4 Cara Mengetahui Tabung Gas Bocor atau Tidak

Mayoritas masyarakat Indonesia saat ini menggunakan kompor gas untuk keperluan memasak aneka bahan makanan. Kompor gas memang jauh lebih praktis daripada kompor minyak tanah. Apalagi kalau dibandingkan dengan tungku, maka pemakaian kompor gas ini akan memudahkan kita dalam memasak bahan makanan. Anda cukup memutar knop ke posisi on, lantas api pun akan langsung menyala dari burner. Bahkan Anda dapat mengatur besar kecilnya nyala api dengan mudah.

Sesuai namanya, kompor gas menggunakan bahan bakar berupa gas. Gas ini tersimpan dengan baik di dalam tabung gas. Pihak pabrik sudah mengemas tabung gas sebaik mungkin. Tabung ini sudah disegel sekuat-kuatnya sehingga aman digunakan. Kalau pun misalnya ada tabung gas yang bocor, maka pabrik akan langsung menariknya kembali untuk diperbaiki. Namun kadang-kadang proses distribusi yang tidak dilakukan dengan tepat menyebabkan tabung gas mengalami kebocoran. Anda harus waspada.

mengetahui-tabung-gas-bocor.jpg

Berikut ini kiat-kiat untuk mengetahui tabung gas apakah bocor atau tidak. Anda dapat mencobanya sendiri di rumah.

Kiat I. Cium Bau dari Tabung Gas

Perlu Anda ketahui, gas yang ada di dalam tabung LPG memiliki aroma khas. Aroma ini berbau sangat menyengat dan sungguh menusuk di hidung. Cukup dengan mencium baunya sebentar saja, Anda pasti sudah dapat mengetahui kalau itu merupakan bau dari tabung gas yang bocor. Yap, tabung gas yang tak bocor maka baunya tidak akan bisa tercium karena sudah tersegel dengan sangat rapat. Sementara itu, tabung gas yang bocor akan berbau menyengat karena sebagian gasnya keluar.

Kiat II. Dengarkan Bunyi Tabung Gas

Ingat baik-baik ya. Tabung gas hanya akan mengeluarkan suara mendesis apabila kompor gas menyala. Suara ini timbul akibat gas yang mengalir dari tabung, melalui selang, hingga akhirnya di tungku kompor. Sedangkan bila kompor tengah dalam keadaan mati, maka tabung gas ini sama sekali tak akan berbunyi. Begitu pula jika tabung gas sedang tidak disambungkan dengan regulator, maka seharusnya tabung gas tersebut tidak akan bersuara sama sekali.

Kiat III. Rendam Tabung Gas di Air

Kita juga bisa meniru metode yang biasa dipakai oleh tukang tambal ban untuk mendeteksi kebocoran pada ban. Caranya yaitu Anda bisa merendam tabung gas di dalam air. Pastikan seluruh bagian tabung gas ini terendam semuanya di air. Lalu tunggulah beberapa saat. Apabila keluar gelembung-gelembung udara dari tabung tersebut berarti memang tabung gas tadi bocor. Sementara kalau tidak terjadi reaksi apapun saat tabung direndam air, maka artinya tabung gas tersebut tidak bocor.

Kiat IV. Oleskan Sabun di Tabung Gas

Jika memang tabung gas yang Anda beli bocor, jangan pernah sekali-kali memakainya karena berbahaya sekali. Trik selanjutnya untuk mengetahui suatu tabung gas apakah bocor atau tidak yaitu Anda dapat melumuri seluruh permukaan tabung tersebut menggunakan air sabun. Anda bisa menyiapkan air bersih yang dicampur dengan sabun cuci piring. Buatlah larutan air sabun yang cukup kental. Lantas Anda bisa melumuri seluruh permukaan tabung memakai larutan air sabun ini. Tandanya kalau tabung gas bocor yaitu keluar gelembung-gelembung sabun dari titik kebocoran.