13 Tips Merawat TV LED agar Tidak Cepat Rusak

Anda mungkin butuh tips merawat TV LED agar tidak cepat rusak? Anda tentu menginginkan TV LED yang dimiliki saat ini awet, tidak cepat rusak, dan mampu beroperasi dengan baik hingga puluhan tahun mendatang. Hal tersebut dikarenakan harga TV LED yang lumayan mahal pasti akan menguras banyak biaya kalau barang ini mudah sekali mengalami kerusakan. Oleh karena itu, Anda harus telaten dan hati-hati dalam merawat TV LED.

Faktanya adalah masih banyak pemilik TV LED yang belum tahu cara yang benar dalam merawat perangkat elektronik yang satu ini. Kebanyakan dari mereka masih sering melakukannya secara asal-asalan dan menganggap kalau TV LED tidak ubahnya seperti TV tabung biasa. Padahal dari segi bahan-bahannya pun kedua perangkat televisi ini terbuat dari material yang tidak sama. Jadi proses perawatannya juga membutuhkan cara yang berbeda.

tips-merawat-tv-led.jpg

PELETAKAN

Pahami aturan meletakkan TV LED yang benar di bawah ini :

  1. Letakkan TV LED di tempat yang bersih, kokoh, stabil, dan memiliki permukaan yang rata. Usahakan agar lokasi tersebut memiliki sirkulasi udara yang lancar sehingga perangkat TV Anda tidak mudah panas. Hindari menaruh TV LED di tempat yang rawan berdebu sebab partikel-partikel kotoran ini dapat menutupi lubang ventilasi pada TV LED. Akibatnya televisi pun akan cepat panas.
  2. TV LED lebih baik dipasang di dinding daripada diletakkan di atas meja. Anda bisa menggantung televisi di dinding menggunakan braket yang sesuai. Jangan lupa berikan jarak antara perangkat dan dinding sekitar 10 cm tempat pergerakan udara. Mengingat TV LED berukuran tipis dan bobotnya pun cukup ringan, maka perangkat ini gampang terjatuh bila ditaruh di atas meja.
  3. Pastikan TV LED ditempatkan di area yang aman. Area tersebut tidak boleh terkena cahaya matahari secara langsung. Sinar ultraviolet akan dengan mudah merusak televisi Anda sehingga tampilan gambar pada layarnya pun memiliki warna yang tidak nyata. Selain itu, area penempatan TV LED juga harus dipastikan tidak terlalu lembab dan bebas dari air.
  4. Jauhkan TV LED dari perangkat elektronik lain yang mempunyai medan magnet tinggi. Misalnya seperti speaker dan CPU komputer. Ini merupakan kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh pemilik TV LED dengan menempatkan televisi persis di antara dua buah speaker tower. Padahal medan magnet yang terdapat di speaker dapat mengganggu kinerja komponen-komponen TV LED yang mempengaruhi kualitas gambarnya.

PEMBERSIHAN

TV LED juga harus dibersihkan secara rutin. Berikut ini caranya!

  1. TV LED harus dibersihkan paling tidak setiap 3 hari sekali. Jangan menunggu sampai televisi dipenuhi debu baru Anda membersihkannya kemudian.
  2. Anda bisa menggunakan kain microfiber yang basah untuk membersihkan perangkat TV LED. Hindari penggunaan cairan pembersih kimia, terutama yang mengandung alkohol.
  3. Perhatikan suhu udara di dalam ruangan. Jika kondisi cuaca sedang cukup panas, ada baiknya Anda menyalakan kipas angin atau AC untuk membantu mendinginkan mesin TV LED.
  4. Disarankan untuk memakai regulator yang dihubungkan dengan kabel power TV LED. Tujuannya supaya daya listrik dan tegangan listrik yang mengalir ke televisi tetap stabil.
  5. Apabila TV LED menunjukkan tanda-tanda awal kerusakan, jangan pernah mencoba memperbaikinya sendiri. Anda bisa meminta bantuan dari dealer resmi guna mengatasinya.
  6. TV LED yang sedang tidak ditonton sebaiknya Anda nonaktifkan. Selain berguna untuk menghemat listrik, kebiasaan positif ini juga akan membuat usia pakai TV Anda semakin lama.
  7. Kalau bisa kurangi tingkat kecerahan yang ditampilkan oleh layar TV LED. Layar yang terlalu cerah membuat televisi harus bekerja keras terus-menerus untuk menampilkannya.
  8. Atur tingkat kontras ke mode standar saja untuk penggunaan TV LED sehari-hari. Kemudian saat Anda hendak menonton film bisa mengaturnya terlebih dahulu ke mode movie.
  9. Tidak semua orang bisa rajin setiap hari membersihkan perangkat televisi. Oleh karena itu, kami sarankan tutupilah layar TV LED menggunakan pelindung khusus.