9 Penyebab Utama Mengapa Lemari Es Tidak Dingin

Lemari es biasa disebut pula sebagai kulkas. Ini adalah alat elektronik yang berfungsi untuk mendinginkan bahan-bahan makanan dan minuman yang disimpan di dalamnya. Pada suhu yang relatif dingin, tidak banyak kuman dan bakteri yang bisa bertahan hidup, tumbuh, atau berkembang biak. Sehingga makanan dan minuman tersebut akan mempunyai masa pakai yang lebih lama karena kondisinya tidak terkontaminasi.

Lemari es sanggup mendinginkan suhu barang-barang yang ada di dalamnya secara maksimal. Tapi seiring dengan berjalannya waktu, kemampuannya tersebut bakal mengalami penurunan. Lemari es pun menjadi tidak dingin seperti sedia kala lagi. Anda harus waspada terhadap kondisi ini. Sebab tidak dinginnya lemari es bisa menjadi salah satu pertanda kalau kondisinya sudah mengalami kerusakan, terutama di bagian mesin.

lemari-es-tidak-dingin.jpg

Berikut ini faktor-faktor yang menyebabkan lemari es menjadi tidak dingin, antara lain :

Penyebab 1. Evaporator Bocor

Ada banyak orang yang mengeluhkan kalau lemari es miliknya tiba-tiba menjadi tidak dingin. Setelah dicek, ternyata bagian evaporatornya mengalami kebocoran. Ada kerusakan yang menimpa evaporator sehingga tidak dapat berfungsi dengan normal. Biasanya bocornya evaporator ini disebabkan karena tertusuk oleh benda tajam. Misalnya jika Anda mencungkil lapisan es menggunakan pisau. Kebocoran pada evaporator mengakibatkan gas freon keluar semuanya.

Penyebab 2. Termostat Putus

Tanpa disangka-sangka termostat yang melengkapi lemari es pun bisa menjadi putus. Hal ini menyebabkan lemari es tersebut tidak dingin lagi. Perlu Anda ketahui, termostat pada lemari es berfungsi untuk mengatur suhu di dalamnya. Kerusakan yang terjadi pada komponen ini akan mengakibatkan kompresor tidak bisa mendapatkan suplai energi listrik. Maka secara praktis, lemari es pun tidak dapat berfungsi normal dan tidak dingin lagi.

Penyebab 3. Overload Rusak

Lemari es juga dilengkapi dengan suatu alat yang bernama overload. Ini merupakan alat yang posisinya menempel dengan kompresor. Gunanya kurang lebih sama seperti relay, yaitu memutus dan menyambungkan aliran listrik yang menuju ke kompresor. Kerusakan pada overload umumnya yaitu suhunya yang terlampau tinggi sehingga menyebabkan koneksi listrik ke kompresor sering terputus. Karena kompresor tidak menerima listrik, suhu lemari es pun tidak dingin.

Penyebab 4. Saluran Freon Tersumbat

Anda juga harus waspada terhadap kondisi saluran freon. Sebab ada kemungkinan jika saluran ini bisa menjadi tersumbat. Penyumbatan ini tentu saja mengakibatkan freon tidak mampu bekerja secara normal sehingga lemari es pun menjadi tidak dingin. Perlu Anda ketahui, hampir semua perangkat elektronik yang menggunakan freon bisa mengalami masalah seperti ini. Tanda kalau saluran freon tersumbat yaitu suhu kondensator sama sekali tidak panas meski lemari es sudah dinyalakan cukup lama.

Penyebab 5. Fuse Terputus

Ada banyak kemungkinan yang mendasari kenapa lemari es bisa tidak dingin. Salah satunya yaitu kondisi fuse yang sudah rusak. Sebagai informasi, fuse ini terletak di bagian atas lemari es. Fungsinya adalah mencairkan bunga es yang biasanya terbentuk di freezer. Kerusakan pada fuse mengakibatkan kinerjanya tidak sesuai semestinya. Fuse tersebut mencairkan bunga es terlalu banyak yang justru menyebabkan kulkas menjadi tidak dingin kembali.

Penyebab 6. Fan Rusak

Lemari es 2 pintu selalu dilengkapi dengan fan khusus yang berfungsi untuk menyebarkan hawa dingin ke seluruh bagian interiornya. Kerusakan pada kipas angin ini akan membuat lemari es menjadi tidak dingin secara merata. Ada bagian interior yang dingin, tetapi ada pula yang tidak terlalu dingin. Penyebabnya yaitu hawa dingin yang ada di evaporator tidak bisa menyebar ke seluruh bagian kulkas akibat bagian fan-nya rusak.

Penyebab 7. Timer Rusak

Produk lemari es dengan model 2 pintu juga selalu dilengkapi dengan pengatur waktu otomatis (timer). Namun fitur ini tidak tersedia untuk produk kulkas 1 pintu. Kerusakan pada timer ini dapat mengakibatkan lemari es milik Anda menjadi tidak dingin lagi. Jadi Anda harus benar-benar memperhatikan kondisi timer tersebut. Walaupun kelihatannya sepele, tetapi jika komponen ini rusak, maka dampaknya bisa sangat besar.

Penyebab 8. Kompresor Lemah

Kompresor merupakan salah satu komponen elektronik yang sangat penting bagi lemari es. Komponen ini ibaratnya nyawa dari lemari es yang menjadi sumber hawa dingin. Seiring dengan berjalannya waktu pemakaian, kondisi kompresor akan semakin melemah. Dampak dari melemahnya kompresor yaitu kinerjanya menjadi tidak maksimal sehingga performanya dalam mendinginkan suhu udara di dalam lemari es pun menjadi tidak optimal. Kompresor yang sudah lemah ini sebaiknya lekas diganti dengan yang baru.

Penyebab 9. Pintu Tidak Tertutup Rapat

Bahkan perkara yang sangat sepele pun dapat menyebabkan lemari es menjadi tidak dingin. Contohnya yaitu pintu lemari es yang tidak tertutup rapat. Mungkin saja seseorang di rumah Anda tidak terlalu teliti dalam menutup lemari es tersebut atau memang lapisan magnetik yang berfungsi sebagai pengunci pintu lemari es sudah melemah. Kondisi pintu yang sedikit terbuka membuat sebagian hawa dingin keluar melalui celah-celah yang ada. Selain membuat kulkas tidak dingin, tagihan listrik bulanan Anda pun dapat membengkak karena mesin lemari es yang bekerja terus-menerus.