5 Tips Bermain Sepatu Roda Mulai dari Nol

Bagaimana cara bermain sepatu roda? Mungkin ini menjadi pertanyaan awal ketika Anda sudah mempunyai sepasang sepatu roda. Sebenarnya tidak terlalu sulit kok untuk memainkan sepatu yang satu ini. Intinya adalah giat belajar dan jangan menyerah. Sama seperti ketika baru pertama kali mengendarai sepeda, Anda juga pasti akan jatuh beberapa kali selama belajar bermain sepatu roda. Namun hal ini tidak perlu dicemaskan.

Anda harus berjuang untuk bisa bermain sepatu roda. Tidak perlu takut nanti akan terjatuh atau apa. Selama Anda mengenakan perlengkapan keamanan dan belajar di tempat yang aman, Anda pasti bisa menguasainya sedikit demi sedikit. Apalagi kalau ada orang yang mengajarinya, ini jauh lebih baik. Terjatuh dari sepatu roda itu wajar namanya juga baru belajar. Lihat orang lain saja bisa, Anda pun jauh lebih bisa!

belajar-naik-sepatu-roda.jpg

Ada beberapa tips dalam bermain sepatu roda yang perlu Anda perhatikan!

  1. Pakai Perlengkapan Keamanan

Anda harus menggunakan perlengkapan keamanan terlebih dahulu setiap kali akan memakai sepatu roda. Semakin lengkap, semakin baik. Kenakan kaos kaki untuk melindungi kaki, helm khusus sepatu roda untuk melindungi kepala, serta deker pelindung lutut dan siku. Setelah itu, pakailah sepatu roda dengan posisi duduk. Pastikan Anda mengencangkan semua pengikat sepatu roda tersebut.

  1. Berlatih Keseimbangan Diri

Anda bisa mulai belajar berdiri sambil mengenakan sepatu roda di atas rumput atau karpet. Setelah Anda sudah merasa cukup berani untuk berdiri dengan sepatu roda, berpindahlah ke lantai yang permukaannya lebih licin. Misalnya seperti paving block atau lantai semen. Cobalah berdiri dengan baik di atas lantai tersebut. Terus latih keseimbangan diri Anda sampai tubuh benar-benar bisa menjaga keseimbangan.

  1. Berlatih Berjalan Perlahan-lahan

Langkah berikutnya Anda bisa berlatih berjalan secara perlahan-lahan dengan menggunakan sepatu roda. Coba gerakkan kaki Anda ke kanan, kiri, kanan, kiri, dan seterusnya. Tidak perlu cepat-cepat. Fokus latihan Anda di sini adalah tubuh bisa menjaga keseimbangan dengan baik saat bergerak. Kalau sudah merasa mampu menguasai laju sepatu roda dengan baik, barulah Anda bisa berjalan lebih cepat dengan mendorong sepatu roda lebih keras.

  1. Meluncur dengan Cepat

Untuk belajar meluncur di atas sepatu roda, Anda perlu memosisikan kedua kaki membentuk huruf V terlebih dahulu. Kemudian gunakan kaki yang ada di belakang untuk mendorong ke depan, begitu sebaliknya. Semakin kuat dorongan Anda, semakin cepat pula sepatu roda akan meluncur. Tekuk siku dan lengan untuk mempertahankan keseimbangan tubuh. Miringkan posisi tubuh untuk dapat berbelok. Biasakan untuk melakukan 1 kali luncuran setelah 5 kali langkah jalan.

  1. Berhenti yang Benar dan Aman

Sepatu roda sudah dilengkapi dengan rem pada sepatu sebelah kanan. Anda bisa memanfaatkan rem tersebut untuk menghentikan laju sepatu roda. Caranya posisikan sepatu roda kanan di depan sepatu roda kiri. Lalu angkat sedikit bagian depan sepatu roda kanan dan tekan keras tumit Anda ke lantai. Usahakan jangan mengerem secara langsung untuk menghentikan laju sepatu roda. Tetapi gunakan rem tersebut sedikit demi sedikit untuk memperlambat laju sepatu. Kalau kecepatannya sudah cukup lambat, pakailah lutut untuk menghentikan gerakannya.