5 Tips Memilih Kompor Listrik yang Bagus

Apakah Anda butuh tips-tips dalam memilih kompor listrik? Kompor listrik atau kompor induksi merupakan jenis kompor dengan teknologi yang paling baru. Sesuai namanya, kompor listrik ini menggunakan energi listrik sebagai bahan bakarnya. Kelebihan dari kompor ini ialah sangat praktis, memiliki desain yang futuristik, ringkas, tidak berbau, serta tidak menimbulkan polusi. Boleh dikatakan kalau kompor listrik ini jauh lebih aman daripada kompor gas, kompor minyak tanah, atau tungku kayu bakar.

Satu-satunya permasalahan yang harus Anda pikirkan terlebih dulu sebelum membeli kompor listrik yaitu ketersediaan pasokan listrik di rumah Anda. Kompor listrik cocoknya digunakan bila rumah Anda berlangganan listrik dari PLN minimal 1300 watt. Jikalau rumah Anda hanya dialiri listrik sebesar 900 watt, sebaiknya Anda tidak membelinya karena fungsi kompor ini menjadi terbatas. Listrik di rumah pun sering mati sendiri akibat tidak kuat menahan beban. Apalagi untuk rumah dengan listrik 450 watt, kami benar-benar tidak menyarankannya.

tips-memilih-kompor-listrik.jpg

Kompor listrik memang membutuhkan sumber tenaga yang sangat besar untuk mendukung pekerjaannya. Bahkan jumlah kebutuhannya tersebut jauh lebih besar dibandingkan dengan magic com, dispenser, atau kulkas. Untuk mendapatkan kompor listrik dengan kualitas terbaik, silakan Anda ikuti kiat-kiat berikut ini :

Tips 1. Cek Listrik yang Dibutuhkan

Kami ingatkan sekali lagi kalau kompor listrik itu perlu energi listrik yang sangat besar. Baiknya Anda memilih kompor yang membutuhkan energi listrik lebih sedikit, tetapi kemampuannya tak kalah hebat. Ketahui dengan baik berapa listrik yang dibutuhkan oleh perangkat tersebut. Anda bisa memeriksanya di bagian kemasan produk dan buku manualnya. Pastikan listrik yang dibutuhkan oleh kompor tersebut mampu disuplai oleh meteran di rumah Anda. Jangan sampai deh Anda harus mematikan beberapa perangkat elektronik terlebih dahulu sebelum menyalakannya.

Tips 2. Tentukan Jenis yang Dibeli

Di pasaran dikenal istilah kompor listrik dan kompor induksi. Pada dasarnya, kedua kompor ini mempunyai persamaan yaitu sama-sama menggunakan bahan bakar berupa listrik. Namun kompor listrik sebenarnya berbeda dari kompor induksi. Perbedaan kedua kompor tersebut terletak pada alat-alat masak yang bisa digunakan bersama dengannya. Anda dapat memakai peralatan dapur biasa untuk memasak menggunakan kompor listrik. Sedangkan untuk kompor induksi, Anda harus memakai wajan dan panci khusus yang sudah disertakan di dalam produk ini.

Tips 3. Ketersediaan Fitur-fitur

Semakin banyak fitur yang mampu dilakukan oleh kompor listrik pilihan Anda artinya kualitas kompor tersebut semakin bagus. Namun pastikan fitur tersebut memang benar-benar Anda butuhkan. Fitur dasar yang biasanya ada pada kompor listrik ialah pengaturan panas dan timer untuk mengatur waktu masak. Kedua fitur ini sangat Anda butuhkan karena dapat menghemat pemakaian listrik dan membantu proses masak-memasak. Kini juga sudah ada kompor listrik yang mampu menyesuaikan tingkat panasnya secara otomatis berdasarkan bahan yang dimasak sehingga dapat mencegah masakan tersebut menjadi gosong.

Tips 4. Pilih Desain yang Pas

Anda tentu memiliki gambaran kompor listrik yang ideal menurut Anda kan? Jadi sah-sah saja apabila Anda membeli produk kompor listrik dengan desain yang sesuai keinginan Anda supaya merasa lebih puas dan nyaman menggunakannya. Usahakan ukuran kompor tersebut sesuai dengan ruang penyimpanan yang tersedia untuknya. Sementara untuk warnanya, pilih kompor listrik yang mempunyai warna sesuai dengan desain dapur sehingga tidak kelihatan mencolok. Kami sarankan belilah kompor listrik yang mempunyai tungku minimal sebanyak dua buah sehingga waktu memasak Anda bisa menjadi lebih efisien.

Tips 5. Beli Merek yang Tepercaya

Jangan tergoda dengan kompor listrik yang harganya murah. Kalau kompor tersebut cepat rusak, Anda justru membuang-buang uang. Belilah produk kompor yang bagus sekalian dari merek-merek yang tepercaya. Memang sih harga kompor listrik yang terkenal ini lebih mahal daripada produk yang mereknya asing, tetapi kualitas kompor tersebut sudah benar-benar teruji. Sehingga kompor yang harganya mahal ini apabila awet dan tahan lama jatuhnya malah lebih murah. Silakan Anda bisa meminta rekomendasi dari teman-teman yang pernah menggunakan kompor listrik.