3 Cara Mengatasi Listrik yang Tiba-tiba Mati

Bagaimana cara mengatasi listrik yang tiba-tiba mati? Saat ini kita membutuhkan energi listrik untuk mendukung semua kegiatan sehari-hari. Energi ini akan menggerakkan alat-alat elektrik yang kita miliki. Listrik membuat kehidupan kita semakin mudah. Bahkan berkat listrik, suasana di malam hari pun menjadi terang benderang sehingga aktivitasnya tetap berlangsung normal. Intinya kita harus bersyukur atas ditemukannya energi listrik ini.

Kita membutuhkan energi listrik setiap saat. Karenanya bila listrik tersebut bermasalah maka kita pasti akan langsung merasa kesulitan sendiri. Salah satu masalah yang kerap dialami oleh para pengguna listrik adalah matinya listrik secara tiba-tiba. Alasannya biasanya karena adanya pemeliharaan jaringan oleh petugas sehingga memaksa aliran listrik dihentikan sementara waktu. Namun kalau listrik yang mati hanya terjadi di rumah Anda, pasti ada penyebab lainnya.

mengatasi-listrik-tiba-tiba-mati.jpg

Apabila listrik di rumah tiba-tiba mati, kunci utamanya ialah Anda harus tetap tenang. Jangan panik ketika mengalami masalah ini sebab bisa diatasi dengan cukup mudah. Anda bisa melihat kondisi listrik di rumah tetangga sekitar terlebih dahulu guna mencari tahu apakah jaringan listriknya memang mati semua atau cuma listrik di rumah Anda saja yang padam. Apabila cuma listrik di rumah Anda saja yang mati, ikuti panduan berikut ini untuk mengatasinya.

  1. Ubah Posisi Sakelar MCB ke ON

Pastikan Anda segera mengecek kondisi MCB (Miniatur Circuit Breaker) apabila listrik di rumah tiba-tiba padam. Jika Anda melihat bagian sakelarnya berada di posisi off atau mengarah ke bawah alias listrik tersebut jeglek, maka Anda cukup mengembalikan lagi posisinya ke on. Ubah posisi sakelar tadi ke atas pada posisi on. Namun bila sakelar tetap tidak bisa dipindah ke on, penyebab biasanya ada korsleting listrik. Anda harus mencabut semua kabel power dari perangkat elektronik yang dimiliki. Kemudian ubah sakelar MCB ke posisi on. Setelah itu, Anda pasang kembali kabel powernya satu per satu.

  1. Periksa Kondisi Sekring Listrik

Jika Anda masih menggunakan sekring listrik model lama yang berbentuk tabung mengerucut, Anda perlu mengecek kondisinya dengan baik. Bukan tidak mungkin kabel kawat yang ada di dalam sekring ini terputus karena terbakar. Penyebabnya tidak lain karena adanya korsleting listrik atau beban yang harus ditanggung terlalu berat. Anda bisa melepaskan sekring tersebut dari tempatnya. Lalu lepaskan kedua penutup tabung ini. Apabila kabelnya sudah terputus, Anda bisa menggantinya dengan kabel tembaga.

  1. MCB KWH Meter sudah Rusak

Sebagus apapun MCB KWH meter yang Anda gunakan bukan tidak mungkin suatu saat akan mengalami kerusakan. Hal ini terjadi lantaran kondisinya melemah seiring dengan usia penggunaannya. Alhasil kualitas, daya tahan, dan kemampuannya pun ikut menurun. Perlu Anda ketahui, ada sakelar mekanis di dalam MCB kwh meter ini yang mempengaruhi aliran listrik di rumah. Jika sakelar ini rusak maka otomatis listrik rumah pun akan mati. Anda tidak boleh mengganti MCB listrik yang telah rusak ini karena melanggar peraturan. Solusinya silakan minta bantuan petugas PLN untuk mengatasinya.