Bersihkan Mesin Cuci 2 Tabung? Begini Caranya!

Mesin cuci adalah perangkat elektronik yang berfungsi untuk mencuci pakaian kotor. Anda tinggal memasukkan semua pakaian kotor ke dalamnya, maka mesin ini pun akan mencuci pakaian tersebut hingga kondisinya menjadi bersih kembali. Anda hanya perlu menjemurnya saja. Namun tahukah Anda kalau mesin cuci pun harus dicuci agar kondisinya tetap bersih? Kenyataannya memang demikian adanya.

Sebuah pernyataan yang ambigu memang karena mesin cuci yang notabene bertugas untuk membersihkan pakaian pun harus kita bersihkan secara rutin. Bukankah mesin cuci tersebut terkena air dan deterjen setiap hari? Mengapa kita harus tetap membersihkannya? Hal ini dikarenakan ada bagian dari mesin cuci yang tidak terjangkau oleh air deterjen. Bagian inilah yang berisiko menjadi sarang kuman dan bakteri jika kita membiarkannya.

membersihkan-mesin-cuci-2-tabung.jpg

Itu sebabnya, mesin cuci pun wajib dibersihkan oleh Anda meskipun tugasnya mencuci pakaian dan selalu berhubungan dengan air deterjen. Apalagi jika mesin cuci yang Anda miliki adalah mesin cuci 2 tabung yang biasanya lebih berisiko cepat kotor. Silakan Anda bisa mengikuti panduan di bawah ini untuk mempermudah dalam membersihkannya!

Langkah I. Bersihkan Permukaan Tabung

Jangan salah, permukaan tabung pun bisa dipenuhi oleh noda-noda membandel akibat warna pada pakaian yang luntur. Noda ini menumpuk sedikit demi sedikit hingga akhirnya semakin banyak dan menempel sangat kuat di permukaan tabung. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggunakan cairan pemutih pakaian. Nyalakan program pembersih sampai selesai. Setelah itu, masukkan beberapa lembar kain lap ke dalam tabung lalu nyalakan program pengering selama 15 menit. Dengan begini, noda membandel tadi pun akan hilang.

Langkah 2. Bersihkan Penyaring Serat

Bagian penyaring serat harus dibersihkan setidaknya sebulan sekali. Jangan biarkan kotoran menumpuk di bagian ini sebab dapat mengurangi performa mesin cuci secara signifikan. Anda bisa melepaskan penyaring serat terlebih dahulu, lalu bersihkan menggunakan sikat. Bilaslah sampai semua kotorannya larut dibawa air. Selanjutnya jemurlah penyaring ini di bawah sinar matahari secara langsung agar mengering. Jika masih ada kotoran yang menempel, Anda bisa menyedotnya memakai vacuum cleaner.

Langkah 3. Bersihkan Cover Luar

Bagian cover yang membungkus mesin cuci merupakan bagian dari alat elektronik yang paling gampang menjadi kotor mengingat posisinya yang berada di bagian luar. Anda harus sering membersihkannya agar kotoran tidak menumpuk di bagian ini serta menimbulkan kesan yang jorok. Mudah sekali membersihkan cover mesin cuci semudah membersihkan piring kotor. Anda hanya perlu mengelapnya menggunakan kain lap yang basah sampai kotorannya hilang. Jika ada noda membandel, bersihkan pakai sabun cuci piring.