7 Cara Mengatasi Rayap yang Menyerang Perabotan Kayu

Untuk mendukung fungsi rumah sebagai tempat tinggal, Anda membutuhkan perabotan. Ada banyak sekali perabotan rumah tangga yang beredar sekarang. Bentuk dan kegunaannya pun bermacam-macam. Begitu pula dengan bahan baku pembuatan perabotan tersebut. Ada yang dari kayu, plastik, dan stainless steel. Tapi tentu saja perabotan kayu mempunyai penggemar yang banyak. Perabotan kayu nampak begitu mewah dengan penampilannya.

Akan tetapi, perabotan kayu membutuhkan perawatan yang lebih rumit daripada perabotan dari material yang lainnya. Khususnya soal risiko perabotan tersebut bakal diserang oleh hama. Perabotan kayu memang sangat rentan diserang oleh rayap. Serangga ini akan menggerogoti perabotan Anda hingga membuat strukturnya keropos. Anda tidak boleh membiarkan masalah ini berlangsung terus-menerus. Segera lakukan tindakan pengendalian.

cara-mengatasi-rayap.jpg

Untuk membasmi kawanan rayap yang menyerang perabotan kayu, Anda bisa mencoba solusi di bawah ini!

Gunakan Racun Pembasmi Rayap

Salah satu keuntungan hidup di zaman yang modern ialah ada banyak sekali alat-alat canggih yang telah berhasil diciptakan. Termasuk produk-produk berbahan kimia untuk mengendalikan serangan serangga yang mengganggu pun kini sudah banyak tersedia. Tidak perlu repot Anda mau memakai bahan apa untuk mengatasi rayap yang menggerogoti perabotan kayu di rumah. Cukup pakai saja racun yang memang sudah diformulasikan khusus untuk membunuh rayap. Anda bisa mengaplikasikan racun tersebut tepat ke sarang rayap.

Semprot Memakai Obat Nyamuk

Selama ini Anda mungkin memakai obat nyamuk semprot untuk mengatasi nyamuk-nyamuk nakal? Tak hanya bisa mematikan nyamuk saja, obat semprot tadi ternyata juga bisa digunakan untuk membunuh serangga-serangga yang mengganggu. Termasuk di antaranya adalah rayap. Rayap yang terkena semprotan obat nyamuk ini seketika akan mati karena teracuni. Cobalah periksa perabotan Anda yang terserang rayap. Saat melihat ada kawanan rayap di sana, segera saja Anda semprotkan obat nyamuk tersebut tepat ke arahnya.

Taburkan Kapur Ajaib di Sarangnya

Jika kebetulan ada kapur ajaib di rumah, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk mengatasi gerombolan rayap kok. Kapur ajaib ini tidak hanya efektif untuk membunuh semut dan kutu saja, tetapi juga serangga-serangga lain yang terkena goresan kapur ini bakal mati seketika. Bahkan kapur ajaib juga bisa Anda gunakan untuk membunuh kecoa. Kapur ajaib mengandung senyawa aktif yang dapat melumpuhkan kaki-kaki serangga dan menyebabkannya mati. Anda cukup menaburkan kapur ajaib yang sudah ditumbuk ke dalam sarang rayap.

Siram Menggunakan Minyak Tanah

Masyarakat pada zaman dahulu biasanya memakai minyak tanah untuk mengatasi serangan berbagai serangga. Termasuk saat ada gerombolan rayap yang menggerogoti perabotan kayu pun mereka sering memakai minyak tanah. Sebagai produk turunan dari minyak bumi, minyak tanah juga mengandung bahan-bahan aktif yang dapat meracuni rayap. Rayap akan merasa seperti terbakar saat terkena minyak ini. Cobalah Anda temukan sarang rayapnya, lalu segera siram sarang tersebut memakai minyak tanah. Niscaya semua rayap di dalamnya bakal langsung mati.

Siram dengan Air Deterjen

Apabila Anda sulit mendapatkan minyak tanah, tak perlu dipaksakan. Gunakan saja bahan alternatif lainnya. Anda masih bisa menggunakan sabun, deterjen, atau pemutih pakaian untuk melawan rayap. Anda hanya perlu mencampurkan segelas air dengan sabun deterjen yang cukup banyak. Setelah itu, aduk bahan-bahan ini supaya tercampur merata. Sekarang tinggal cari saja lokasi sarang rayap yang mengganggu. Kemudian Anda siramkan air deterjen ini persis ke sarang rayap tersebut.

Jemur Perabotan di Tempat Panas

Anda juga bisa memanfaatkan sinar matahari untuk mengendalikan rayap yang menggerogoti perabotan. Bagaimana caranya? Tidak lain dengan memanfaatkan panas dari sinar matahari tersebut. Seperti kita tahu, rayap senang tinggal di tempat yang gelap dan kondisinya lembab. Hal ini dikarenakan karena rayap memang tidak dapat bertahan hidup di tempat yang panas. Jadi untuk mengatasi serangan rayap tersebut, Anda tinggal mengeluarkan perabotan dan meletakkannya di tempat yang terbuka. Jemurlah perabotan tadi di tempat yang sangat panas agar semua rayap di dalamnya mati hingga ke telur-telurnya.

Manfaatkan Bahan-bahan Alami

Jika Anda tak suka memakai racun rayap yang memang terbuat dari bahan-bahan kimia sebab takut terkena dampak negatifnya, maka Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi serangan rayap tersebut. Terdapat cukup banyak bahan alami yang memiliki khasiat untuk meracuni rayap. Di antaranya yaitu cabai, bawang putih, daun sirih, jahe, dan jeruk nipis. Anda tinggal memilih salah satu bahan tersebut. Misalnya yaitu cabai. Haluskan cabai tadi, lalu gunakan air sarinya. Semprotkan air cabai ini tepat ke arah kawanan rayap dan sarangnya.