8 Tips Memilih Lampu Emergency yang Baik dan Berkualitas Tinggi

Lampu emergency merupakan lampu khusus yang bisa dipakai saat kondisi darurat. Lampu ini memang sejatinya diperuntukkan dalam keadaan yang emergency. Misalnya ketika terjadi mati lampu, Anda bisa menyalakan lampu emergency untuk membuat suasana ruangan tetap nampak terang-benderang. Kini semakin banyak pilihan lampu emergency yang tersedia seiring dengan meningkatnya permintaan dan kebutuhan masyarakat terhadap lampu yang bisa digunakan dalam kondisi darurat.

Sebagai pembeli, Anda harus bersikap bijaksana dalam memilih lampu emergency. Banyaknya ragam pilihan lampu emergency saat ini memang mempermudah kita untuk menemukan produk yang paling tepat dan sesuai kebutuhan. Namun di sisi lain, pilihan lampu emergency yang terlalu banyak juga akan memusingkan kita sendiri ketika memilihnya. Kira-kira bagaimana cara memilih lampu emergency agar kita bisa mendapatkan produk terbaik? Faktor-faktor apa saja yang mesti diperhatikan?

tips-memilih-lampu-emergency.jpg

Merek yang Tepercaya

Kalau Anda bingung mau membeli suatu produk, langsung saja belilah produk buatan merek ternama. Pamor merek ini tidak pernah bohong tentang kualitas produknya. Merek yang tepercaya sudah pasti memiliki produk yang berkualitas tinggi. Sehingga Anda tidak akan terkena tipu tentang janji manis mutu produk tersebut. Namun tentu saja Anda harus memastikan bahwa produk tersebut benar-benar asli. Sayangnya lampu emergency buatan merek ternama biasanya dibanderol cukup mahal.

Menggunakan Lampu LED

Sebaiknya belilah lampu emergency yang menggunakan lampu berjenis lampu LED. Mengapa? Karena lampu LED sudah terbukti mempunyai kualitas yang jauh lebih baik daripada lampu-lampu yang lainnya. Lampu ini mampu memanfaatkan energi listrik yang diterimanya dengan maksimal, lalu diubah menjadi energi cahaya yang terang. Sehingga lampu emergency Anda tidak boros listrik dan bisa bertahan dalam waktu yang lebih lama. Sesuai besar tenaga lampu LED-nya dengan kebutuhan.

Baterai Berkapasitas Besar

Usahakan Anda membeli lampu emergency yang dilengkapi baterai dengan kapasitas yang cukup besar. Bahkan semakin besar kapasitas energi listrik yang mampu disimpan oleh baterai tersebut, maka akan semakin baik. Kapasitas baterai yang besar memungkinkannya dapat menyalakan lampu emergency dalam waktu yang lebih lama. Sehingga Anda bisa menyalakan lampu tersebut sepanjang malam. Anda dapat mengetahui kapasitas baterai lampu emergency dengan membaca informasi spesifikasinya.

Memakai Baterai Lithium

Terdapat dua jenis baterai yang biasa digunakan untuk lampu emergency. Di antaranya yaitu baterai litihium dan baterai lead acid. Di antara kedua jenis baterai ini, kami lebih merekomendasikan Anda memilih lampu emergency yang menggunakan baterai lithium. Hal ini tidak terlepas dari kualitas baterai lithium yang lebih awet daripada baterai lead acid, dan juga lebih awet. Baterai lithium ini juga biasa dipakai pada smartphone karena memang telah terbukti tahan lama dan tak cepat rusak.

Memiliki Indikator Baterai

Sebaiknya Anda membeli lampu emergency yang dilengkapi dengan indikator khusus untuk baterai. Indikator ini dapat memberitahukan Anda seberapa besar tenaga listrik yang masih tersisa di dalam baterai lampu emergency. Selain itu, lampu ini juga bisa menjadi pertanda kalau kapasitas baterai sudah terisi penuh ketika Anda sedang mengecas lampu tersebut. Semakin lengkapi indikator lampu yang ada, maka akan semakin bagus. Sehingga Anda dapat menjaga kesehatan baterai dengan baik.

Pilihan Tenaga Surya

Beberapa produk lampu emergency juga hadir dengan panel surya yang menyertainya. Adanya panel surya ini memungkinkan lampu tersebut bisa dicas menggunakan sinar matahari. Anda cukup menjemur lampu emergency ini di tempat terbuka agar terpapar pancaran cahaya mentari secara langsung. Maka secara otomatis, baterai di dalam lampu ini akan terisi kembali dengan daya listrik. Jadi ketika terjadi kasus mati lampu yang memakan waktu berhari-hari, Anda masih tetap bisa mengecasnya.

Dilengkapi dengan Dimmer

Lampu emergency yang baik adalah lampu yang dilengkapi dengan dimmer. Dimmer merupakan alat khusus yang berfungsi untuk mengatur tingkat kecerahan cahaya yang dikeluarkan oleh lampu. Dengan adanya dimmer pada lampu emergency, maka Anda bisa mengatur terang redupnya cahaya dari lampu ini. Fitur ini tentunya sangat bermanfaat bagi kita sebagai pengguna. Selain kita bisa menyesuikan sinar lampu tersebut, baterai pun lebih awet karena lampu emergency ini tidak boros listrik.

Desain yang Menarik

Jangan lupakan soal desain ya. Sebab desain sangat mempengaruhi daya tarik lampu emergency milik Anda. Desain lampu emergency yang menarik membuat Anda akan merasa senang dan bangga telah membelinya. Anda pun tidak segan-segan menggunakan lampu tersebut serta merawatnya dengan sepenuh hati. Soal desain ini, tentunya Anda dapat memilihnya sesuai selera pribadi. Apakah itu desain yang bergaya tradisional, etnik, modern, industrial, minimalis, dan lain-lain. Anda bisa membeli produk lampu emergency dengan desain yang menarik di www.alatperabotan.com.