3 Cara Membersihkan Kerak di Magic Com

Memasak nasi menggunakan magic com tentu saja jauh lebih praktis daripada memakai panci di atas kompor. Kita tidak perlu repot-repot saat menanak nasi memakai magic com. Cukup masukkan beras yang akan dimasak ke dalam panci magic com, lalu nyalakan. Tinggal tunggu waktu sebentar, maka nasi yang matang pun siap untuk disajikan. Rasanya pun sangat nikmat tak ubahnya seperti nasi yang dimasak menggunakan magic com.

Namun Anda tetap harus berhati-hati ketika memasak nasi memakai magic com. Sebab tidak menutup kemungkinan alat penanak nasi ini pun dapat mengalami masalah. Salah satunya yaitu gosongnya nasi yang sedang dimasak. Hal ini bisa disebabkan oleh bermacam-macam faktor. Selain karena magic com yang sudah mengalami kerusakan ringan sehingga membuat suhunya terlalu panas, pemakaian air yang terlampau sedikit juga bisa menimbulkan masalah serupa.

membersihkan-kerak-di-magic-com.jpg

Masalah lainnya adalah butiran-butiran nasi yang berceceran di mana-mana karena kita tidak sabar pada saat mengambilnya. Jika tidak dibersihkan sesegera mungkin, butiran nasi ini akan berubah menjadi kerak. Kerak merupakan salah satu noda membandel yang sulit dihilangkan. Anda tidak bisa membersihkannya hanya menggunakan cara yang biasa. Dibutuhkan upaya yang lebih cerdik untuk menghilangkan kerak tersebut sampai tuntas.

Berikut ini kiat-kiat membersihkan kerak pada magic com agar bersih sempurna!

  1. Asam Sitrat

Kami tetap mempercayakan masalah noda membandel pada asam sitrat. Asam sitrat atau sitrun memang mempunyai kemampuan membersihkan noda yang sangat hebat. Jangankan kerak di magic com, panci yang gosong pun bisa dengan mudah diatasinya. Mulailah dengan mencampurkan asam sitrat dengan sedikit air. Kemudian usapkan campuran tersebut ke permukaan magic com yang berkerak. Tunggu selama 8-10 jam. Setelah dilap sampai bersih, kerak pun sirna semuanya.

  1. Jeruk Nipis

Tak ubahnya seperti asam sitrat, air sari buah jeruk nipis pun mempunyai kemampuan membersihkan yang sangat dahsyat. Bahkan hasilnya jauh lebih bersih dibandingkan memakai lemon. Anda cukup memotong buah jeruk nipis menjadi dua bagian. Lalu usapkan potongan buah tersebut ke permukaan magic com yang berkerak secara berulang-ulang. Niscaya kerak nasi yang sebelumnya sulit dihilangkan akan langsung hilang seketika.

  1. Cuka

Kalau di rumah Anda tidak ada asam sitrat dan jeruk nipis, cuka pastinya ada dong. Apalagi jika Anda baru saja membuat acar atau saus. Karena bersifat asam, cuka juga dapat digunakan sebagai bahan pembersih alami. Anda bisa membersihkan kerak di magic com yang sulit dihilangkan hanya memakai cuka. Caranya adalah kuaskan cuka secara merata di magic com, khususnya pada bagian yang berkerak. Tunggu selama 15-30 menit lalu bilas dengan kain lap yang bersih.