8 Kiat yang Wajib Diikuti saat Memilih Setrika

Penampilan merupakan sesuatu yang perlu kita perhatikan dengan baik. Sebab bagaimana pun kesan pertama yang kita tampilkan akan mempengaruhi penilaian orang lain terhadap diri kita sendiri. Oleh sebab itu, Anda harus menjaga penampilan pribadi. Salah satunya bisa dilakukan dengan senantiasa mengenakan pakaian yang rapi. Guna mewujudkannya, Anda bisa mencoba menyetrika pakaian tersebut setelah selesai dijemur sampai kering.

Menyetrika pakaian sebenarnya merupakan pekerjaan yang sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu menggosokkan setrika ke permukaan pakaian beberapa kali sampai kondisinya menjadi licin dan tidak kusut. Walaupun menyetrika tidak terlalu sulit, namun kenyataannya pekerjaan ini sangat merepotkan. Anda harus menyetrika pakaian satu per satu. Waktu yang dibutuhkan cukup lama. Apalagi suhu panas yang dihasilkan oleh setrika membuat suasana semakin tidak nyaman.

Tak jarang setelah selesai menyetrika pakaian, seluruh tubuh terasa sakit karena Anda harus mengeluarkan tenaga ekstra akibat setrika yang tidak bekerja dengan baik. Masalah ini terjadi salah satunya lantaran Anda salah dalam memilih setrika. Seharusnya Anda membeli setrika listrik yang benar-benar mampu membantu Anda merapikan pakaian. Setrika tersebut juga dapat membuat suasana menyetrika menjadi lebih mudah.

tips-memilih-setrika.jpg

Berikut ini kriteria-kriteria dalam memilih setrika yang baik untuk Anda.

  1. Buatan Pabrik Ternama

Hal pertama yang perlu Anda lakukan dalam memilih setrika yaitu mengeliminasinya berdasarkan merek. Pastikan Anda membeli setrika buatan merek ternama. Jangan pernah mau memilih setrika dengan merek abal-abal meskipun harganya jauh lebih murah. Nilai merek merupakan faktor yang sangat krusial dan tidak bisa dimanipulasi. Anda tidak akan kecewa jika membeli setrika dengan merek ternama. Selain itu, ada pula garansi produk yang menjamin tanggung jawab dari produsen.

  1. Dilengkapi Logam Anti-Lengket

Setrika bekerja dengan memanfaatkan suhu panas untuk merapikan tekstur pakaian. Bukan tidak mungkin karena suhu panas tersebut, permukaan logam setrika menjadi lengket dan menempel di serat kain. Jika masalah ini terjadi, maka pakaian Anda bakal gosong akibat terbakar. Itu sebabnya, Anda wajib membeli setrika yang dilengkapi logam anti-lengket di bagian bawahnya. Setrika dengan spesifikasi seperti ini akan lebih mudah digunakan karena terasa licin.

  1. Pastikan Cover-nya Aman

Anda harus berhati-hati saat menggunakan setrika. Jika kulit Anda sampai terkena permukaan setrika tersebut, bukan tidak mungkin kulit tersebut akan melepuh karena saking panasnya logam pada setrika. Guna mencegah risiko ini terjadi, pilihlah setrika yang dilengkapi cover benar-benar aman. Setidaknya Anda bisa menggenggam setrika tersebut dengan nyaman tanpa berisiko akan terkena bagian logamnya. Jadi semakin besar ukuran cover-nya, maka semakin baik.

  1. Bentuk Ujungnya harus Lancip

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa bentuk ujung kapal/perahu mesti lancip? Tidak lain untuk memudahkannya dalam membelah lautan. Begitu pula pada setrika harus mempunyai ujung yang lancip agar dapat bergerak dengan leluasa membelah serat pakaian. Semua setrika kini sudah diproduksi dengan ujung yang berbentuk lancip. Tapi ukuran tingkat kelancipannya berbeda-beda. Semakin lancip bentuk ujung setrika tersebut, maka semakin mudah pula Anda menggunakannya.

  1. Kabelnya Berukuran Cukup Panjang

Anda sebaiknya memilih setrika yang dilengkapi dengan kabel yang ukurannya cukup panjang. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena akan mempengaruhi tingkat kenyamanan Anda selama menggunakan setrika tersebut. Disarankan memilih setrika dengan kabel sepanjang 1,7-2,0 m. Bila kabelnya terlalu pendek, Anda bakal kesulitan saat menyetrika. Proses menyetrika pakaian menjadi tidak leluasa. Namun jika terlalu panjang kabelnya, risiko setrika mengalami kerusakan menjadi lebih besar.

  1. Dilengkapi Kabel yang Aman

Jangan lupa untuk memperhatikan kualitas kabel yang melengkapi setrika tersebut. Pastikan kabel yang digunakan oleh setrika incaran Anda memiliki inti 3 kabel yang terdiri dari fasa, netral, dan arde. Kabel tersebut juga terbuat dari bahan yang fleksibel, dibalut dengan bahan isolator dari kain yang tahan panas, dan tidak mudah terkoyak. Selain itu, Anda perlu memastikan steker yang digunakan memiliki keamanan yang terjamin. Kriterianya yaitu steker terbuat dari karet yang lembut, dilengkapi dengan terminal arde, dan dibalut bahan isolator hingga ke pegangannya.

  1. Panasnya Mudah Disesuaikan

Kalau mau membeli setrika, hendaknya Anda memilih setrika yang dilengkapi tombol pengatur suhu yang gampang dioperasikan. Tentu tujuan utamanya yaitu Anda bisa menyesuaikan suhu yang dihasilkan oleh setrika tersebut dengan mudah. Fitur ini sangat penting dan wajib dimiliki oleh semua setrika. Anda pasti membutuhkannya kelak saat menggunakan setrika tersebut. Sehingga Anda pun bisa menyesuaikan suhu panas yang dihasilkan setrika dengan jenis pakaian yang sedang dirapikan.

  1. Perhatikan Bobot yang Dimiliki

Setrika juga dibuat dengan bobot yang bermacam-macam. Ada setrika yang bobotnya ringan, ada pula yang cukup berat. Setrika yang berbobot ringan membuat Anda lebih mudah dalam mengangkatnya. Anda tidak perlu capai saat mengoperasikan setrika ini karena bobotnya yang ringan. Tetapi dibutuhkan tenaga ekstra untuk menekan setrika ini supaya bisa merapikan tekstur pakaian. Sebaliknya, setrika yang berat lebih cepat membuat tekstur pakaian menjadi rapi. Namun Anda butuh tenaga ekstra untuk mengangkatnya.