7 Langkah Cara Menggunakan Test Pack Kehamilan

Bagaimana cara menggunakan test pack kehamilan? Test pack berguna sebagai alat bantu untuk mendeteksi kehamilan secara dini. Hal ini sangat penting dilakukan agar orang tua dapat menjaga kesehatan janinnya dengan baik. Perempuan yang sedang hamil membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak. Mereka juga harus menjaga kondisi tubuhnya, terutama pada masa trisemester pertama saat keadaan janin masih lemah sekali.

Meskipun bentuknya sangat sederhana, tetapi test pack memiliki tingkat keakuratan mencapai 99%. Alat ini bekerja dengan mendeteksi kandungan hormon kehamilan (human chorionic gonadotropin) yang terdapat di dalam urin. Perlu Anda ketahui, perempuan akan mulai memproduksi hormon hCG ketika sel telur sudah dibuahi dan menempel di dinding rahimnya. Keberadaan hormon hCG ini sendiri baru bisa terdeteksi dengan baik dalam kurun waktu 1-2 minggu setelah terjadinya masa pembuahan.

cara-menggunakan-test-pack.jpg

Sebenarnya mudah sekali dalam memakai tes pack untuk menguji apakah Anda hamil atau tidak. Namun bagi Anda yang baru pertama kali menggunakannya tentu akan mengalami kesulitan atau kebingungan tersendiri apakah sudah benar atau belum. Oleh sebab itu, kali ini kami akan berbagi artikel panduan penggunaan test pack yang paling benar. Mohon diperhatikan dengan baik sebab jika Anda keliru dalam melakukannya dapat menyebabkan hasil uji test pack-nya juga salah.

Langkah-langkah menggunakan test pack yang benar :

  1. Pilih test pack yang kondisinya masih layak pakai dan belum kadaluwarsa. Perlu Anda ketahui, test pack mempunyai usia pakai. Jika test pack sudah kadaluwarsa, maka hasil pengecekannya tidak bisa tepat.
  2. Ada berbagai jenis tect pack yang kini dijual di pasar. Anda harus membaca petunjuk penggunaannya. Ada test pack yang membutuhkan wadah penampung urin khusus. Ada pula test pack yang langsung bisa dikenakan pada urin.
  3. Pengujian menggunakan test pack harus dilakukan pada urin yang pertama kali keluar. Hal ini dikarenakan kandungan zat-zat di dalam urin bisa mengalami perubahan setiap saat. Jadi waktu yang paling tepat untuk memakai test pack ialah setelah Anda bangun tidur.
  4. Mohon tunggu hasil dari test pack selama beberapa saat sesuai dengan keterangan waktu yang tertera pada petunjuk penggunaannya. Ada test pack yang kerjanya cepat, ada pula yang lebih lambat. Di sini Anda tidak boleh terburu-buru melihat hasilnya.
  5. Setidaknya Anda harus melakukan pengujian kehamilan menggunakan test pack minimal sebanyak 3 kali. Satu atau dua kali pengetesan saja belum dapat dijadikan sebagai acuan yang pasti apakah Anda hamil atau tidak.
  6. Apabila hasil dari test pack menunjukkan bahwa Anda negatif hamil tetapi tidak mengalami menstruasi dalam satu kali siklus, sebaiknya periksaan diri Anda ke dokter. Bisa jadi Anda mengalami gangguan kesehatan.
  7. Begitu pula jika hasil pengujian memakai test pack menghasilkan bahwa Anda terbukti telah hamil, maka Anda bisa gembira sejenak terlebih dahulu. Kemudian periksaan kandungan Anda ke dokter kehamilan untuk mendapatkan kepastiannya.

Demikian semoga bisa menjadi manfaat untuk Anda sekeluarga!