7 Tips Merawat Peralatan Makan dari Melamin

Kita membutuhkan peralatan khusus untuk meletakkan semua makanan-makanan yang akan dinikmati. Di antaranya yaitu piring, mangkuk, baskom, dan lain-lain. Kalau zaman dahulu, orang-orang biasanya menggunakan peralatan makan yang terbuat dari tanah liat. Bahan baku berupa tanah liat ini dibentuk sedemikian rupa, lalu dibakar di dalam api yang membara agar mengeras. Kemudian jadilah peralatan makan keramik yang siap digunakan.

Tapi sekarang zaman sudah mengalami perkembangan yang begitu pesat. Ada banyak sekali pilihan peralatan makan yang terbuat dari aneka ragam material. Tak hanya keramik, namun ada pula peralatan makan dari kaca, seng, aluminium, stainless steel, tembaga, emas, perak, kayu, batu, plastik, hingga melamin. Peralatan makan dari melamin merupakan salah satu jenis yang paling disukai berkat kelebihan-kelebihan yang dimilikinya.

tips-merawat-peralatan-makan-melamin.jpg

Peralatan makan dari melamin biasanya dibuat dengan desain yang sangat menarik. Bentuknya bermacam-macam, tidak hanya kotak, bundar, atau lonjong saja. Ada yang menyerupai daun, buah, bunga, binatang, kendaraan, dan lain-lain. Warnanya juga menarik sekali karena terlihat sangat cerah. Itu sebabnya, ada begitu banyak orang yang tertarik membeli peralatan makan dari melamin, termasuk Anda. Lantas bagaimana cara merawatnya?

Tips 1. Bersihkan Peralatan Setelah Selesai Digunakan

Ini merupakan bentuk perawatan dasar yang semua orang pasti sudah tahu. Kami di sini hanya ingin mengingatkan saja bahwa Anda wajib membersihkan semua alat makan yang sudah selesai digunakan. Jika Anda mempunyai waktu luang untuk mengerjakannya, segera bersihkan peralatan tersebut. Jangan menunggu nanti karena biasanya Anda akan menjadi malas untuk melakukannya. Selain itu, kotoran yang terlalu lama dibiarkan menempel di peralatan tersebut pun bisa berubah menjadi noda membandel yang sulit dihilangkan.

Tips 2. Gunakan Sabun Cuci Piring untuk Mengangkat Lemak

Anda sekarang berada di zaman yang modern. Jadi sebisa mungkin gunakanlah bahan-bahan yang telah ditemukan untuk membuat hidup Anda menjadi lebih mudah. Termasuk  urusan membersihkan peralatan makan dari melamin serta mengangkat lemak yang sulit sekali dihilangkan. Anda tidak bisa menghilangkan lemak tersebut hanya menggunakan air kemudian mengelapnya saja sebab noda lemak ini menempel sangat kuat. Untungnya sekarang sudah ada sabun cuci piring yang ampuh mengatasi masalah tersebut. Gunakan sabun cuci piring ini dalam jumlah yang lebih banyak, lalu bilas lebih lama.

Tips 3. Pakai Air Jeruk Nipis/Lemon untuk Menyegarkan

Kadang-kadang aroma tidak sedap pada peralatan makan tetap menempel padahal semua kotoran yang terdapat di permukaannya sudah menghilang. Anda juga sudah mencoba mengelapnya dengan sabun cuci piring beberapa kali, tetapi bau tak sedap tersebut tepat ada. Di sinilah Anda membutuhkan bahan alami untuk menghilangkan bau tak sedap dari peralatan makan melamin tadi. Anda bisa menggunakan air sari dari buah jeruk nipis atau lemon. Cukup dengan mengusapkan air sari ini di permukaan peralatan makan secara merata. Diamkan sejenak. Kemudian bilas dengan air sampai bersih.

Tips 4. Jangan Gunakan untuk Wadah Makanan Panas

Haram hukumnya memakai menuangkan makanan atau minuman yang masih panas ke dalam peralatan yang terbuat dari melamin. Mengapa? Kalau peralatan makan yang Anda miliki mempunyai ketebalan yang tipis, maka peralatan tadi akan langsung melengkung. Bentuknya menjadi tak karuan sehingga Anda pun malas menggunakannya lagi. Sedangkan jika peralatan tersebut cukup tebal, warnanya akan memudar perlahan-lahan akibat suhu yang terlalu panas. Zat pewarna pada peralatan ini akan luntur dan mengotori makanan Anda sehingga berbahaya bagi kesehatan.

Tips 5. Pastikan Kondisinya Selalu dalam Keadaan Kering

Setiap Anda selesai membersihkan peralatan ini, Anda wajib menggosoknya menggunakan kain lap. Apakah tujuannya? Hal ini dilakukan supaya kondisi peralatan makan tadi menjadi kering. Semua peralatan makan yang dibiarkan dalam keadaan yang basah akan menjadi tempat yang ideal bagi perkembangbiakkan kuman dan bakteri. Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi. Maka biasakan untuk tidak langsung menaruh peralatan makan yang telah dicuci ke dalam rak atau laci. Melainkan Anda harus mengelapnya terlebih dahulu.

Tips 6. Hati-hati saat Menggunakan, Jangan sampai Terjatuh

Peralatan makan dari melamin ini berbeda dari peralatan makan dari plastik. Struktur melamin lebih keras sehingga membuatnya lebih kokoh. Tapi di sisi lain struktur yang keras ini membuat peralatan makan melamin menjadi gampang retak dan pecah. Tidak jauh berbeda dengan peralatan makan dari kaca atau keramik, peralatan makan dari melamin ini akan langsung retak atau pecah apabila terjatuh dari ketinggian. Jadi Anda harus berhati-hati saat menggunakannya. Jangan sampai teledor sehingga mengakibatkannya terjatuh.

Tips 7. Jangan Sajikan Steak dengan Peralatan Melamin

Kadang-kadang kita perlu menggunakan pisau saat menikmati hidangan tertentu. Steak misalnya. Kami sarankan hindari menyajikan menu yang mengharuskan Anda menggunakan pisau seperti steak ini dengan alas dari bahan melamin. Mengapa? Sebab peralatan yang satu ini mudah sekali tergores. Jika terkena ujung pisau yang tajam, maka timbul goresan-goresan di permukaan peralatan melamin milik Anda. Akibat terlalu banyaknya goresan yang ada, maka pesona peralatan tersebut pun akan menghilang. Lebih baik Anda mencegahnya sebelum goresan ini terbentuk sedikit demi sedikit.