4 Tips Menyimpan Gula agar Bebas dari Semut

Pepatah mengatakan di mana ada gula, pasti ada semut. Memang benar kenyataannya kalau semut sangat menyukai gula. Rasa manis pada gula tersebut yang menjadi alasan utamanya mengapa semut selalu mencari-cari gula. Rasa manis ini menjadi pertanda kalau gula memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Sehingga  gula ini akan menjadi makanan yang sangat mengenyangkan. Jadi pantas saja kalau semut selalu berusaha mendapatkannya.

Itu sebabnya, kita harus waspada dalam menyimpan gula di dapur. Anda harus meletakkannya di tempat yang aman supaya semut-semut tidak bisa mendapatkannya. Bagaimana pun gula yang sudah terkontaminasi oleh semut menjadi tak layak digunakan. Gula tersebut sudah tidak higienis lagi. Kondisinya sudah sangat kotor. Meskipun sayang, Anda harus membuangnya. Lain kali simpanlah gula Anda di tempat yang aman dan tidak terjangkau oleh semut.

tips-menyimpan-gula.jpg

Agar gula yang Anda simpan di dapur tetap aman serta bebas dari jangkauan semut, Anda bisa menyimpannya menurut kiat-kiat di bawah ini!

Gunakan Botol Khusus

Sebaiknya Anda menggunakan botol khusus untuk keperluan menyimpan gula. Botol ini sudah dirancang sedemikian rupa agar aman dari semut. Biasanya botol khusus ini terbuat dari bahan kaca atau logam sehingga semut tidak mampu merusaknya. Selain itu, botol ini juga sudah dilengkapi dengan penutup dan pengunci yang membuat semut tak bisa memasukinya. Hindari memakai botol biasa yang terbuat dari bahan plastik. Walaupun sudah tertutup rapat, namun semut tetap bisa membuat lubang masuk dengan cara menggerogotinya.

Pasang Selotip di Badan Botol

Kalau Anda terpaksa menggunakan botol plastik untuk menyimpan gula, usahakan pilihlah botol yang terbuat dari bahan yang cukup tebal. Dengan demikian semut tidak bisa membuat lubang pada botol tersebut. Untuk meningkatkan keamanan botol, sebaiknya Anda memasang selotip di bagian badannya. Pasanglah selotip ini melingkari badan botol. Permukaan selotip yang licin akan mencegah semut dapat menaiki botol dan menjangkau bagian tutupnya. Keamanan gula Anda pun kini lebih terjamin.

Gantung secara Berpindah-pindah

Semut termasuk binatang yang cukup cerdik. Kekompakannya tidak perlu diragukan lagi. Jika ada salah satu semut yang mengetahui lokasi penyimpanan gula, maka dia akan langsung memberitahukannya ke kawanan. Berkat kerja samanya ini, bukan tidak mungkin semut-semut tersebut tetap berhasil mendapatkan gula. Untuk mencegah kemungkinan buruk ini terjadi, Anda bisa menyimpan gula dengan cara digantungkan. Gantungkan botol berisi gula tersebut di tempat yang berbeda-beda sehingga semut tidak bisa mendeteksinya.

Jaga Kebersihan Botol Gula

Tips yang tidak kalah pentingnya yaitu Anda harus menjaga kebersihan botol gula setiap saat. Walaupun kelihatannya sepele, tetapi tips ini begitu penting untuk dijalankan dengan baik. Sebab kenyataannya tidak jarang orang yang kurang memperhatikan kebersihan botol-botol penyimpanan bumbu dapur, termasuk botol gula. Padahal kondisi botol gula yang kotor tidak hanya membuat gula yang ada di dalamnya terkontaminasi oleh kotoran, tetapi juga dapat mengundang semut-semut untuk mendatanginya. Jadi biasakanlah mengelap permukaan botol setelah Anda selesai mengambil gula.