4 Penyebab Utama Listrik di Rumah Jeglek

Apakah faktor-faktor yang menyebabkan listrik di rumah jeglek? Kami yakin rumah Anda pasti sudah terhubung dengan jaringan listrik. Kita patut berterima kasih kepada PLN sebab berkat listrik tersebut kehidupan menjadi lebih menyenangkan. Di kala malam hari, kita tetap bisa beraktivitas dengan normal layaknya ketika siang hari. Kita pun dapat menggunakan berbagai peralatan canggih untuk membantu pekerjaan berkat adanya listrik.

Setiap rumah selalu dilengkapi dengan MCB sebagai titik sambungan antara kabel PLN dan kabel rumah. Di MCB ini, PLN bisa mengetahui seberapa banyak listrik yang digunakan oleh pelanggannya setiap bulan. Di sini juga terpasang sebuah jumper yang berguna untuk mendeteksi ada tidaknya kerusakan yang terjadi pada kabel. Apabila ada masalah yang muncul, jumper ini secara otomatis akan memutuskan aliran listrik.

penyebab-listrik-rumah-jeglek.jpg

Di bawah ini penyebab-penyebab yang dapat mengakibatkan listrik di rumah Anda jeglek! Anda bisa mengatasi masalah tersebut sesuai dengan penyebab utamanya.

  1. Beban Terlalu Banyak

Penyebab utama listrik jeglek adalah penggunaan alat-alat elektronik yang terlalu banyak sehingga bebannya tidak sanggup ditangani oleh daya listrik di rumah. Anda bisa melepaskan kabel perangkat yang membutuhkan daya listrik besar terlebih dahulu seperti kulkas, televisi, atau rice cooker. Kemudian kembalikan posisi jumper seperti semula. Cobalah Anda hitung berapat total kebutuhan listrik dari semua perangkat elektronik yang Anda miliki.

  1. Kerusakan Pada MCB

Seiring dengan berjalannya waktu, kondisi MCB bisa mengalami kerusakan. Jumper yang melengkapi MCB tersebut menjadi tidak normal dan mudah jeglek meskipun Anda menggunakan sedikit perangkat elektronik. Ciri-ciri MCB yang rusak antara lain suhunya panas, ada bagian yang gosong, dan tercium bau khas kabel yang terbakar. Jika sudah dipastikan MCB di rumah rusak, mau tidak mau Anda harus menggantinya dengan MCB yang baru.

  1. Hubungan Arus Pendek

Korsleting listrik termasuk salah satu penyebab utama kenapa MCB di rumah Anda bisa jeglek. Memang ini merupakan alasan utama dibuatnya jumper. Jika ada korsleting, maka arus listrik otomatis akan terputus sehingga bahaya kebakaran akibat percikan bunga api dari listrik bisa dihindari. Untuk mengetahui perangkat mana yang bermasalah, Anda bisa mengecek kabelnya secara langsung. Korsleting listrik biasanya terjadi pada sambungan dan belokan.

  1. Perangkat Elektronik Bermasalah

Selain dari instalasi listriknya, kasus korsleting juga bisa terjadi akibat perangkat elektronik Anda yang bermasalah. Mungkin saja alat elektrik tersebut sudah rusak, terkena air, atau ada komponen yang terputus. Akibatnya adalah aliran listrik di dalamnya menjadi tidak teratur. Anda bisa melepaskan semua perangkat elektronik terlebih dahulu. Setelah itu, sambungkan lagi perangkat tersebut satu per satu dengan listrik untuk mengetahui mana yang rusak.

Listrik di rumah yang jeglek merupakan masalah biasa yang kami pikir semua pemilik rumah pasti pernah mengalaminya. Tetapi Anda tidak boleh menyepelekannya sebab akibatnya bisa sangat fatal. Dampak yang paling buruk ialah rumah Anda bisa mengalami kebakaran akibat adanya percikan bunga dari api dari korsleting listrik. Oleh karena itu, Anda harus mengatasinya dengan tuntas. Bila Anda kurang paham tentang listrik, ada baiknya hubungi petugas dari PLN untuk mendapatkan bantuan.