Agar Casing Silicon Jelly Bening Tidak Menguning

Rata-rata orang saat ini tidak bisa hidup tanpa handphone di genggaman tangannya. Bahkan HP kini sudah berhasil menduduki salah satu kebutuhan pokok manusia modern. Tanpa HP, kehidupan manusia akan terganggu. Oleh karena itu, kita selalu membawanya saat pergi ke mana pun. Tanpa pernah ada lelahnya, jari-jemari tangan kita asyik memainkan HP tersebut. Pantas saja kalau warnanya cepat memudar.

Untuk menambah kenyamanan saat menggunakan HP, beberapa pengguna memasang casing tambahan di gadget miliknya. Beruntung saat ini ada begitu banyak pilihan casing tambahan yang tersedia di pasaran. Tak hanya berfungsi sebagai pelindung saja, casing tersebut berguna juga untuk meningkatkan daya tarik handphone. HP Anda akan terlihat lebih unik dan menarik dengan adanya casing tambahan yang terpasang.

Contoh casing tambahan untuk smartphone yaitu silicon jelly. Casing ini terbuat dari silikon sehingga teksturnya pun cukup kenyal menyerupai jeli. Dengan sifatnya tersebut, casing silicon jelly ini membuat ponsel Anda terasa lebih nyaman ketika digenggam karena lebih empuk. Kini pasti Anda lebih betah dalam mengoperasikan HP. Namun sayangnya, warna casing silicon jelly ini bisa menguning apabila Anda tidak merawatnya dengan baik. Ponsel Anda pun tampak jorok dengan casing berwarna kekuning-kuningan yang membungkusnya.

mengatasi-casing-hp-bening-menguning.jpg

PENYEBAB

Masalah warna casing silicon jelly bening yang berubah menjadi kuning disebabkan oleh pori-pori bahan silicon yang memang cukup besar. Bahkan jika dibandingkan dengan hardcase atau casing asli handphone tersebut, ukuran pori-pori pelindung casing ini jauh lebih besar. Semakin lama, ukurannya pun akan bertambah semakin besar. Maka tak heran partikel-partikel kotoran yang berukuran sangat kecil bisa memasuki pori-porinya. Sehingga warna casing yang tadinya bening pun berubah menjadi kekuning-kuningan.

SOLUSI

Pada dasarnya, warna silicon jelly yang sudah terlanjur menguning sulit dibersihkan seperti baru lagi. Namun jika memang casing tersebut sungguh berarti, tidak ada salahnya Anda mencoba mengatasinya. Anda bisa mencoba solusi dari kami di bawah ini.

Alat dan Bahan :

  • Mangkuk
  • Sikat gigi
  • Kapas
  • Baking soda
  • Air hangat
  • Alkohol

Langkah-langkah :

  1. Lepaskan casing silicon jelly dari handphone Anda. Hati-hati saat melepaskannya agar tidak merusak atau merobek casing tersebut.
  2. Tuangkan air hangat ke dalam mangkuk. Lalu tambahkan baking soda sebanyak 1 sendok makan. Silakan aduk agar tercampur rata.
  3. Masukkan casing silicon jelly ke dalam mangkuk yang telah berisi air baking soda. Rendamlah selama 2-3 jam. Pastikan semua bagian casing terendam air.
  4. Gosoklah seluruh bagian casing silicon jelly menggunakan sikat gigi secara berkala. Anda bisa menyikatinya setiap 30 menit supaya bersih sempurna.
  5. Setelah 3 jam berlalu, Anda bisa mengangkat casing tersebut dari air baking soda. Periksa hasilnya. Tampak casing sudah terlihat lebih bening daripada sebelumnya.
  6. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda perlu membersihkan casing memakai cairan alkohol. Teteskan alkohol pada selembar kertas.
  7. Gunakan kapas yang telah ditetesi alkohol untuk membersihkan casing. Usaplah semua bagian casing memakai kapas secara merata.
  8. Biarkan cairan alkohol yang menempel di permukaan casing mengering dengan sendirinya. Anda bisa mengangin-anginkannya sejenak.
  9. Kini casing pun tampak jauh lebih bersih. Lakukan upaya pembersihan ini beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang bagus dan warna casing pun menjadi bening lagi.

Selamat mencoba ya!