8 Kelebihan dan 3 Kekurangan Listrik Prabayar

Apa sih keuntungan dan kerugian memakai listrik prabayar? Seiring dengan berjalannya waktu, Indonesia semakin maju dalam menggunakan perangkat elektronik. Jika zaman dahulu seluruh pelanggan PLN akan mendapatkan meteran listrik pascabayar sehingga dapat membayar listrik di akhir bulan setelah menggunakannya. Kini PLN membuat kebijakan baru berupa meteran listrik prabayar, khususnya untuk pelanggan berdaya listrik 450 watt dan 900 watt. Ini adalah sebuah teknologi baru yang belum pernah dipakai sebelumnya.

Meteran listrik prabayar mempunyai perbedaan yang sangat banyak dibandingkan dengan meteran listrik pascabayar. Perbedaan yang paling mendasar ialah soal pemakaiannya. Anda diharuskan mengisi pulsa listrik terlebih dahulu sebelum dapat menggunakan listrik prabayar. Artinya Anda tidak bisa memakai listrik sama sekali bila sisa pulsa di dalam meteran tersebut habis. Padahal jika Anda pelanggan listrik pascabayar, Anda bisa berhutang terlebih dahulu kepada PLN. Barulah tagihannya bisa dibayar sebelum tanggal 20 setiap bulannya.

kelebihan-kekurangan-listrik-prabayar.jpg

KELEBIHAN

Ada beberapa kelebihan dari listrik prabayar yang patut Anda ketahui :

  1. Listrik prabayar tidak memiliki beban listrik bulanan atau minimal pemakaian listrik seperti halnya pada listrik pascabayar. Contohnya pelanggan listrik pascabayar 900 watt dibebani biaya Rp 18.000/bulan ditambah PPj atau minimal pemakaian 40 jam pada listrik pascabayar 1300 watt. Jadi pakai tidak pakai, beban listrik bulanan atau minimal pemakaian ini harus dibayarkan. Sedangkan pada listrik prabayar ketentuan ini tidak ada. Anda bebas tidak mengisi pulsa kalau listriknya tidak dipakai.
  2. Meteran listrik prabayar dibuat dengan teknologi yang jauh lebih canggih daripada meteran listrik prabayar. Misalnya saja pada bagian kWh meternya. Listrik prabayar menggunakan kWh meter digital untuk menghitung listrik yang terpakai. Sementara listrik pascabayar masih memakai kWh meter analog. Tentu saja penghitungan kWh meter digital pada listrik prabayar jauh lebih akurat daripada kWh meter analog pada meteran listrik pascabayar.
  3. Ketika menggunakan listrik prabayar, privasi Anda sekeluarga jauh lebih terjamin. Tidak ada yang tahu berapa tagihan listrik rumah Anda di tiap bulannya, kecuali diri Anda sendiri dan seluruh anggota keluarga. Selain itu, tidak ada pula petugas PLN yang memasuki rumah Anda guna mencatat meteran. Bukan bermaksud apa-apa sebenarnya. Namun tidak sedikit orang-orang di perkotaan khususnya yang ingin mendapatkan privasi berlebih untuk seluruh anggota keluarganya.
  4. Listrik prabayar biasa disebut pula meteran listrik pintar. Ketika Anda menggunakan meteran listrik ini, Anda dituntut untuk memakai listrik secara terkontrol. Kesadaran dalam diri Anda otomatis akan muncul untuk menghemat penggunaan pulsa listrik. Apalagi meteran listrik prabayar ini juga sudah dilengkapi dengan indikator yang bisa memberitahukan sisa pulsa Anda. Ketika alarm listrik sudah terdengar, Anda akan berusaha untuk mengurangi penggunaan alat elektronik.
  5. Anda bisa mengisi pulsa listrik sesuka hati tanpa terikat waktu sama sekali. Anda bebas mau mengisinya dengan token nominal Rp 100.000 atau Rp 2.000.000 sekalian. Ya mungkin saja biar lebih praktis sehingga Anda tidak perlu pergi ke konter berkali-kali. Tidak ada batasan waktu yang mengikat Anda. Berbeda dengan listrik pascabayar yang mengharuskan Anda membayar tagihan bulanan paling lambat tanggal 20. Sanksi akan diberikan oleh PLN apabila Anda terlambat membayarkan tagihan listrik.
  6. Biaya pasang listrik prabayar baru lebih murah daripada listrik pascabayar. Bahkan selisihnya bisa mencapai Rp 500.000. Perbedaan biaya pasang baru ini dikarenakan Anda tidak akan dikenakan uang jaminan langganan saat memilih listrik prabayar. Setidaknya Anda hanya dibebani biaya pembelian token perdana untuk keperluan pulsa listrik di awalnya.
  7. Anda bisa membeli pulsa listrik di berbagai tempat karena jumlah layanannya sekarang telah banyak sekali. Tempat layanan pembelian token listrik jauh lebih luas ketimbang meteran listrik pascabayar. Tempat yang melayani pembayaran listrik pascabayar hampir selalu menjual pulsa listrik. Namun penjual pulsa listrik belum tentu melayani pembayaran tagihan listrik bulanan. Bahkan Anda kini dapat membeli pulsa listrik secara online melalui agen-agen tepercaya.
  8. Meteran listrik prabayar sudah dilengkapi dengan indikator yang menunjukkan kalau instalasi kabel di dalam rumah kita sudah benar atau tidak. Apabila ada masalah pada instalasi kabel ini, maka indikator tersebut otomatis akan menyalam. Nah, tugas kita selanjutnya mendeteksi di mana letak masalah tersebut lalu memperbaikinya. Risiko kebakaran akibat korsleting listrik pun dapat dicegah dengan adanya indikator ini. Sedangkan pada meteran listrik pascabayar tidak dilengkapi indikator semacam ini.

KEKURANGAN

Di sisi lain, listrik prabayar juga mempunyai kekurangan yaitu :

  1. Tarif listrik pada golongan 450 watt dan 900 watt di meteran listrik prabayar lebih mahal daripada listrik pascabayar.
  2. Ketika pulsa listrik di meteran sudah habis, Anda sama sekali tidak bisa menggunakan listrik sampai Anda mengisi ulang lagi pulsanya.
  3. Pembelian pulsa listrik yang tidak dilakukan secara periodik sehingga mungkin akan membuat Anda lupa mengisi ulang tepat waktu.