5 Kelebihan Lampu LED Dibandingkan Lampu Biasa

Apakah kelebihan lampu LED jika dibandingkan dengan lampu biasa? Teknologi terus mengalami perkembangan seiring dengan berjalannya waktu. Jika dulu kita biasa menggunakan lampu pijar sebagai sumber cahaya saat malam hari, kini sudah ada lampu LED yang dapat bersinar lebih terang. Bukan sekadar omong kosong, lampu LED juga membutuhkan energi listrik yang jauh lebih hemat daripada lampu biasa.

Hemat listrik adalah keunggulan utama yang dimiliki oleh lampu LED. Hampir seluruh energi listrik yang diterima oleh lampu LED akan diubahnya menjadi energi cahaya. Sedangkan pada lampu pijar, energi listrik yang diterimanya akan diubah menjadi energi cahaya dan energi panas. Hal ini dikarenakan cahaya pada lampu pijar tercipta berkat proses pembakaran. Oleh sebab itu, lampu pijar menghasilkan cahaya berwarna kekuning-kuningan.

kelebihan-lampu-led.jpg

Lantas, apa saja sih kelebihan-kelebihan lain dari lampu LED itu?

  1. Daya Tahannya Lebih Lama

Tentu saja lampu LED jauh lebih awet dibandingkan dengan lampu biasa. Lampu LED dapat bertahan antara 10-15 tahun. Sedangkan lampu pijar biasanya cuma bertahan sampai 12 bulan. Penyebabnya tidak lain karena prinsip kerja kedua lampu ini yang berbeda. LED otomatis akan menyala saat dikenai listrik. Sementara lampu pijar harus membakar benang filamen terlebih dahulu untuk bisa menyala. Jika benang filamen ini terputus, maka secara otomatis lampu pun akan padam.

  1. Cahayanya Lebih Terang

Lampu LED memiliki cahaya yang lebih terang ketimbang lampu pijar biasa. Perihal tersebut dikarenakan 99,99 persen energi listrik yang melalui LED akan diubah menjadi energi cahaya. Jika tidak percaya, Anda bisa membandingkan sendiri kekuatan sinar antara lampu LED dengan lampu pijar. Coba matikanlah semua lampu di ruangan. Kemudian nyalakan lampu LED dan lampu pijar yang mempunyai daya dan tegangan sama persis. Hasilnya dijamin lampu LED akan menyala lebih terang.

  1. Tidak Mengandung UV

Kini sudah waktunya bagi Anda beralih menggunakan lampu LED karena cahaya yang dihasilkannya tidak mengandung sinar ultraviolet. Ini dikarenakan proses perubahan energi yang dilakukannya berjalan dengan mulus tanpa melalui proses pembakaran. Lampu LED lebih aman bagi kesehatan Anda sekeluarga. Sehingga kesehatan mata dan kulit pun lebih terjamin jika memakai lampu LED di rumah.

  1. Ruangan Tidak Panas

Karena tidak melalui proses pembakaran, maka secara praktis lampu LED pun tidak menghasilkan panas. Suhu ruangan di rumah Anda akan tetap stabil saat menyalakan lampu LED ini. Anda juga tidak akan merasa gerah atau panas ketika berada di bawah lampu. Berbeda sekali dengan lampu pijar yang dapat menghasilkan panas. Oleh karena itu, lampu pijar ini juga biasa dipakai untuk menghangatkan binatang peliharaan.

  1. Bersifat Ramah Lingkungan

Lampu LED bersifat ramah lingkungan karena bebas dari sinar ultraviolet dan tidak mengandung bahan merkuri. Sinar UV dan merkuri sendiri diketahui dapat merusak lapisan ozon. Usia pakainya yang sangat lama juga membuat lampu LED bisa digunakan selama bertahun-tahun. Artinya jumlah limbah dari lampu ini pun sangat sedikit. Selain itu, penggunaan energi listrik yang diterimanya diolah secara maksimal sehingga tidak terbuang sia-sia.