Agar Mesin Cuci Tidak Bergeser, Lakukan Cara Ini

Siapa nih yang sudah mempunyai mesin cuci di rumahnya? Keberadaan mesin yang satu ini memang terbukti sangat membantu dalam meringankan pekerjaan rumah tangga kita. Anda jadi tak perlu lagi mencuci pakaian kotor secara manual. Memang pekerjaan mencuci pakaian kotor termasuk pekerjaan rumah tangga yang paling berat. Anda pun berisiko mengalami kerusakan kulit akibat sifat deterjen yang keras jika harus mencuci dengan tangan.

Untungnya Anda bisa memanfaatkan mesin cuci. Hanya dengan memasukkan pakaian kotor ke dalamnya, maka pekerjaan pun beres. Perlu diketahui, mesin cuci membutuhkan daya listrik yang besar pada saat bekerja. Maklum saja karena tugas yang harus dikerjakannya pun berat. Mesin cuci biasanya akan terus bergetar selama proses pencucian berlangsung. Jika tak diatasi dengan baik, getaran tersebut akan mengakibatkan mesin cuci bergeser ke tempat lain.

mesin-cuci-tidak-bergeserl.jpg.jpg

Agar mesin cuci Anda tidak bergeser ketika sedang bekerja, silakan Anda ikuti kiat-kiat berikut ini.

Kiat 1. Letakkan Unit di Tempat yang Rata

Mesin cuci wajib diletakkan di lantai yang permukaannya yang benar-benar rata. Lantai ini tak boleh miring sedikit pun sebab lantai yang miring akan menyebabkan mesin cuci bergeser ke tempat yang lebih rendah saat bergetar. Getaran yang keras saat unit tengah mencuci pakaian kotor membuatnya bergeser sedikit demi sedikit. Anda bisa menggunakan waterpass untuk memastikan tempat peletakan mesin cuci memiliki permukaan rata.

Kiat 2. Atur Pakaian Kotor di Tabung

Biasanya pengguna awam akan memasukkan pakaian kotor begitu saja ke dalam tabung mesin cuci. Dia tidak mengatur susunan pakaian tersebut atau pun memadatkannya. Akibatnya mesin cuci pun bergetar kencang sekali. Sebenarnya ada trik sederhana untuk membuat unit mesin cuci tidak bergetar keras ketika bekerja. Caranya yaitu Anda perlu mengatur susunan pakaian kotor di dalam tabung agar seimbang antara kanan dan kiri. Anda pun perlu memadatkannya.

Kiat 3. Isilah dengan Air Sesuai Anjuran

Salah dalam mengisi air juga bisa menyebabkan timbulnya getaran yang keras pada mesin cuci yang Anda miliki. Anda harus memperhatikan volume air yang diisikan ke dalam tabung setiap kali hendak menggunakan mesin cuci. Pastikan volume air yang digunakan sudah sesuai aturan. Jika air yang dimasukkan ke dalam tabung ini terlalu banyak atau terlalu sedikit, mesin cuci pun akan bergetar lebih keras dari biasanya. Silakan Anda baca kembali buku manual produk.

Kiat 4. Ganti Komponen yang Bermasalah

Penyebab utama mesin cuci Anda bergeser ke tempat lain adalah getaran yang ditimbulkannya terlalu kencang. Getaran ini membuat unit tersebut bergeser sedikit demi sedikit. Bukan tidak mungkin getaran keras ini disebabkan oleh adanya kerusakan pada salah satu komponen. Anda bisa mengecek kondisi mesin ini dengan menyalakannya tanpa cucian, cukup proses spin saja. Jika tabung terlihat oleng, Anda bisa mengganti as tabung. Namun jika tabung tidak oleh tetapi mesin masih bergetar, solusinya gantilah bagian shock peredamnya.

Kiat 5. Jauhkan Mesin Cuci dari Dinding

Pekerjaan yang berat membuat mesin cuci akan bergetar keras selama mencuci pakaian. Ada kalanya saat bergetar, mesin pun menabrak dinding sehingga mengakibatkannya berpindah tempat melawan arah gaya, sebagaimana hukum aksi reaksi. Anda harus mengantisipasi kemungkinan buruk ini dengan meletakkan unit alat elektronik ini di tempat yang agak jauh dari dinding. Pastikan Anda tidak menempatkannya secara mepet dengan dinding ruangan.