7 Cara Merawat Lemari Besi agar Tidak Karatan

Lemari besi dibutuhkan untuk menyimpan barang-barang berharga yang Anda miliki. Jika dibandingkan dengan lemari kayu, lemari besi ini mempunyai struktur yang lebih kuat dan kokoh, serta tidak gampang dijebol. Lemari besi tidak akan hancur cuma gara-gara dipecah, dibanting, dipukul, atau digergaji. Butuh alat berteknologi tinggi untuk bisa membongkar lemari besi ini dengan cepat. Sehingga lemari besi dapat memberikan jaminan keamanan yang penuh terhadap barang-barang yang ada di dalamnya.

Akan tetapi, lemari besi harus dirawat dengan baik agar awet, tahan lama, dan tidak mudah rusak. Meski lemari ini kuat sekali, namun ada risiko lemari besi tersebut akan berkarat. Kalau Anda tak merawatnya dengan benar, lemari besi bakal ditumbuhi karat di mana-mana. Tidak hanya merusak penampilannya saja, karat ini juga akan menggerogoti lemari besi Anda secara perlahan-lahan hingga membuat struktur lemari tersebut lama-kelamaan menjadi semakin rapuh dan keropos. Anda tidak boleh membiarkannya terjadi.

cara-merawat-lemari-besi.jpg

Agar lemari besi Anda awet dan tidak berkarat, Anda dapat merawatnya dengan baik mengikuti kiat-kiat di bawah ini!

Letakkan di Tempat yang Kering

Wajib hukumnya untuk meletakkan lemari besi Anda di tempat yang tepat. Selain permukaannya harus rata, kondisi tempat tersebut juga mesti kering. Tempat ini harus terhindar dari genangan air. Anda bisa memilih tempat yang paling pas atau menyediakan tempat khusus untuk menaruh lemari besi ini. Yang terpenting, tempat ini harus benar-benar kering agar lemari besi Anda terbebas dari risiko karatan. Air adalah musuh utamanya yang patut diwaspadai.

Pastikan Ruangnnya Tak Lembab

Jangan menaruh lemari besi di ruangan yang lembab. Meskipun ruangan tadi nampak kering dan tak ada genangan air di sana, tapi kelembaban udara juga berbahaya bagi lemari besi Anda. Udara yang lembab mengandung uap air dalam jumlah yang banyak. Jadi sama saja udara tersebut berbahaya bagi lemari besi Anda. Kalau Anda membiarkannya, lemari tersebut lama-kelamaan akan menjadi berkarat sendiri. Anda mesti meletakkannya di ruangan berventilasi.

agar-lemari-besi-tidak-berkarat.jpg

Rajin Membersihkan Lemari Besi

Bentuk perawatan dasar yang mesti Anda berikan terhadap lemari besi ialah Anda mesti membersihkan lemari ini secara rutin. Bersihkan permukaan lemari tersebut setidaknya sekali  per hari. Jangan biarkan ada kotoran atau partikel debu yang mengotorinya. Anda boleh menggunakan kain lap yang basah saat membersihkan lemari besi ini asalkan kemudian menyekanya lagi memakai kain lap kering. Anda harus rajin menjaga kebersihan lemari besi tersebut.

Jangan Biarkan Lemari Ini Basah

Pokoknya jangan pernah membiarkan lemari besi Anda dalam keadaan yang basah. Jikalau Anda melihat lemari tersebut nampak basah atau berair, cepatlah keringkan memakai kain lap atau kertas tisu. Jangan biarkan kondisi lemari Anda basah dalam waktu yang cukup lama. Mengapa? Karena air akan membuat lemari besi tersebut menjadi berkarat. Karat ini akan tumbuh sedikit demi sedikit dimulai dari area yang basah tadi. Jadi Anda tidak boleh membiarkannya.

perawatan-lemari-besi.jpg

Lakukan Pemolesan Ulang Berkala

Lemari besi memang telah dilapisi bahan pemoles khusus yang tidak hanya memperindah tampilannya saja, tetapi juga mampu melindungi lemari tersebut. Lapisan poles ini bisa mencegah air mengenai besi lemari secara langsung. Alhasil lemari Anda pun lebih terlindungi dan tidak mudah berkarat. Akan tetapi, lapisan pemoles ini semakin lama akan semakin menipis. Anda wajib memberi pemolesan ulang sebelum lapisan tersebut benar-benar menghilang.

Berikan Pelumas Pada Engselnya

Anda juga mesti memberikan perhatian yang penuh terhadap engsel yang melengkapi lemari besi tadi. Walaupun lemari tersebut kokoh, namun kalau engselnya karatan pasti bakal mudah dijebol. Karenanya merawat engsel lemari juga harus Anda laksanakan dengan baik. Anda bisa memberikan pelumas secara berkala ke permukaannya. Gunakan pelumas mesin jahit untuk keperluan ini. Lapisan pelumas ini akan melindungi engsel serta mencegah karat muncul.

Segera Atasi Karat yang Muncul

Kalau Anda sudah berusaha secara maksimal dalam merawat lemari besi serta menjaga kondisinya agar tidak berkarat, namun karat tetap muncul meskipun sedikit, Anda tidak boleh ambil diam. Secepatnya Anda harus melakukan perlawanan untuk mengatasi karat tersebut supaya tidak semakin meluas dan parah. Bagaimana caranya? Anda bisa mencoba mengikisnya terlebih dulu memakai kape sampai bersih. Kemudian lakukan pengecetan ulang memakai cat besi anti-karat.