6 Penyebab Flashdisk Tidak Terdeteksi TV LED dan Solusinya

Zaman sekarang semua perangkat elektronik mempunyai teknologi yang sangat canggih. Contohnya TV yang saat ini tidak hanya berfungsi sebagai perangkat untuk menampilkan siaran televisi saja, tetapi juga dapat berfungsi sebagai perangkat multimedia. Kini TV memiliki kemampuan yang banyak sekali melalui fitur-fitur yang ditanamkannya. Salah satunya yaitu HDMI yang memungkinkan TV mampu memainkan berbagai file multimedia termasuk lagu, foto, dan video.

Tak seperti komputer, TV tidak mempunyai perangkat yang berfungsi sebagai media penyimpanan data. Sehingga dibutuhkan media penyimpanan eksternal yang disambungkan dengan TV tersebut melalui koneksi USB supaya kita bisa memainkan file multimedia. Salah satu media penyimpanan eksternal yang banyak dipakai ialah flashdisk. Flashdisk merupakan media penyimpanan eksternal yang sangat praktis karena memiliki ukuran yang kecil tetapi kemampuannya begitu besar.

flashdisk-tidak-terdeteksi-tv.jpg

Anda tinggal memasang flashdisk ini dengan menancapkannya ke port USB yang biasanya terdapat di bagian belakang televisi. Cukup pasang flashdisk tersebut ke port USB, maka TV Anda pun akan langsung mendeteksinya. Namun apabila Anda sudah memasang flashdisk ini dengan benar tetapi TV tidak dapat mendeteksi atau mengenali keberadaan flashdisk tersebut, tandanya ada suatu masalah yang terjadi. Anda harus mencari tahu sumber penyebabnya dan segera memperbaikinya.

Jika Anda ingin menyetel file multimedia di TV, tetapi perangkat USB flashdisk yang menyimpan file-file tersebut ternyata tidak mampu dikenali oleh pesawat televisi, maka Anda dapat mencoba melakukan tindakan-tindakan sederhana untuk mengatasi masalah tersebut.

penyebab-flashdisk-tidak-terdeteksi.jpg

  1. Gunakan Flashdisk yang Asli

Pastikan Anda menggunakan perangkat USB flashdisk yang asli. Sebab kebanyakan produk USB flashdisk palsu memang tidak bisa terdeteksi oleh TV LED. Kami sendiri pernah mengalaminya. Flashdisk yang palsu ini tetap tidak dapat dikenali oleh TV meski komputer mampu membacanya dengan baik. Mohon maaf, sampai sekarang kami belum punya trik untuk mengatasi flashdisk yang palsu ini supaya bisa dibaca oleh Smart TV.

  1. Pastikan Flashdisk Bisa Ditulis Ulang

Lihat kembali buku manual yang menyertai perangkat USB flashdisk Anda. Periksa dengan teliti apakah Anda bisa menyimpan data tambahan ke dalamnya. Beberapa perangkat flashdisk telah diatur sedemikian rupa supaya hanya bisa dbaca saja (read only) tetapi tidak dapat ditulisi data tambahan. Jika kondisi ini berlaku pada flashdisk milik Anda, maka wajar sekali TV tidak mampu mendeteksi perangkat USB flashdisk tersebut.

  1. Pastikan Flashdisk Tidak Terkunci

Periksa apakah USB flashdisk Anda dalam posisi terkunci atau tidak. Kita memang mempunyai kewenangan untuk memberikan proteksi terhadap data-data yang tersimpan di dalam flashdisk dengan memberikannya sebuah password. Jadi untuk bisa mengakses isi di dalam flashdisk ini, maka kita harus mengetikkan kata sandinya dengan benar terlebih dahulu. Sayangnya flashdisk yang terkunci hanya bisa dibuka lewat komputer. Teknologi TV belum bisa menanganinya.

  1. Sesuaikan Tipe Format Flashdisk

Cek kembali apakah perangkat USB flashdisk Anda sudah terformat sebelum dihubungkan ke televisi. Format ini wajib dilakukan agar perangkat TV mampu membaca isi file yang tersimpan di dalam flashdisk. Tipe format yang digunakan pun harus didukung oleh TV. Rata-rata televisi hanya bisa membaca flashdisk yang diformat dengan tipe FAT32. Sehingga bila flashdisk Anda memakai format NTFS, wajar sekali bila kemudian TV tidak dapat mengenalinya. Anda harus memformat ulang melalui komputer.

  1. Perhatikan Kapasitas Flashdisk

Saat ini tersedia berbagai flashdisk dengan kapasitas penyimpanan data yang beranekaragam. Bahkan ada pula loh flashdisk yang mampu menyimpan data hingga 1 TB. Walaupun bentuk dan ukurannya sama persis, namun tidak menutup kemungkinan flashdisk tersebut mempunyai kemampuan menyimpan data yang berbeda. Anda perlu memperhatikan spesifikasi TV Anda mendukung flashdisk dengan kapasitas maksimal sampai berapa. Karena kalau kapasitas data flashdisk ini melebihi dukungan TV, maka flashdisk tersebut tak akan bisa terbaca oleh TV.

  1. Port USB Mungkin sudah Rusak?

Faktor lain yang juga dapat menyebabkan TV tidak bisa mendeteksi keberadaan flashdisk yaitu port USB pada televisi tersebut mungkin sudah rusak. Kerusakan ini terjadi pada komponen elektronika yang menyusun port tersebut. Sehingga meskipun port nampak dalam kondisi yang baik, tetapi port ini ternyata sudah mati. Anda bisa memastikannya dengan mencoba memasang flashdisk yang lain. Kalau tetap tidak terdeteksi, berarti memang port USB ini sudah rusak.