Agar AC Cepat Dingin, Ikuti Cara Ini!

Indonesia adalah negara yang beriklim tropis karena posisinya secara geografis terletak di garis khatulistiwa. Hal ini membuat Indonesia mempunyai dua musim yaitu musim penghujan serta musim kemarau. Di musim penghujan, kita akan melihat air hujan turun dari langit hampir setiap hari. Sedangkan di musim kemarau, air hujan tidak pernah turun. Sebagai gantinya ialah kondisi cuaca menjadi begitu panas karena matahari bersinar sangat terik.

Anda tentunya akan merasa tidak nyaman kalau dipaksa tinggal di ruangan yang panas. Gerah tentu akan menjadi perasaan yang pertama kali Anda rasakan saat berada di ruangan tersebut. Untungnya kita tinggal di zaman yang modern. Saat ini sudah tersedia perangkat elektronik yang berfungsi untuk mengatur temperatur udara di dalam ruangan. Namanya adalah AC (Air Conditoner). Ada trik-trik khusus untuk membuat ruangan yang ber-AC cepat dingin.

agar-ac-cepat-dingin.jpg

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat AC cepat dingin!

Perhatikan Spesifikasi AC Milik Anda

Perlu diketahui, AC mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda. Anda harus memilih produk dengan spesifikasi yang sesuai ruangan yang bakal ditempatinya. Perlu kesadaran betul dari Anda akan spesifikasi AC ini. Tingkat kemampuan AC dinyatakan dalam simbol PK (Paard Kracht). Semakin tinggi PK yang dimilikinya, maka besar pula kemampuan AC tersebut. AC dengan PK kecil cocok untuk ruangan yang sempit. Sedangkan ruangan yang luas membutuhkan AC yang mempunyai PK besar.

Pastikan Kemampuan AC Memadai

Anda juga bisa memperhatikan BTU (British Thermal Unit) yang dimiliki oleh AC agar perangkat yang dipilih benar-benar sesuai dengan kebutuhan ruangan. Rata-rata ukuran ruangan pada rumah-rumah di Indonesia kurang dari 4 x 4 m. Ruangan seperti ini biasanya membutuhkan BTU kurang lebih 6.000. Kami sarankan pakailah AC yang mempunyai kemampuan 1 PK untuk membuatnya cepat dingin. Sedangkan bila ruangan Anda berukuran kurang dari 4 x 3 m, pilihlah AC dengan 1/2 PK sekaligus untuk menghemat daya listrik.

Buat Ruangan Menjadi Sejuk Dahulu

Ada baiknya Anda tidak hanya mengandalkan AC untuk membuat ruangan menjadi dingin. Gunakan juga kipas angin untuk mendukung tugas AC tersebut. Nyalakan kipas angin terlebih dahulu selama beberapa saat. Kemudian setelah kondisi ruangan menjadi sejuk, Anda bisa menyalakan AC dan mematikan kipas angin. Dengan begini, maka tugas AC menjadi semakin ringan. Suhu udara di dalam ruangan pun menjadi lebih cepat dingin.

Tutup Semua Ventilasi Udara di Ruangan

AC bekerja dengan menyerap suhu udara yang panas lalu mengeluarkannya melalui saluran khusus. Anda bisa membantu tugas AC tersebut dengan meminimalisir potensi suhu udara yang panas memasuki ruangan. Bagaimana caranya? Tutuplah semua ventilasi udara di dalam ruangan tersebut. Ruangan yang ber-AC tidak boleh mempunyai jendela yang senantiasa dibiarkan terbuka. Jangan biarkan udara dari luar yang panas kembali menaikkan suhu di ruangan yang sudah didinginkan oleh AC.

Jangan Mengatur Suhu Terlalu Rendah

Sangat tidak disarankan untuk langsung menyetel suhu AC di angka yang rendah. Hal ini karena AC memerlukan kinerja yang maksimal untuk menciptakan suhu rendah tersebut. Awalnya AC mungkin mampu melakukannya dengan cepat. Namun seiring berjalannya waktu, kemampuan AC berkurang. Sebaiknya aturlah suhu yang harus dicapai secara bertahap. Batas maksimal yang kami sarankan yaitu 23 derajat celsius. Seharusnya Anda sudah merasa cukup dingin di kisaran angka ini. Hindari mengatur suhu sampai 18 derajat celsius dengan fan speed yang maksimal.

Pilih AC dengan Teknologi Jet Stream

Teknologi pada AC terus mengalami perkembangan. Para produsen AC ini sadar betul kalau pengguna menginginkan produk yang mampu mendinginkan ruangan dalam waktu yang cepat. Oleh sebab itu, dibuatlah teknologi AC yang mampu membuat ruangan cepat dingin bernama teknologi jet stream. Pastikan Anda membeli produk AC dengan fitur unggulan ini. Jangan lupa untuk memilih AC buatan merek ternama sehingga kualitasnya jelas dan ada garansinya.