3 Cara Mengatasi Knop Kompor Gas yang Seret dan Tidak Bisa Diputar

Sehari-hari kita membutuhkan kompor gas untuk memasak makanan atau minuman. Kendati sekarang sudah ada kompor listrik atau kompor induksi, tetapi rata-rata masyarakat di Indonesia lebih memilih kompor gas karena dinilai lebih hemat energi dan biaya pemakaian. Umumnya kompor gas ini dilengkapi dengan knop pemutar yang berfungsi untuk menyalakan dan memadamkan api di bagian tungku api. Anda tinggal memutar knop tersebut, maka apinya pasti akan langsung menyala atau padam.

Namun bagaimana jadinya apabila knop on/off pada kompor gas ini sama sekali tidak dapat diputar? Anda sudah mencoba untuk memutarnya, tetapi knop tersebut sangat seret sehingga tidak dapat diputar. Mau memutar knop ini dengan sekuat tenaga, namun Anda takut kalau nantinya justru akan merusak atau mematahkannya. Alhasil Anda pun kini menjadi bingung sendiri untuk mengatasi masalah tersebut tanpa menyebabkan kerusakan. Kira-kira bagaimana solusinya yang tepat ya?

mengatasi-knop-kompor-gas.jpg

Kami mempunyai tiga solusi yang jitu untuk memperbaiki masalah knop kompor gas yang seret dan ngadat sehingga tidak dapat diputar. Anda bisa mencobanya sendiri!

Solusi I : Bersihkan Knop Kompor Gas

Knop kompor gas biasanya menjadi seret akibat dipenuhi oleh kotoran. Tumpukan kotoran-kotoran ini menahan kita untuk bisa memutar knop tersebut. Tidak hanya karat, tapi noda-noda lemak membandel yang menumpuk di sekeliling knop juga menahan kita untuk bisa memutar knop. Penyebabnya lantaran Anda terlalu malas untuk membersihkan kompor gas.

Dari semula kotoran yang awalnya sedikit, lama-kelamaan kotoran ini memenuhi knop. Satu-satunya jalan keluar yaitu membersihkan tumpukan kotoran memakai air panas. Anda perlu menyikatnya beberapa kali sampai noda-noda ini menghilang secara tuntas.

Solusi II : Lumuri Knop dengan Minyak

Penyebab kedua knop pada kompor gas menjadi ngadat yaitu adanya karat di sekelilingnya, terutama di bagian komponen knop yang terbuat dari besi. Tumpukan karat di sekitar knop ini bahkan mempunyai sifat layaknya lem. Karat tersebut benar-benar mampu membuat knop tidak dapat diputar sama sekali.

Untuk mengatasinya, Anda harus membersihkan karat ini menggunakan sikat yang berbulu kasar. Sikati lah knop tersebut berulang-ulang kali hingga lapisan karatnya menghilang. Lalu keringkan memakai kain lap. Barulah kemudian Anda bisa mengoleskan minyak ke permukaannya untuk membuat knop dapat berputar dengan lancar kembali.

Solusi III : Ganti Pelatuk Knop yang Rusak

Perlu Anda ketahui, knop di kompor gas tidak hanya berupa tombol pemutar yang terpasang pada body kerangka saja. Namun knop terdiri dari beberapa rangkaian komponen yang saling bekerja sama. Salah satunya yaitu komponen yang berbentuk menyerupai pelatuk. Fungsinya untuk mengatur pegas, baik untuk mengendurkan maupun menegangkan per tersebut.

Apabila pelatuk ini sampai rusak, maka pegas tak dapat mengendur atau menegang dengan baik. Pegas yang tidak bisa mengendur akan mengakibatkan knop yang ada di luarnya tidak dapat diputar. Solusinya untuk mengatasi ini yaitu Anda perlu membongkar knop tersebut. Lalu gantilah pelatuk knop yang sudah rusak ini dengan yang baru.