ini menghasilkan udara yang dingin dan cenderung kering. Hal ini tidak terlepas dari prinsip kerjanya yang menyerap udara panas sehingga dapat mengurangi kelembaban udara. Saat ini produk AC terus dikembangkan dari sekadar alat pendingin ruangan menjadi alat bantu kesehatan.

Air Cooler

https://2.bp.blogspot.com/-eClG5jWnQmw/XB661V4DtaI/AAAAAAAA-_Y/prtW-DwMPkU4vQr43_2Qf07-jPu6bS1pwCLcBGAs/s320/perbedaan-air-cooler.jpg

Air Cooler biasa disebut pula sebagai Air Humidifier. Ini merupakan perangkat elektronik yang berfungsi untuk mendinginkan suhu udara. Air Cooler bekerja dengan mengeluarkan udara yang mengandung uap air. Boleh dibilang kalau Air Cooler ini mirip seperti kipas angin. Tetapi bedanya angin yang dihasilkan oleh Air Cooler mengandung uap air yang dingin. Dari sinilah suhu udara di dalam ruangan menjadi lebih dingin serta mengandung tingkat kelembaban udara yang cukup tinggi.

Produk Air Cooler saat ini begitu diminati di Indonesia. Kemampuannya yang sangat ampuh dalam mendinginkan udara dengan pemakaian energi listrik yang kecil menjadi daya tarik utamanya. Tidak seperti pemakaian Air Conditioner, Anda tidak perlu takut tagihan listrik bakal membengkak saat menggunakan Air Cooler. Sebab jumlah energi listrik yang dibutuhkan oleh Air Cooler tidak berbeda jauh dengan konsumsi listrik pada kipas angin.

Perbedaan

Adapun perbedaan antara Air Cooler dan Air Conditioner adalah sebagai berikut :

  1. Air Cooler menggunakan bahan pendingin berupa air dan es. Sedangkan Air Conditioner memakai refrigeran yang berwujud gas sebagai bahan pendinginnya.
  2. AC merupakan perangkat elektronik yang boros listrik. Kebutuhan listriknya begitu besar. Berbeda sekali dengan Air Cooler yang memerlukan energi listrik lebih sedikit.
  3. Air Cooler menghasilkan udara dingin yang mengandung uap air. Pemakaian alat ini akan meningkatkan kelembaban udara di dalam ruangan. Sementara itu, penggunaan Air Conditioner (AC) justru akan membuat udara menjadi kering.
  4. Air Cooler cukup mudah dirawat dan dibersihkan. Bahkan Anda pun dapat mengerjakannya sendiri. Namun untuk merawat dan membersihkan AC, Anda butuh bantuan tenaga profesional.
  5. Anda bisa mengatur tingkat suhu udara sesuai keinginan apabila menggunakan AC. Sedangkan suhu udara yang dihasilkan oleh Air Cooler tidak bisa diatur sesuka hati.
  6. Area jangkauan AC jauh lebih luas daripada Air Cooler. Air Cooler hanya mampu mendinginkan satu ruangan. Tetapi AC bisa mendinginkan suhu udara sampai di ruangan sebelahnya.
  7. Rata-rata harga Air Cooler lebih terjangkau daripada Air Conditioner. Bahkan selisihnya bisa mencapai 2-3 kali lipat. Namun harga ini kembali lagi tergantung dari fitur-fitur yang dimiliki oleh perangkat tersebut.
  8. Air Cooler merupakan perangkat yang mudah sekali dipindah-pindahkan. Sebab perangkat ini sama sekali tidak memerlukan instalasi khusus. Berbeda dengan AC yang sulit dipindahkan ke tempat lain karena dilengkapi dengan instalasi udara.
  9. Produk AC terbaru memungkinkan Anda dapat membunuh bakteri, kuman, virus, dan jamur yang ada di suatu ruangan. Sedangkan pemakaian Air Cooler justru bisa mendatangkan jamur seiring dengan meningkatnya kelembaban udara di ruangan tersebut.
  10. Pemakaian Air Cooler juga berisiko dapat merusak alat-alat elektronik yang ada di sekitarnya. Hal ini tidak terlepas dari uap air yang dihasilkan oleh Air Cooler. Dalam jumlah yang besar, uap air ini dapat memicu terjadinya korsleting listrik.