8 Tips agar Wajan dan Penggorengan Tidak Lengket

Bagaimana tips agar wajan dan penggorengan tidak lengket? Kami yakin Anda pasti akan merasa sangat kesal ketika sedang asyik-asyiknya memasak atau menggoreng bahan makanan tetapi ternyata lengket di wajan/penggorengannya. Masakan yang harusnya tampak bagus pun menjadi terlihat berantakan akibat ada bagian yang menempel di wajan penggorengan dan Anda tarik paksa. Begitu pula dengan rasanya yang menjadi agak pahit karena sebagian ada yang gosong.

Penderitaan Anda terus berlanjut tatkala harus mencuci wajan penggorengan yang lengket tadi. Sisa-sisa kotoran bekas masakannya sulit dihilangkan dan menempel sangat kuat di permukaan wajan. Anda tidak bisa membersihkan wajan tersebut hanya dengan menggunakan spons dan sabun cuci piring. Anda perlu merendamnya di air terlebih dahulu supaya kotorannya menjadi lunak. Barulah kemudian Anda bisa membersihkan wajan tersebut dengan tuntas.

wajan-penggorengan-tidak-lengket.jpg

Berikut ini tips-tips yang bisa diikuti supaya Anda terbebas dari masalah wajan dan penggorengan yang lengket.

  1. Biasakan untuk membeli wajan dan penggorengan yang dilapisi bahan anti lengket. Wajan penggorengan yang dilapisi bahan anti lengket akan memudahkan Anda mengolah suatu masakan. Belilah produk yang asli dan bukan tiruan.
  2. Wajan dan penggorengan yang baru dibeli sebaiknya jangan langsung digunakan untuk menggoreng bahan makanan. Ada baiknya Anda menggunakannya untuk merebus air terlebih dahulu untuk menguatkan lapisan anti lengketnya.
  3. Gunakan peralatan memasak yang terbuat dari kayu untuk menjaga kondisi wajan dan penggorengan yang Anda miliki. Pemakaian alat-alat memasak dari stainless steel bisa menggores wajan dan menghilangkan lapisan anti lengketnya.
  4. Anda bisa menggunakan garam untuk mencegah wajan, penggorengan, atau panci dari stainless steel agar tidak lengket. Anda cukup menyangrai garam sampai panas lalu buang. Kemudian wajan tadi telah siap Anda pakai untuk menggoreng atau menumis.
  5. Agar saat menggoreng ikan tidak lengket di penggorengan, Anda bisa melumuri ikan dengan mentega yang sudah dicairkan terlebih dahulu dan mendiamkannya. Panaskan minyak secukupnya, lalu gorenglah ikan sampai matang.
  6. Kunyit juga bisa diandalkan supaya penggorengan biasa Anda tidak lengket. Anda cukup menggosok-gosokkan kunyit ke seluruh permukaan dalam penggorengan tadi secara merata. Setelah itu, Anda dapat memakainya untuk keperluan menggoreng.
  7. Bahan lain yang bisa digunakan untuk membuat wajan tidak lengket adalah bawang merah. Anda bisa memakai wajan tersebut untuk menumis bawang merah terlebih dahulu. Berikutnya Anda bisa langsung menggunakannya untuk menggoreng.
  8. Kuasai teknik memasak yang benar, terutama dalam menggoreng bahan makanan. Anda hanya boleh membalikkan posisi bahan makanan yang sedang digoreng ketika kondisinya sudah matang dan cukup kering. Hal ini juga dapat mencegah masakan lengket di penggorengan.