6 Cara Mengatasi Mesin Cuci yang Tidak Berputar

Mesin cuci yang Anda miliki tidak selamanya dalam kondisi yang sehat. Kadang-kadang mesin cuci tersebut bisa mengalami penyakit hingga akhirnya tidak bisa bekerja dengan normal. Tapi bukan penyakit yang disebabkan oleh kuman atau bakteri, penyakit tersebut terjadi lantaran ada kerusakan pada komponen elektronika yang menyusunnya. Mesin cuci yang Anda miliki mungkin sedang sakit? Anda harus segera memperbaikinya.

Terdapat banyak sekali masalah yang bisa menimpa mesin cuci. Misalnya yaitu mesin cuci yang mati total akibat motornya tak bergerak sama sekali. Padahal Anda yakin sudah menggunakan mesin cuci seperti biasanya. Tapi ketika Anda menekan tombol untuk menyalakannya, mesin cuci tetap diam seribu bahasa. Mesin ini benar-benar diam dan tidak mau berputar sedikit walau sekali putaran saja. Anda pun dibuat bingung olehnya.

mesin-cuci-tidak-berputar.jpg

Jangan menyerah dulu. Anda bisa melakukan kiat-kiat di bawah ini untuk mengatasinya!

  1. Pastikan Listrik di Rumah Menyala

Anda yang tinggal di Indonesia pasti sudah tidak kaget lagi dengan pemadaman listrik bergilir yang kerap terjadi di sini. Kadang-kadang listrik dipadamkan secara sepihak oleh petugas tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada kita. Bukan tidak mungkin sebelumnya Anda bisa menonton TV, tetapi kemudian tidak bisa menyalakan mesin cuci karena pemadaman listrik. Jadi tak ada salahnya untuk mengecek kembali.

  1. Periksa Apakah Sakelar Turun

Mesin cuci merupakan perangkat elektronik rumah tangga yang membutuhkan energi listrik begitu besar. Bahkan jika kita bandingkan dengan lemari es, kebutuhan listrik pada mesin cuci jauh lebih besar. Maka tak heran kalau perangkat ini sering menjadi beban bagi rumah yang dipasok oleh listrik berdaya rendah. Sakelar pada kerap turun akibat kinerja meteran listrik melebih beban seharusnya. Pastikan masalah ini tidak menimpa Anda.

  1. Cek Kondisi Stop Kontak

Anda juga patut mencurigai kalau stop kontak yang menjadi biang kerok dari masalah tersebut. Kondisi stop kontak yang mati menyebabkan arus listrik tidak bisa mengalir melaluinya menuju ke mesin cuci. Akibatnya mesin cuci pun tidak bisa mendapatkan energi listrik yang menjadi sumber tenaganya. Pantas saja kalau kemudian perangkat tersebut sama sekali tidak mau berputar. Anda harus segera menggantinya.

  1. Apakah Kabel Power Terputus?

Pastikan kabel power yang menjadi media penghantar energi listrik dari stop kontak menuju ke mesin cuci dalam keadaan yang normal. Sebab jika ada kabel yang terputus satu saja, listrik pun tidak bisa diterima oleh mesin cuci. Untuk mengecek, Anda bisa menggunakan test pen yang ditempelkan ke kabel. Anda juga bisa memperhatikan beberapa lampu indikator yang ada di dalam mesin. Kondisi mesin yang menjadi panas setelah beberapa saat juga mengindikasikan kalau kabel power masih bagus.

  1. Perbaiki Posisi Tombol Power

Kalau mesin cuci Anda berdengung, tetapi motornya sama sekali tidak mau bergerak, bisa jadi penyebab masalahnya yaitu tombol power yang tidak dapat berfungsi dengan baik. Bukan tidak mungkin kondisi tombol tersebut kotor atau posisinya agak bergeser. Sehingga ketika Anda menekan tombol ini, mesin sama sekali tidak merespons karena tidak mampu menangkap perintah dari Anda. Perbaikilah tombol tersebut segera.

  1. Hubungi Tenaga Servis Resmi

Kalau Anda sudah melakukan semua kiat-kiat di atas tetapi masih belum menemukan biang kerok menjadi penyebab tidak berputarnya mesin cuci Anda, satu-satunya jalan keluar yang dapat diambil ialah meminta bantuan tenaga servis profesional untuk memperbaikinya. Bukan tidak mungkin masalah tersebut disebabkan oleh kerusakan pada bagian mesin. Biarkan orang-orang yang sudah ahli untuk memperbaikinya.