Baking Soda Ternyata Ampuh Membersihkan Mesin Cuci

Sebuah fakta yang mengejutkan karena ternyata lebih dari seperempat bagian dari mesin cuci menjadi sarang bakteri. Bakteri ini berasal dari pakaian-pakaian kotor yang Anda masukkan ke dalam mesin cuci untuk dicuci dan dikeringkan. Pada awalnya, bakteri yang masuk memang tak mampu bertahan dalam menghadapi air deterjen. Tapi lama-kelamaan, para bakteri ini terus beradaptasi sehingga sanggup bertahan hidup di lingkungan yang ekstrem.

Oleh karena itu, meskipun mesin cuci bertugas sebagai pembersih pakaian, namun di sisi lain alat elektronik ini pun harus dibersihkan. Anda tidak boleh membiarkannya berubah menjadi sarang bakteri. Bagaimana pun kondisi pakaian Anda sekeluarga yang menjadi taruhannya. Jika mesin cuci kotor, pakaian yang kelihatannya bersih pun sebenarnya penuh dengan kuman dan bakteri. Mau tak mau Anda harus membersihkan perangkat mesin cuci secara berkala.

cara-membersihkan-mesin-cuci.jpg

Untungnya kegiatan membersihkan mesin cuci bukanlah suatu pekerjaan yang merepotkan. Malahan boleh dibilang kalau pekerjaan ini sangat mudah dikerjakan. Anda bisa menggunakan bahan pembersih selain deterjen agar bakteri yang bersarang di dalam mesin cuci belum kebal. Sehingga bakteri-bakteri ini bisa dilenyapkan oleh bahan pembersih tersebut. Salah satunya Anda bisa menggunakan baking soda yang biasa dipakai untuk pembuatan kue.

Silakan Anda bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut!

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 1 mangkuk baking soda
  • 4 mangkuk cuka putih

Langkah-langkah pengerjaan :

  1. Bukalah bagian penutup mesin cuci. Pastikan tabung di dalamnya dalam keadaan yang kosong. Selama proses pembersihan berlangsung, Anda tidak boleh memasukkan pakaian atau bahkan kaus kaki ke dalam tabung mesin cuci.
  2. Masukkan baking soda dan cuka putih melalui wadah khusus deterjen, bukan wadah untuk cairan pelembut pakaian. Adapun ukuran mangkuk yang kami gunakan setara dengan 240 ml atau kira-kira 8 oz. Kemudian tutuplah mesin cuci.
  3. Untuk menghilangkan bakteri yang bersarang di dalam alat elektronik ini, Anda bisa memakai mode mencuci dengan air panas. Nyalakan pula mode mencuci dengan putaran yang paling lama pada pilihan produk mesin cuci Anda.
  4. Tunggulah beberapa saat supaya mesin cuci benar-benar bersih. Biarkan mesin ini terus menyala serta melakukan satu putaran mencuci tanpa pakaian di dalamnya. Campuran baking soda dan cuka putih pun akan membersihkannya.
  5. Setelah proses satu putaran mencuci ini telah selesai, Anda bisa menunggu beberapa saat untuk menguras semua air di dalamnya. Kemudian bukalah bagian penutup mesin cuci Anda. Lihat kini kondisi mesin tersebut sudah benar-benar bersih dan higienis.

Selamat mencobanya!