5 Cara Membuat Es Krim yang Lembut dan Tidak Mengkristal

Es krim selalu mampu membuat kita merasa gembira. Kombinasi antara suhu yang dingin, rasa yang manis, dan teksturnya yang lembut di mulut membuat kita akan langsung merasa bahagia begitu menggigitnya. Apalagi di Indonesia yang notabene mempunyai suhu udara yang panas. Menikmati es krim di sini maka nikmatnya akan berlipat ganda. Untungnya sekarang sudah ada banyak pilihan variasi rasa es krim yang dapat memuaskan rasa penasaran Anda.

Kalau mau menikmati es krim yang memiliki cita rasa yang benar-benar sesuai dengan selera Anda, cobalah untuk membuatnya sendiri. Sebenarnya tidak terlalu sulit kok untuk membuat es krim ini. Asalkan Anda sudah mengetahui trik dasar dalam membuat es krim, Anda dapat membuat sendiri es krim dengan rasa semau Anda. Kesalahan yang paling banyak dialami saat membuat es krim yaitu teksturnya yang mengkristal. Hal ini membuat rasa es krimnya kurang nikmat.

cara-membuat-es-krim.jpg

Kalau Anda ingin membuat es krim yang lembut tanpa adanya butiran-butiran kristal es di dalamnya, ikuti yuk kiat-kiat di bawah ini!

Kiat I. Pakailah Susu Full Cream/Full Fat

Sumber tekstur yang lembut dan halus pada es krim sebenarnya berasal dari lemak yang terkandung di dalam susu. Jika kandungan lemak di dalam adonan es krim ini kurang, maka tekstur es krimnya tidak akan bisa menjadi lembut. Jadi Anda harus menggunakan susu yang berjenis full cream atau full fat untuk membuat es krim. Dengan demikian, adonan es krim akan memiliki kandungan lemak yang cukup banyak. Hindari memakai susu rendah lemak dalam membuat es krim sebab teksturnya pasti akan mengkristal.

Kiat II. Dinginkan Suhu Wadahnya Dulu

Kesalahan sepele yang sering dilakukan oleh orang yang baru pertama kali membuat es krim adalah memakai wadah yang suhunya normal. Padahal seharusnya Anda menggunakan wadah yang dingin kalau mau hasilnya memiliki tekstur yang lembut. Kenyataannya memang suhu wadah yang digunakan dalam meracik adonan es krim ini akan mempengaruhi hasil akhirnya. Sebisa mungkin pakailah wadah yang dingin. Triknya yaitu sehari sebelum Anda memutuskan membuat es krim, simpanlah semua wadah yang akan digunakan di dalam freezer.

Kiat III. Bahan Bakunya pun Harus Dingin

Selain temperatur wadahnya yang harus dingin, semua bahan baku yang akan dipakai untuk membuat es krim pun wajib memiliki suhu yang dingin. Hal ini akan membuat tekstur es krim bikinan Anda mempunyai tekstur yang halus dan lembut di mulut, tanpa adanya kristal-kristal es di dalamnya. Cita rasa es krim pun menjadi sedap dimakan. Sebaiknya memang suhu bahan-bahan untuk membuat es krim ini harus diperhatikan. Anda bisa mendinginkan susu dan bahan baku lainnya terlebih dulu di kulkas sebelum diracik menjadi es krim.

Kiat IV. Jangan Buat Terlalu Banyak

Kalau Anda masih mencoba-coba membuat es krim sebaiknya jangan langsung membuatnya dalam jumlah yang banyak langsung deh. Cobalah buat dalam porsi yang kecil dulu. Bagaimana pun membuat es krim yang sedikit akan lebih mudah dan peluang keberhasilannya juga lebih besar. Anda bisa menggunakan takaran yang sama persis seperti petunjuk pada resep. Anda juga perlu menyesuaikan antara jumlah adonan dengan kapasitas mesin pembuat es krim yang dipakai. Idealnya adonan es krim hanya boleh mengisi mangkuk es krim hingga tiga perempat volume mangkuk pada mesin tersebut.

Kiat V. Lakukan Sesuai Petunjuk

Walaupun tidak terlalu sulit, Anda tidak boleh menganggap remeh kegiatan membuat es krim. Anda harus sabar dan melakukannya sesuai dengan resep. Adonan es krim umumnya perlu dikocok berkali-kali agar dapat mengembang dengan sempurna sebelum dibekukan. Tidak hanya sekali mengocok adonan saja. Adonan es krim tersebut perlu dicampur dengan susu dan bahan lain, lalu dibekukan, kemudian dikocok lagi dan dibekukan lagi. Demikian prosesnya harus dilakukan berulang-ulang sampai teksturnya terasa lembut dan sempurna. Kegiatan ini tidak cocok dilakukan apabila Anda kurang sabar.