5 Cara Mudah Hilangkan Bau di Sepatu Anda!

Bagaimana sih caranya menghilangkan bau di sepatu? Masalah ini tentunya sangat mengganggu Anda yang menggunakan sepatu setiap hari. Padahal Anda sendiri merasa sudah menjaga kebersihan kaki dan sepatu dengan maksimal namun bau di dalam sepatu tersebut tetap saja muncul. Tapi tahukah Anda kalau sumber bau di sepatu berasal dari bakteri yang berinteraksi langsung dengan keringat yang dikeluarkan oleh kaki kita.

Lantas bagaimana bisa bakteri masuk ke dalam sepatu? Tidak lain dari lingkungan di sekitar Anda. Setiap hari Anda pasti melewati banyak sekali jalanan dengan kondisi yang berbeda-beda. Ketika Anda berada di lingkungan yang kotor, pada saat itu pulalah bakteri akan menempel di sepatu lalu membangun sarang di dalamnya. Selain itu, kaos kaki Anda juga bisa menjadi sarana bagi bakteri untuk menuju ke sepatu Anda.

Kondisi bagian dalam sepatu yang ideal akan mendukung bakteri-bakteri yang ada melakukan proses perkembangbiakkan. Semakin banyak jumlah keringat yang dihasilkan oleh kaki, semakin subur pula pertumbuhan bakteri-bakteri di dalam sepatu. Ditambah dengan lingkungan yang lembab dan suhunya hangat akan semakin meningkatkan intensitas bakteri dalam melakukan reproduksi.

cara-menghilangkan-bau-sepatu.jpg

Jangan biarkan masalah tersebut terus menimpa sepatu Anda ya! Anda bisa menghilangkan bau di sepatu dengan memastikan tidak ada bakteri yang bersarang di dalamnya. Berikut ini kiat-kiatnya!

  1. Keringkan dengan Koran Bekas

Koran bekas memang mempunyai banyak manfaat. Salah satunya adalah mengeringkan bagian dalam sepatu dengan maksimal sehingga kondisinya tidak lembab. Anda hanya perlu membentuk beberapa lembar kertas koran bekas menjadi bulatan yang cukup besar. Kemudian masukkan bulatan-bulatan ke dalam sepatu. Setelah itu, bungkus sepatu tadi dalam selembar kertas koran. Baru deh Anda bisa menyusunnya dengan rapi di rak sepatu.

  1. Manfaatkan Ampas Teh

Anda mungkin sering melewati hari dengan secangkir teh yang hangat? Jangan buang begitu saja sisa ampas teh yang sudah diseduh karena masih memiliki banyak manfaat. Anda bisa menggunakan ampas teh tadi sebagai bahan alami untuk menghilangkan bau tidak sedap di sepatu. Tentu saja Anda perlu menjemur ampas teh tadi sampai kering dulu ya. Kemudian bungkuslah ampas teh tersebut pada kantung yang terbuat dari kain katun. Lalu tinggal masukkan saja kantung berisi ampas teh ini ke dalam sepatu. Dijamin deh bau tidak sedap di sepatu Anda langsung hilang keesokan harinya.

  1. Pakai Sisa Ampas Kopi

Selain ampas teh, ternyata sisa ampas berupa bubuk kopi yang telah diseduh ampuh juga untuk mengusir bau tidak sedap di dalam sepatu. Bahkan ampas kopi ini jauh lebih hebat dalam menghilangkan bau tidak sedap sebab mempunyai aroma khas yang sangat kuat. Anda hanya perlu memasukkan bubuk kopi yang kering ke dalam selembar kertas tisu. Berikutnya masukkan ke sepatu. Setelah didiamkan semalaman, bau tidak sedap di sepatu Anda pun lenyap.

  1. Gunakan Backing Powder

Kalau Anda hobi membuat kue sendiri pasti ada backing powder yang tersimpan di dapur? Ternyata selain dapat dipakai untuk membikin kue, backing powder bisa banget digunakan untuk mengusir bau pada sepatu. Anda hanya perlu menaburkan backing powder secukupnya di bagian dalam sepatu. Setelah itu, diamkan selama semalam. Keesokan harinya bau menyengat sebelumnya tercium dari sepatu Anda pasti sudah tidak ada. Kini Anda hanya perlu membersihkan bubuk backing powder tadi menggunakan sikat.

  1. Aroma Segar Kulit Jeruk

Buah jeruk mempunyai rasa yang begitu manis dan menyegarkan. Kandung vitamin C di dalamnya juga sangat tinggi. Selain itu, aromanya pun segar sekali sehingga sering digunakan pada produk-produk pengharum ruangan. Daripada membuang kulit jeruk begitu saja, kenapa Anda tidak memakainya untuk menghilangkan bau di sepatu saja? Anda hanya perlu memasukkan potongan-potongan kulit jeruk nipis atau lemon ke dalam sepatu. Besoknya aroma sepatu Anda pasti lebih segar.