Begini Cara Memotong Busa Kasur yang Benar!

Berbaring di atas kasur memang terasa nyaman sekali. Strukturnya yang empuk membuat kita dapat merasakan sensasi kenyamanan yang sesungguhnya. Jika dulu kasur biasanya terbuat dari bahan kapas, berbeda dengan masa kini, di mana kasur sudah menggunakan busa sebagai bahan bakunya. Bisa Anda bayangkan sendiri bagaimana bahan busa yang sangat empuk, elastis, dan lembut ini diubah menjadi kasur? Sudah pasti kasur tersebut memiliki tekstur yang jauh lebih empuk daripada kasur kapas.

Kasur busa yang dijual di pasaran tersedia dalam berbagai ukuran, dari mulai yang terbesar sampai yang paling kecil. Sebenarnya sudah ada aturan baku mengenai ukuran kasur busa ini. Kurang lebih ketentuan tersebut mirip seperti ukuran springbed. Bakal menjadi sebuah dilema bagi Anda yang memiliki tempat tidur yang ukurannya tidak sesuai peraturan yang baku. Kalau mau memakai kasur yang lebih kecil, pasti bakal ada ruang yang kosong. Sedangkan bila memakai kasur yang besar, ada bagian yang tak ditopang.

cara-memotong-kasur-busa.jpg

Solusi yang paling masuk akal yaitu Anda bisa membeli kasur busa yang ukurannya lebih besar daripada penampang tempat tidur. Kemudian potonglah sebagian kasur tersebut agar benar-benar sesuai dengan ukuran tempat tidur. Hasilnya ialah ukuran kasur pun akan pas seperti ukuran ranjang tidur Anda. Tapi pertanyaannya apakah kasur busa bisa dipotong? Jawabannya bisa banget kok. Tidak seperti kasur kapas maupun springbed, Anda bisa memotong kasur busa dengan ukuran sesuka hati.

Alat dan Bahan :

  • Kasur busa
  • Pensil
  • Meteran
  • Alat potong

Berikut ini alat-alat yang dapat digunakan untuk memotong kasur busa, antara lain :

  • Cutter

Cutter merupakan alat yang paling banyak digunakan untuk memotong busa. Kelebihannya yaitu gampang digunakan, dapat diisi ulang, mudah ditemukan, tersedia ukuran besar dan kecil, tidak perlu diasah, harganya bervariasi, relatif aman, serta bisa digunakan untuk memotong busa dengan berbagai ketebalan.

  • Gunting

Jika ingin prosesnya cepat selesai, Anda bisa memotong busa memakai gunting. Penggunaan gunting tidak perlu memakai alas. Anda juga mendapatkannya di mana saja serta tersedia aneka variasi ukuran. Tapi sayangnya gunting tidak dapat digunakan untuk membentuk detail yang rumit serta sulit diasah.

  • Pen Cutter

Cara kerja dan fungsi pen cutter mirip seperti cutter biasa. Tetapi bagi kebanyakan orang alat ini lebih nyaman digunakan karena berbentuk pena. Selain itu, pen cutter juga memiliki mata pisau yang bervariasi, harganya cukup terjangaku, mata pisaunya bisa diisi ulang, dan Anda bisa memakainya untuk membuat detail yang rumit.

  • Pisau Dapur

Untuk keperlu mendadak, Anda juga bisa memanfaatkan pisau dapur sebagai alat pemotong kasur busa. Cuma memang Anda harus memastikan bagian mata pisau tersebut sangat tajam agar dapat menghasilkan potongan yang rapi. Tak jarang penggunaan pisau dapur yang kurang  membuat potongannya kasar dan berserabut.

  • Crafting Solder

Mirip seperti solder listrik, crafting solder ini memanfaatkan panas untuk memotong busa. Cuma memang crafting solder ini ditujukan secara khusus untuk keperlua membuat kerajinan. Anda juga bisa menggunakannya untuk memotong busa kok. Kelebiha utamanya yaitu crafting solder mempunyai variasi mata solder yang begitu banyak.

Langkah-langkah Memotong Kasur Busa :

  1. Letakkan kasur busa di tempat yang luas untuk mempermudah Anda dalam bekerja. Apabila memungkinkan, taruhlah kasur ini di atas permukaan yang licin.
  2. Lakukan pengukuran untuk menentukan garis potongan pada kasur busa tersebut. Anda dapat menggunakan meteran untuk menentukan ukuran yang dikehendaki. Jangan lupa tandai garis potongannya memakai pensil.
  3. Silakan gunakan salah satu dari alat-alat pemotong busa di atas. Selanjutnya lakukan proses pemotongan kasur busa secara hati-hati dengan memperhatikan garis potongannya. Usahakan Anda tidak berhenti memotong di tengah jalan agar hasilnya rapi.

Dalam memotong kasur busa supaya hasil potongannya rapi, terdapat beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan.

  • Gunakan alat potong yang benar-benar tajam. Pemakaian alat potong yang kurang tajam pasti akan menghasilkan potongan yang tidak rapi.
  • Proses pemotongan sebaiknya dilakukan di atas permukaan yang licin untuk memperkecil gaya gesekan yang timbul. Contohnya di atas lantai keramik atau kaca.
  • Anda harus berlatih memotong kasur busa secara terus-menerus. Niscaya seiring berjalannya waktu kemampuan Anda akan semakin tinggi dan hasilnya pun semakin rapi.
  • Tetap tenang selama Anda memotong kasur busa. Tidak usah merasa cemas, khawatir, atau deg-degan. Berkonsentrasilah secara penuh pada pekerjaan Anda saat ini.