7 Langkah : Cara Aman Memasang Regulator Kompor Gas ke Tabung Gas

Kompor gas kini menjadi peranti memasak yang utama bagi masyarakat. Selain karena kepraktisannya, saat ini juga susah untuk dapat menemukan kayu bakar ataupun minyak tanah sebagai sumber bahan bakar alternatif. Mau tidak mau, masyarakat pun harus menggunakan kompor gas walaupun persediaan tabung gas di pasaran kenyataannya juga cukup langka. Kelebihan utama dari kompor gas adalah sangat praktis. Anda hanya perlu memutar knop untuk menyalakan apinya.

memasang-regulator-kompor-gas.jpeg

Tapi di balik kemudahan dalam menggunakan kompor gas, terdapat bahaya besar yang mengintai. Tidak lain yaitu potensi terjadinya ledakan gas. Peristiwa ini umumnya disebabkan oleh kebocoran gas yang tidak segera ditangani. Lokasi titik kebocoran biasanya berada di sambungan-sambungan. Misalnya yaitu sambungan antara tabung gas dan selang yang dihubungkan oleh regulator. Karena regulator dipasang kurang tepat, maka timbul sebuah kebocoran yang akhirnya berbahaya.

cara-memasang-kompor-gas.jpg

Anda harus memasang regulator pada tabung gas dengan benar supaya aman digunakan. Bagi Anda yang baru pertama kali mencoba memasang regulator, berikut ini langkah-langkah yang bisa dipakai sebagai panduan untuk Anda!

  1. Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa kondisi dapur mempunyai sirkulasi udara yang lancar. Caranya dengan membuka semua lubang bukaan dan ventilasi udara yang terdapat di ruangan tersebut. Bukalah pintu dan jendela agar udara bisa mengalir dengan lancar. Sehingga kalau nanti ada gas yang tiba-tiba keluar dari tabung, maka bisa langsung dinetralisir oleh udara. Alhasil risiko terjadinya ledakan pun dapat dihindari.
  2. Sebelum tabung gas dipasang, Anda perlu memeriksa kondisinya terlebih dahulu. Cek dengan baik kelayakan tabung gas tersebut. Ikuti instruksi dari kami dalam memilih tabung gas dengan metode 5D. Kemudian untuk memastikan apakah tabung gas tersebut bocor atau tidak, Anda bisa mengoleskan air sabun di bagian moncong tabung gas yang memang berisiko mengalami kebocoran. Jika tidak muncul gelembung sabun, artinya tabung tersebut tidak bocor.
  3. Anda juga perlu mengecek kondisi karet seal yang terdapat di bagian moncong tabung gas. Karet seal ini berfungsi untuk menahan tekanan jarum regulator pada mulut tabung gas, mencegah regulator agar tidak mudah terlepas, dan mempertahankan posisi regulator supaya tetap stabil. Pastikan bahwa kondisi karet seal ini masih cukup kuat, bagus, tidak rusak, dan tidak longgar sehingga regulator bisa terpasang dengan kuat pada tabung gas tersebut.
  4. Kini waktunya untuk memasang regulator pada tabung gas. Silakan genggam regulator tersebut. Posisikan regulator ini tegak lurus dengan tabung gas supaya jarum di dalamnya bisa menancap pada mulut tabung. Setalah posisi regulator sudah benar-benar tegak lurus, kemudian tekanlah regulator tersebut secara kuat menggunakan tangan Anda agar menancap ke tabung. Jangan khawatir bila tercium bau gas sesaat setelah jarum ini menancap sebab memang ada sedikit gas yang keluar dari mulut tabung. Kondisi ini merupakan normal.
  5. Setelah regulator sudah menancap pada mulut tabung gas dengan benar, selanjutnya Anda bisa memutar kunci regulatornya hingga 180 derajat searah jarum jam untuk mengencangkan kunci tersebut. Regulator memang harus dikunci supaya posisinya tetap stabil dan tidak terlepas dari mulut tabung. Lakukan proses penguncian ini dengan cepat. Kemudian lepaskan tangan Anda yang menahan posisi regulator.
  6. Regulator yang terpasang dengan benar tidak berisiko menimbulkan kebocoran. Supaya Anda lebih yakin apakah regulator tersebut sudah terpasang dengan tepat atau belum, Anda dapat melakukan pengecekan. Caranya yaitu dekatkan telinga Anda dengan regulator sembari hidung mencium bau tabung gas. Ciri-ciri regulator yang sudah terpasang dengan benar yaitu tidak ada suara mendesis yang terdengar serta tabung gas pun tidak berbau sama sekali. Apabila Anda mendengar suara desisan atau mencium bau gas, segera lepaskan regulator tersebut dan coba pasang sekali lagi.
  7. Setelah yakin 100% kalau regulator sudah terpasang dengan benar pada tabung gas, selanjutnya Anda bisa mencoba menyalakan api pada kompor gas. Cobalah putar knop untuk menyalakan api pada kompor tersebut. Pada percobaan pertama, mungkin api belum mau keluar lantaran kompor masih mencoba menyedot gas dari tabung. Anda dapat mengulanginya 2-5 kali sampai api menyala dari tungku kompor gas. Sedangkan kalau api tetap tidak mau menyala, silakan ikuti saran kami pada artikel sebelumnya untuk memperbaiki masalah tersebut.