7 Cara Mengatasi Setrika yang Lengket

Bagaimana cara membersihkan setrika yang lengket? Walaupun kelihatannya gampang sekali dilakukan, faktanya menyetrika termasuk salah satu pekerjaan rumah tangga yang sangat melelahkan dan membosankan. Butuh tenaga yang banyak serta konsentrasi tinggi untuk merapikan pakaian-pakaian yang baru selesai dijemur menggunakan setrika. Pekerjaan ini akan bertambah semakin berat apabila kondisi setrika yang digunakan sudah lengket.

Tahukah Anda, setrika menjadi terasa lengket karena adanya noda gosong atau kerak yang terdapat di bagian permukaan besinya. Kerak tersebut biasanya timbul akibat dari terbakarnya serat kain akibat penggunaan suhu pada setrika yang terlalu tinggi. Penyebab lainnya adalah permukaan setrika tergores oleh benda-benda yang kasar dan tajam seperti resleting. Hal ini mengakibatkan terkelupasnya lapisan antilengket yang ada di bagian dasar setrika.

cara-mengatasi-setrika-lengket.jpg

Guna mengatasi setrika yang berubah menjadi lengket sehingga tidak nyaman lagi saat digunakan, Anda bisa mencoba kiat-kiat di bawah ini!

  1. Bersihkan Setrika Memakai Cuka

Cairan cuka bersifat asam sehingga dapat digunakan untuk membersihkan suatu benda. Kabar baiknya adalah Anda juga bisa mengatasi setrika yang lengket memakai cairan cuka ini. Anda hanya perlu mengusapkan cairan cuka ke setrika dengan bantuan busa yang lembut. Gosokkan busa tersebut secara berulang-ulang ke bagian besi pada setrika sampai bersih.

  1. Hilangkan Kerak dengan Parasetamol

Selama ini parasetamol dikenal sebagai obat untuk menurunkan demam pada tubuh. Tapi ternyata obat ini mempunyai fungsi lain yaitu sebagai bahan pembersih. Anda dapat memanfaatkan parasetamol untuk menghilangkan kerak yang muncul di setrika. Mulailah dengan menyiram air tepat ke permukaan setrika yang gosong saat kondisinya masih panas. Lanjutkan dengan menyiramkan cairan parasetamol. Setelah menunggu beberapa saat, kerak pun menjadi lebih mudah dibersihkan.

  1. Setrika Uap dan Koran Bekas

Setrika uap memang dapat melicinkan pakaian dalam waktu yang lebih cepat. Namun jika Anda tidak bisa merawat setrika ini dengan tepat mengakibatkan bagian besinya menjadi lengket. Solusinya Anda hanya perlu menggosokkan selembar kertas koran pada setrika tersebut beberapa kalau. Apabila belum berhasil juga, Anda bisa mengambil sejumput garam dan menggosokkannya lagi pada setrika tadi.

  1. Kikis Noda Gosong dengan Pasta Gigi

Pasti gigi dapat membersihkan gigi dengan tuntas, menjaga keindahan warnanya, serta melindungi gigi dari kuman dan bakteri. Kalau mau, Anda pun dapat menggunakan pasta gigi untuk membersihkan bagian plat setrika yang berkerak dan dipenuhi oleh noda. Caranya yakni oleskan pasta gigi secara merata ke seluruh bagian plat besi terlebih dahulu. Kemudian gosok plat tersebut memakai sikat gigi bekas. Hasilnya setrika pun menjadi bersih seperti baru dan tidak lengket.

  1. Manfaatkan Daun Pisang yang Ada

Cobalah memanfaatkan daun pisang untuk mengatasi setrika yang lengket. Anda hanya perlu menyalakan setrika sampai temperaturnya sangat panas. Kemudian siapkan selembar daun pisang yang kondisinya masih segar. Setelah setrika menjadi panas, gosokkan setrika tersebut beberapa kali ke daun pisang layaknya Anda sedang menyetrika pakaian. Lapisan lilin yang terdapat di permukaan daun pisang akan membuat setrika Anda menjadi licin kembali.

  1. Khasiat Ampuh Baking Soda

Baking soda bukan hanya dapat digunakan untuk membuat roti atau kue, tetapi bahan yang satu ini juga sangat ampuh dipakai untuk membersihkan suatu barang. Tidak terkecuali pula dengan setrika lengket yang bisa diatasi menggunakan baking soda. Pertama-tama Anda harus membuat cairan pembersih yang kental dari campuran baking soda dan air. Setelah itu, oleskan cairan tersebut di permukaan plat setrika. Niscaya kotoran, kerak, dan noda membandel lebih gampang dihilangkan.

  1. Lapisi Setrika dengan Lilin

Anda bisa memberikan perawatan terhadap setrika yang berkerak agar licin kembali menggunakan lilin. Anda bisa memulainya dengan menghidupkan perangkat setrika terlebih dahulu sampai menjadi panas. Selanjutnya Anda hanya perlu menggosokkan lilin ke setrika supaya mencair dan melapisi permukaannya yang lengket. Setelah mendiamkannya selama beberapa saat, bersihkan kembali setrika tersebut dari lapisan lilin memakai kain lap.