5 Tips Merawat Lantai Vinyl agar Mengkilap Seperti Baru

Saat ini ada begitu banyak pilihan material lantai yang dapat digunakan. Lantai vinyl misalnya. Lantai vinyl merupakan lantai buatan yang terbuat dari PVC (Polyvinyl Chloride). Kebanyakan motif yang dimiliki oleh lantai ini mirip seperti lantai parket atau lantai kayu. Itulah sebabnya, beberapa orang menyebut lantai vinyl sebagai lantai kayu tiruan. Walaupun harganya cukup terjangkau, namun dengan perawatan yang tepat, lantai ini akan terlihat mewah.

Kunci utama untuk membuat penampilan lantai vinyl tampak lebih menarik yaitu membuat permukaannya mengkilap. Semua lantai yang permukaannya mengkilap akan terlihat mewah. Begitu pula dengan lantai vinyl ini. Pada awalnya, lantai vinyl memang mempunyai permukaan yang kinclong. Namun seiring dengan berjalannya waktu, kilauan tersebut memudar sehingga permukaan lantai vinyl pun berubah menjadi kusam dan tidak menarik lagi.

agar-lantai-vinyl-mengkilap.jpg

Untuk menjaga agar lantai vinyl tetap mengkilap, Anda bisa mengikuti tips-tips perawatannya di bawah ini!

Tips 1. Bersihkan Lantai secara Rutin

Merawat lantai vinyl bisa dilakukan mulai dari cara yang paling mudah yaitu membersihkannya secara rutin. Anda harus selalu menjaga kebersihan permukaan dari lantai ini. Khusus untuk lantai vinyl, Anda sebaiknya tidak menyapunya. Lantai ini dapat dibersihkan memakai vacuum cleaner supaya hasilnya lebih bersih. Anda hanya perlu mengarahkan vacuum cleaner ke setiap sudut lantai vinyl secara merata untuk menyedot partikel-partikel debu dan kotoran yang ada di permukaannya.

Tips 2. Jangan Biarkan Noda Membandel

Walaupun kelihatannya sepele, tetapi noda membandel yang mengenai permukaan lantai vinyl akan menyebabkan warnanya menjadi kusam. Noda ini dapat menutupi lapisan permukaan lantai sehingga mengakibatkan penampilannya tidak terlihat mengkilap lagi. Jangan biarkan ada noda membandel yang menutupi permukaan lantai vinyl. Anda harus segera mengelap noda tersebut sampai bersih. Biasanya noda dari sisa makanan atau minuman yang tumpah menjadi biang keroknya.

Tips 3. Pel Memakai Pembersih Khusus

Lantai vinyl juga sebaiknya sesekali dipel. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan semua noda yang ada di permukaan lantai tersebut dan membuat kondisinya benar-benar bersih. Gunakan kain yang lembut saat mengepel lantai vinyl. Hindari menggunakan alat pel bergagang panjang karena hasilnya kurang bersih untuk mengepel permukaan lantai ini. Anda juga sebaiknya memakai produk pembersih khusus untuk lantai vinyl agar hasilnya lebih maksimal. Pel semua permukaan lantai vinyl, lalu segera lap kembali dengan kain bersih untuk mengeringkannya. Jangan biarkan lantai ini dalam kondisi yang basah terlalu lama.

Tips 4. Gunakan Produk Pengkilap

Selain memakai produk pembersih khusus untuk lantai vinyl, Anda juga perlu menggunakan produk pengkilap lantai vinyl. Sekarang produk ini banyak tersedia di supermarket sehingga Anda seharusnya tidak akan mengalami kesulitan dalam menemukannya. Produk pengkilap lantai vinyl ini memiliki sifat yang cukup keras. Jadi hendaknya Anda memakai produk ini hanya sesekali saja, terutama saat permukaan lantai vinyl sudah terlihat kusam. Gunakan sarung tangan karet saat mengaplikasikan produk ini supaya Anda tetap aman. Jangan lupa membaca aturan pemakaiannya

Tips 5. Jangan Terkena Sinar Matahari

Selain noda yang membandel, penampilan lantai vinyl juga akan menjadi kusam apabila sering terkena sinar matahari secara langsung. Sinar matahari mengandung sinar infrared dan sinar ultraviolet sehingga dapat membakar permukaan lantai ini. Akibatnya, permukaan lantai vinyl pun menjadi kusam sebab lapisan kilauannya sudah memudar. Untuk mencegah masalah ini terjadi, ada baiknya Anda hanya memasang lantai vinyl di ruangan-ruangan yang tertutup dan terhindar dari sinar matahari secara langsung.