3 Tips Blender Bumbu agar Seenak Diulek Cobek

Seiring dengan perkembangan jaman yang terjadi,  cara yang dilakukan oleh manusia dalam menyelesaikan suatu pekerjaan pun terus berkembang. Bahkan pekerjaan manusia  sekarang semakin mudah berkat ditemukannya berbagai perangkat teknologi. Salah satunya yaitu blender. Blender adalah alat elektronik yang berfungsi untuk menghaluskan bahan makanan. Kebanyakan sih orang menggunakannya untuk membuat jus buah atau bubur. Tapi blender juga bisa dipakai untuk menggantikan cobek kok.

Benar sekali Anda bisa menghaluskan rempah-rempah untuk bumbu masakan menggunakan blender. Tentu ini merupakan suatu kabar gembira sebab Anda tak perlu lagi mengulek bumbu ketika ingin memasak. Cukup gunakan saja blender sebagai pengganti  dari ulekan. Masukkan semua bumbu ke dalam blender tersebut, lalu tekan tombol on/off untuk memprosesnya. Maka secepat kilat semua rempah-rempah tadi akan halus dan siap untuk dimasak. Pastinya pekerjaan memasak di rumah menjadi lebih ringan.

cara-blender-bumbu.jpg

Tapi banyak orang yang berpendapat kalau bumbu yang dihaluskan memakai blender memiliki rasa yang kurang sedap. Masakan akan terasa lebih nikmat manakala bumbu-bumbunya dihaluskan dengan cobek. Hal ini dikarenakan cara kerja kedua alat ini berbeda, meski hasilnya tampak sama. Blender bekerja dengan mencincang bahan. Sementara cobek menghaluskan bahan dengan menekannya. Proses penekanan ini membuat kandungan minyak atsiri pada bahan akan keluar sehingga mampu menambah kelezatan masakan.

Jangan risau dulu. Anda masih bisa kok membuat bumbu yang dihaluskan memakai blender mempunyai rasa dan aroma yang menggugah selera seperti halnya diulek.

Tips 1. Geprek Bumbu Terlebih Dahulu

Sebelum Anda memasukkan bumbu ke dalam gelas blender, sebaiknya Anda menggeprek bahan tersebut terlebih dahulu. Tujuannya tidak lain untuk mengeluarkan minyak alami yang terkandung di dalamnya. Anda perlu menggepreknya sampai halus ya. Silakan geprek saja sebanyak 1-3 kali, lalu segera pindahkan ke dalam gelas blender. Tentunya cara ini juga bakal meringankan beban kerja blender sebab tekstur bumbu sudah cukup lunak.

Tips 2. Tumis Bumbu Beberapa Saat

Anda juga bisa membuat rasa dan aroma bumbu yang akan diblender lebih keluar dengan menumisnya terlebih dahulu. Setelah Anda selesai memotong bumbu-bumbu tadi, segera tumis di wajan menggunakan sedikit minyak. Balikkan posisi bumbu beberapa kali supaya tidak gosong. Setelah tercium aroma sedap yang kuat, segera angkat wajan dari kompor. Kemudian Anda haluskan bumbu-bumbu yang telah ditumis ini memakai blender.

Tips 3. Tambahkan Sedikit Minyak

Jangan pernah menghaluskan bumbu memakai blender dalam keadaan kering. Mengapa? Sebab Anda justru akan memaksa mesin blender tersebut bekerja ekstra keras. Akibatnya bisa sangat fatal. Bukan tidak mungkin blender tersebut akan mati total. Sebaiknya Anda tambahkan sedikit minyak untuk memperlancar proses penghalusan. Selain itu, minyak juga mampu membuat rasa masakan menjadi lebih enak. Hindari menambahkan air pada bumbu yang masih mentah kalau Anda tidak ingin rasa bumbu menjadi pahit dan getir.