Cara agar Setrika Lebih Cepat Licin

Untuk menunjang penampilan Anda sehari-hari dibutuhkan pakaian yang tidak hanya bersih, tetapi juga rapi. Anda bisa menyetrika pakaian tersebut setelah dijemur sampai kering. Tujuan utama menyetrika adalah merapikan pakaian serta membuat teksturnya menjadi licin. Tidak ada lipatan-lipatan di permukaan pakaian tersebut. Ha ini membuat kita yang memakainya tampak lebih rapi sehingga kepercayaan diri pun meningkat.

Menyetrika sebenarnya merupakan pekerjaan yang ringan karena kita cukup menggosokkan setrika tersebut beberapa kali ke pakaian hingga kondisinya menjadi rapi. Namun faktanya tak sedikit orang yang malas melakukannya sendiri. Alasannya karena pekerjaan menyetrika itu membutuhkan waktu yang cukup lama. Apalagi jika kondisi pakaian yang akan disetrika masih kumal, waktu yang dibutuhkan pun semakin lama.

cara-setrika-cepat-licin.jpg

Tapi tenang. Sekarang kami sudah menemukan trik-trik khusus supaya proses menyetrika untuk membuat pakaian menjadi licin bisa berlangsung lebih cepat. Berikut ini caranya!

Sesuaikan Suhu Setrika dengan Jenis Kain

Seperti kita tahu, ada banyak sekali jenis kain yang dijual di pasaran. Ada yang tebal, tipis, lembut, kasar, dan sebagainya. Setiap jenis kain tersebut memiliki karakteristik masing-masing. Yang harus dipahami adalah Anda harus menyesuaikan suhu setrika dengan karakteristik kain untuk membuatnya cepat licin. Kain yang tebal dan kasar membutuhkan setrika dengan suhu yang lebih panas.

Gunakan Bahan Pelicin Kain Khusus

Beruntung sekali karena kita hidup di zaman yang modern. Kini telah tersedia berbagai bahan kimia yang dapat digunakan untuk menunjang pekerjaan kita. Termasuk untuk mempercepat proses melicinkan kain yang akan disetrika, kini sudah ada bahan pelicin khusus. Biasanya bahan ini juga dipadukan dengan bahan pewangi dan pelembut. Silakan Anda bisa menggunakan bahan tersebut.

Cipratkan Air ke Area yang sulit Dirapikan

Karena setelah diangkat dari tempat penjemuran tidak segera dilipat dengan baik, akibatnya pakaian pun menjadi kusut. Beberapa bagian dari pakaian ini sudah terlipat tidak menentu. Karena saking kuat lipatannya, Anda tidak bisa membuatnya rapi lagi menggunakan setrika. Berkali-kali Anda mencoba menggosok permukaannya tapi tidak berhasil. Cobalah untuk mencipratkan sedikit air, lalu setrika kembali.

Landasi dengan Kain yang Tebal

Kini juga sudah tersedia meja khusus untuk keperluan menyetrika. Meja setrika ini memungkinkan Anda dapat melakukan tugas menyetrika pakaian dengan lebih mudah dan nyaman. Sebaiknya Anda tidak langsung menyetrika pakaian di meja tersebut jika ingin hasilnya cepat rapi. Tapi Anda perlu menutupinya menggunakan kain yang tebal terlebih dahulu sebagai alas setrika. Dengan begini, pakaian pun cepat licin.