Bahan-bahan Alami Pembersih Kloset Kamar Mandi

Apakah bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk membersihkan kloset? Kita harus senantiasa menjaga kebersihan rumah tinggal untuk menjamin kesehatan diri sendiri dan keluarga. Salah satu yang tidak boleh kelewatan ialah membersihkan kamar mandi. Sebagai ruangan yang dipakai untuk membersihkan tubuh, kamar mandi tidak ubahnya seperti tempat sampah. Berbagai kotoran dibuang di ruangan yang satu ini. Didukung oleh kondisinya yang selalu basah membuat kamar mandi menjadi sarang kuman dan bakteri.

Kamar mandi selalu dilengkapi dengan kloset sebagai tempat bagi kita untuk membuang hajat. Beberapa orang lebih suka dengan kloset duduk, tetapi pemilik rumah lainnya masih bertahan dengan kloset jongkok. Yang pasti kloset harus dijaga kebersihannya agar kita merasa nyaman saat menggunakan. Paling tidak kloset wajib disikat setiap hari untuk menghilangkan kotoran dan bakteri yang terdapat di permukaannya. Jika Anda malas menjaga kebersihan kloset, cepat atau lambat kloset tersebut akan dipenuhi noda membandel yang sulit dihilangkan.

bahan-alami-pembersih-toilet.jpg

Yap, noda yang ada di permukaan kloset termasuk salah satu noda yang paling susah dibersihkan. Anda tidak akan bisa menghapus noda tersebut walaupun sudah menggosoknya memakai sikat selama beberapa kali. Tidak disarankan memakai sabun, deterjen, atau pembersih kloset yang terbuat dari bahan kimia karena dapat mematikan bakteri-bakteri yang bersarang di septic tank. Jika populasi bakteri pengurai limbah ini semakin sedikit, maka akibatnya septic tank Anda cepat penuh.

Sebagai langkah yang bijaksana, Anda bisa memakai bahan-bahan alami yang dapat dipakai untuk membersihkan kloset. Di antaranya yaitu :

Asam Sitrat

Sitrun atau asam sitrat merupakan bahan makanan tambahan yang bisa dimanfaatkan untuk membuat manisan. Tetapi ibu rumah tangga di Indonesia sudah biasa memakainya untuk mencuci pakaian. Pakaian yang direndam menggunakan sitrun akan lebih bersih dan warnanya pun lebih cerah. Ternyata bahan ini juga dapat diandalkan untuk menghilangkan noda di kloset loh. Anda cukup menaburkan satu sendok makan sitrun di atas kloset, lalu menunggunya. Setelah 3-5 jam berlalu, noda membandel tadi pun bisa disikat dengan mudah.

Cuka Dapur

Anda yang suka dengan makanan yang memiliki cita rasa asam pasti sudah akrab sekali dengan cuka. Di dunia kuliner khas Indonesia, cuka paling sering digunakan untuk membuat acar. Acar yang ditambahi cuka akan terasa lebih segar dan warnanya pun mengundang selera makan. Tanpa Anda sadari, cuka juga mempunyai fungsi lain sebagai bahan pembersih. Anda bisa memakai cuka untuk membersihkan kloset yang kotor dengan meneteskan cuka secukupnya. Lalu gosok permukaan kloset menggunakan sikat.

Baking Soda

Bahan alami selanjutnya yang bisa diaplikasikan untuk membersihkan kloset adalah baking soda. Anda yang suka membikin kue sendiri pasti memiliki persediaan baking soda yang cukup banyak kan di dapur? Nah, Anda dapat memanfaatkannya untuk menghilangkan noda membandel di permukaan kloset. Caranya Anda bisa menaburkan baking soda secukupnya di kloset yang basah, lalu menyikat seluruh permukaan kloset tersebut. Kurang lebih tak ubahnya seperti memakai produk pembersih kimia.

Minuman Bersoda

Minuman yang mengandung soda memang paling cocok dinikmati pada waktu siang hari seperti sekarang. Apalagi jika minuman tersebut dalam kondisi yang dingin. Rasanya pasti sangat menyegarkan. Ternyata di balik kenikmatan rasa minuman bersoda, minuman ini juga bisa diandalkan untuk membersihkan permukaan kloset yang dipenuhi noda membandel. Anda cukup menuangkan minuman bersoda ke seluruh bagian kloset dan mendiamkannya. Dalam waktu 8-10 jam kemudian, kloset tersebut pasti sudah bersih.