3 Tips agar Es di Termos Tidak Cepat Mencair

Di musim kemarau seperti sekarang, udara terasa panas sekali. Ditambah dengan sinar mentari yang begitu menyengat sukses membuat Anda merasa gerah. Kalau sudah begini, apalagi yang paling enak dinikmati selain segelas minuman yang ditambahi es batu di dalamnya. Rasa dingin dari segelas minuman es ini sukses mengobati rasa panas dan dahaga Anda. Daripada hanya membayangkannya saja, silakan Anda bisa membuat minuman es di dapur.

Jika sudah mempunyai lemari es atau freezer sendiri, kita bisa membuat minuman es dengan mudah. Cukup buat saja minumannya terlebih dahulu. Setelah itu, ambil beberapa bongkahan es di dapur dan masukkan ke dalam gelas. Tapi bila Anda belum memiliki lemari es, Anda bisa membeli es batu di warung tetangga terlebih dahulu. Kalau masih ada sisanya, simpan saja es tersebut di dalam termos khusus es supaya tidak cepat mencair.

tips-menyimpan-es-batu.jpg

Sebaiknya Anda tidak meletakkan es-es batu tersebut begitu saja di dalam termos sebab pasti akan cepat mencair. Anda harus menyimpannya dengan trik-trik khusus supaya es tadi lebih tahan lama. Ikutilah langkah-langkah di bawah ini!

Langkah I. Bungkus Menggunakan Handuk

Sebelum memasukkan es batu ke dalam termos, Anda perlu membungkusnya menggunakan handuk terlebih dahulu. Gunakan kain yang cukup tebal supaya bisa menahan suhu dari luar dan melindungi es tersebut. Tentu Anda harus menggunakan handuk khusus untuk menutupi es batu. Jangan pernah memakai handuk bekas pakai sebab es tersebut nantinya akan diminum. Ingat, kebersihan merupakan faktor nomor satu. Letakkan handuk di atas meja, lalu taruhlah es batu di atasnya. Kemudian Anda bisa mengikat handuk tersebut dengan kencang.

Langkah II. Taburkan Garam Secukupnya

Anda juga membutuhkan garam untuk menjaga es batu yang disimpan di termos supaya tidak cepat mencair. Ternyata garam mempunyai kemampuan untuk menghambat proses pencairan es batu. Hal ini karena garam mampu mendinginkan es. Faktanya, suhu es yang ditambahi garam akan menjadi semakin dingin. Inilah mengapa es tersebut akan beku lebih lama dan sulit mencair. Anda bisa menaburkan garam secukupnya di bagian dasar termos agar es tersebut tak cepat mencair.

Langkah III. Letakkan di Tempat yang Sejuk

Tempat penyimpanan termos pun akan mempengaruhi kondisi es yang ada di dalamnya. Sebisa mungkin, letakkan termos tersebut di tempat yang dingin atau minimal mempunyai hawa yang sejuk. Hal ini dilakukan supaya suhu termos tidak naik menjadi panas akibat pengaruh suhu dari luar. Jika termos terus-menerus terkena panas, akibatnya es yang ada di dalamnya akan cepat mencair. Di sisi lain, Anda perlu menghindari meletakkan termos es di tempat yang terbuka, dekat dengan kompor, atau tempat-tempat yang terkena pancaran sinar matahari secara langsung.