7 Cara Merawat Lemari MDF dari Papan Partikel agar Awet

Memang tidak dapat dipungkiri kalau lemari kayu begitu memesona. Lemari ini sangat indah dengan finishing pelitur atau pernis yang digunakannya. Apalagi ketangguhan lemari kayu ini pun sudah terbukti sangat kokoh. Bahkan tak sedikit lemari kayu yang mampu bertahan hingga berpuluh-puluh tahun lamanya. Namun sayangnya harga lemari kayu saat ini semakin mahal. Lemari kayu kini menjadi salah satu produk perabotan yang mewah.

Untungnya produsen mebel dan perabotan tak kehabisan akal dalam menyiasati harga lemari kayu yang semakin melambung tinggi. Mereka pun lantas mencoba memakai bahan alternatif untuk membuat lemari kayu. Bahan tersebut tidak lain adalah papan partikel (particle board) atau dikenal pula dengan sebutan MDF (Medium density fiberboard). Dibandingkan dengan perabotan yang terbuat dari kayu solid, harga perabotan dari papan partikel ini jauh lebih murah.

merawat-lemari-papan-partikel.jpg

Simak yuk kiat-kiat dalam merawat lemari kayu berbahan dasar papan partikel ini!

Kiat 1. Bersihkan Lemari secara Berkala

Bentuk perawatan yang paling mendasar terhadap semua perabotan rumah tangga yang Anda miliki adalah membersihkannya secara rutin. Kalau ingin kondisi perabotan Anda tetap bagus serta tak mudah rusak, Anda harus mau membersihkannya. Perabotan yang senantiasa bersih memiliki risiko rendah akan mengalami kerusakan. Begitu pula dengan lemari MDF yang Anda miliki. Lemari tersebut tak bakal cepat rusak apabila Anda rutin membersihkannya. Disarankan membersihkan lemari ini memakai vacuum cleaner atau kain lap yang kering.

Kiat 2. Pastikan Kondisinya Selalu Kering

Musuh utama perabotan-perabotan berbahan dasar papan partikel ialah air. Air bisa merusak lemari tersebut dengan cepat sekali. Mengapa? Sebab pada dasarnya MDF board terbuat dari campuran antara serbuk kayu dan lem. Nah, lem yang menjadi bahan dasar pembuatan papan tersebut akan berkurang daya rekatnya atau bahkan luntur saat terkena air. Cepat atau lambat lemari tadi bakal rusak dan hancur berantakan. Oleh sebab itu, Anda harus menjaga kondisi lemari papan partikel supaya senantiasa tetap kering.

Kiat 3. Semprot dengan Bahan Anti-jamur

Risiko lain yang bakal menimpa lemari dari particle board ialah serangan jamur. Jamur dapat tumbuh dengan mudah di bahan ini. Apalagi kalau kondisinya mendukung yaitu tempat yang lembab. Lemari papan partikel yang ditumbuhi jamur tentu akan cepat rusak. Jamur tersebut menyerap zat-zat yang ada di dalam papan sehingga membuatnya keropos. Untuk melakukan pencegahan, Anda harus rajin membersihkannya. Sedangkan apabila jamur sudah terlanjur tumbuh, Anda bisa mengatasinya dengan menyemprotkan bahan anti-jamur.

Kiat 4. Letakkan di Tempat yang Rata

Lemari berbahan baku MDF board sebaiknya diletakkan di ruangan dengan lantai yang rata. Sehingga bobot yang ditanggung oleh semua kaki-kakinya akan seimbang. Hal ini berfungsi untuk mencegah strukturnya menjadi rusak, miring, dan goyah. Anda bisa mengukur tingkat kerataan permukaan lantai menggunakan waterpass. Apabila miring di salah satu bagiannya, Anda bisa mengganjal kaki lemari tersebut supaya tetap dapat berdiri dengan rata.

Kiat 5. Taruhlah di Ruangan yang Sejuk

Agar lemari papan partikel Anda tidak cepat rusak, rahasianya yaitu Anda harus meletakkan lemari tersebut di ruangan yang mempunyai sistem ventilasi udara yang baik. Setidaknya ruang tersebut harus sejuk serta teraliri angin dengan lancar. Jangan pernah meletakkan di ruangan yang lembab atau pengap. Kandungan uap air di dalamnya yang begitu tinggi dapat merusak lemari ini. Sama seperti lemari particle board yang terkena air, lemari Anda akan melempem lalu hancur sendiri menjadi beberapa bagian.

Kiat 6. Jangan Masukkan Beban Berat

Kelihatannya saja lemari papan partikel memiliki struktur yang kokoh. Tapi sebenarnya tidak. Jika Anda memaksa lemari ini untuk menahan beban berat, bukan tidak mungkin bentuknya akan melengkung secara perlahan-lahan. Lemari Anda akan melengkung ke bawah, kemudian hancur sendiri karena tidak kuat menopang beban benda-benda yang berat tersebut. Maka sebaiknya lemari ini digunakan untuk menyimpan benda-benda yang bobotnya ringan saja.

Kiat 7. Hati-hati saat Memindahkannya

Walaupun kelihatannya sepele, namun Anda harus memindahkan lemari papan partikel ini dengan sangat hati-hati. Jangan pernah  mencoba mengangkatnya sendiri. Meskipun Anda mungkin berhasil memindahkannya, tetapi lemari tersebut bakal cepat rusak akibat bebannya yang tidak seimbang saat Anda mengangkatnya. Anda sebaiknya meminta bantuan orang lain untuk membantu mengangkatkan lemari ini dari sisi yang lainnya. Ingat, selalu berhati-hatilah saat memindahkan lemari berbahan dasar particle board tersebut.