5 Tips agar Mesin Cuci Tidak Bergetar Kencang

Tidak sedikit ibu rumah tangga yang sekarang menggunakan mesin cuci untuk menyelesaikan pekerjaan mencuci pakaian kotor. Mesin cuci memang terbukti sangat membantu. Kita tidak perlu lagi melakukan pekerjaan mencuci pakaian secara manual yang merepotkan sekali. Kita bisa memanfaatkan perangkat elektronik yang dapat melaksanakan pekerjaan ini dengan baik yaitu mesin cuci. Cukup dengan menekan tombol, semua cucian pun beres.

Perlu Anda sadari bahwa mesin cuci membutuhkan energi listrik yang besar sebagai sumber tenaganya. Tidak mengherankan memang sebab kegiatan cuci-mencuci pakaian kotor adalah pekerjaan yang berat sekali. Karena tugas yang dilakukan sangat berat, mesin cuci biasanya akan bergetar ketika sedang menyala. Tidak seperti perangkat elektronik lainnya yang tenang, mesin cuci akan selalu bergetar saat bekerja mencuci pakaian kotor di dalamnya.

mengatasi-mesin-cuci-bergetar.jpg

Agar getaran yang ditimbulkan oleh mesin cuci ini tidak terlalu kencang, Anda bisa mencoba tips-tips sebagai berikut!

Tips 1. Lepaskan Baut Transibolt di Belakang Unit

Pabrik biasanya akan memasang baut transibolt di belakang unit saat mengirimkannya ke rumah Anda. Baut ini berguna untuk menahan tabun mesin supaya tetap berada di tempatnya. Anda wajib melepas baut ini sebelum menggunakan alat elektronik ini. Cobalah cek bagian belakang unit untuk melihat keberadaan baut tersebut. Jika masih ada, Anda bisa melepaskannya memakai kunci yang sesuai. Kemudian tutuplah lubang bekas baut tadi dengan penutup yang telah disediakan.

Tips 2. Atur Ketinggian Kaki-kaki Unit

Kaki-kaki mesin cuci harus mempunyai tinggi yang sama. Tinggi rendahnya kaki-kaki ini akan mempengaruhi getaran yang bakal terjadi. Ukuran kaki-kaki unit yang tidak seimbang dapat mengakibatkannya timbulnya getaran yang begitu kencang pada saat mesin cuci menyala. Anda harus mengatur kaki-kaki ini dengan tepat. Bacalah buku manual yang melengkapinya untuk mendapatkan saran terbaik.

Tips 3. Pasang Alas Pada Kaki-kaki Unit

Alas kaki juga perlu dipasang untuk menahan posisi kaki-kaki mesin cuci. Alas ini akan turut meredam getaran yang mungkin timbul selama proses pencucian pakaian berlangsung. Hal ini membuat getaran yang hebat tidak akan terjadi. Seharusnya setiap produk mesin cuci sudah dilengkapi dengan alas kaki yang bagus. Namun bila Anda merasakan kalau alas kaki tersebut tidak berefek besar pada getaran unit, Anda bisa membeli alas kaki tambahan.

Tips 4. Letakkan di Lantai yang Rata

Mesin cuci juga harus diletakkan di tempat yang tepat. Salah satu syaratnya yaitu permukaan lantai yang akan ditempati mesin cuci harus benar-benar rata. Dengan demikian, unit akan tetap berada dalam posisi yang stabil. Mesin cuci tersebut tidak bergoyang-goyang atau miring sebelah. Disarankan pula untuk meletakkan mesin cuci tidak mepet dengan tembok, melainkan harus ada jarak yang cukup di sela-selanya.

Tips 5. Padatkan Pakaian di Dalamnya

Getaran yang hebat pada mesin cuci juga bisa disebabkan oleh perkara yang sepele. Misalnya yaitu Anda melakukan kesalahan saat memasukkan pakaian kotor ke dalam tabung mesin cuci. Pakaian-pakaian tersebut diletakkan seenak hati. Anda tidak berusaha menyeimbangkannya antara kiri dan kanan. Jadi wajar saja kalau mesin cuci pun menjadi bergetar. Selain itu, Anda juga harus memadatkan pakaian yang ada di dalam mesin cuci.