6 Penyebab Magic Com dan Rice Cooker Rusak

Apakah penyebab-penyebab magic com/rice cooker rusak? Produk magic com dan rice cooker mempunyai satu kesamaan yakni dapat digunakan untuk menanak nasi. Anda tidak perlu repot saat memasak beras menggunakan kedua produk ini. Hasil nasinya pun tidak berbeda daripada ketika kita memasaknya memakai panci di kompor. Sama-sama lezat dan sama-sama enak pula. Sangat direkomendasikan bagi Anda yang sehari-hari memakan nasi untuk membeli produk elektronik yang satu ini.

Anda harus merawat magic com dan rice cooker dengan baik agar awet dan tahan lama. Sebab faktanya adalah kerusakan pada alat elektronik ini paling banyak disebabkan oleh kesalahan pengguna itu sendiri. Baik itu karena tata cara pemakaian yang salah dan tidak sesuai prosedur maupun pengguna yang terlalu malas untuk merawatnya. Kali ini kami akan memberitahukan apa-apa saja yang bisa menimbulkan kerusakan pada magic com. Tujuannya supaya Anda bisa melakukan langkah antisipasinya.

penyebab-magic-com-rusak.jpg

Penyebab 1. Tegangan Listrik Tidak Stabil

Pengguna awam pada umumnya tidak terlalu mempermasalahkan soal tegangan listrik yang stabil atau tidak. Mereka hanya butuh listrik yang bisa menyalakan perangkat elektroniknya saja. Padahal tegangan listrik itu penting sekali karena dapat mempengaruhi daya tahan alat elektronik. Magic com biasanya membutuhkan tegangan listrik yang berkisar antara 220-240 volt. Jika tegangan listrik yang diterimanya lebih besar atau lebih kecil, maka komponen-komponen elektrik di dalamnya bakal cepat rusak. Anda bisa memasang stabilisator untuk menjaga kestabilan tegangan listrik.

Penyebab 2. Pengguna Jarang Membersihkan

Partikel-partikel debu berada di tempat mana pun di bumi ini. Semua benda lambat laun pasti akan menjadi kotor. Begitu pula dengan magic com yang Anda miliki akan menjadi kotor secara perlahan-lahan. Anda harus menjaga kebersihannya untuk membuat masa pemakaian magic com lebih lama. Sebab bila tidak dibersihkan, kotoran-kotoran ini akan menyebabkan magic com gampang rusak. Dari mulai menghambat kinerja komponen elektrik hingga memicu timbulnya hubungan arus pendek bisa disebabkan oleh partikel-partikel kotoran.

Penyebab 3. Salah Ketika Mencuci Perangkat

Hati-hati pada saat membersihkan magic com dan alat-alat yang menyertainya. Jangan sampai Anda melakukan kesalahan ketika mencucinya sebab malah akan menimbulkan kerusakan. Adapun kesalahan yang paling sering dilakukan oleh pengguna ialah membersihkan magic com memakai kain lap yang basah dengan tujuan agar cepat bersih. Padahal kandungan air di kain lap tersebut mungkin saja bisa masuk menembus celah-celah dan menetes mengenai komponen elektrik di dalamnya. Akibatnya timbul korsleting listrik yang mengakibatkan kerusakan.

Penyebab 4. Salah dalam Menggunakan Perangkat

Anda sebaiknya mengikuti petunjuk penggunaan magic com yang sudah pernah kami jelaskan sebelumnya. Sebab kesalahan yang Anda lakukan dalam mengoperasikan perangkat tersebut dapat mengakibatkan kerusakan yang fatal. Salah satu tindakan kesalahan yang sering dilakukan oleh pengguna ialah menyalakan perangkat dalam waktu yang cukup lama padahal tidak ada isi di dalamnya. Selain akan menyebabkan pemborosan dalam memakai listrik, magic com juga bisa kepanasan. Dampak yang biasanya muncul ialah thermofuse pada perangkat ini akan cepat rusak.

Penyebab 5. Mencuci Panci dengan Sikat

Panci penanak nasi merupakan peranti yang paling krusial pada magic com. Panci ini memiliki desain yang berbeda daripada panci kebanyakan. Di permukaan bagian dalamnya terdapat lapisan teflon sebagai anti-lengket sehingga membuat nasi bisa masak sempurna. Tidak ada nasi yang lengket dengan permukaan panci atau gosong karena terlalu panas. Semua nasi bisa matang secara merata. Sayangnya pengguna sering tidak sabar dalam mencuci panci ini. Mereka kerap menggunakan sikat untuk membersihkan panci lebih cepat sehingga mengakibatkan lapisan teflon terkikis.

Penyebab 6. Perangkat Terkena Benturan

Magic com harus digunakan secara hati-hati. Letakkan perangkat ini di meja yang cukup luas agar tidak terjatuh. Magic com juga tidak boleh terkena benturan atau hantaman. Dilarang mengetuk-ngetuk perangkat ini baik sengaja maupun tidak karena dapat menyebabkan kerusakan yang fatal. Sebaiknya Anda memasang cover khusus magic com untuk membuat alat penanak nasi milik Anda lebih terlindungi.