Cara Ampuh Bersihkan Botol yang Kusam

Bagaimana caranya membersihkan botol yang kusam? Kami yakin Anda pasti mempunyai banyak botol di rumah. Entah itu botol untuk minum, botol bumbu dapur, botol penyimpanan makanan, dan lain-lain. Seiring dengan berjalannya waktu pemakaian, botol yang tadinya tampak bening berubah menjadi kusam karena ada banyak bercak-bercak/noda membandel yang sulit dihilangkan. Walaupun kondisi yang sebenarnya sudah bersih, tetapi botol yang kusam tersebut terlihat tidak menarik saat dipandang.

Oleh karena itu, wajib hukumnya bagi Anda untuk mengembalikan kilau botol yang kusam tadi seperti semula. Tidak peduli sesulit apapun itu caranya Anda harus berusaha membersihkan botol tersebut supaya tidak kusam lagi. Anda pun mencoba berbagai cara yang didapatkan dari internet. Mulai dari menggunakan cairan pembersih khusus, bahan yang aneh dan tidak masuk akal, sampai trik yang sangat merepotkan. Tetapi kami mempunyai sebuah trik yang jitu dan simpel untuk membersihkan botol yang kusam agar berkilau lagi seperti baru.

cara-membersihkan-botol-kusam.jpg

Mari kita mulai proses pembersihan botol yang kusam!

Alat dan Bahan :

  • Sikat botol
  • Asam sitrat/sitrun
  • Jeruk nipis
  • Air
  • Sabun cuci piring

Langkah-langkah :

  1. Kita mulai membersihkan botol menggunakan sabun cuci piring terlebih dahulu. Bersihkan seluruh permukaan botol tersebut, baik bagian dalam maupun bagian luarnya. Setelah itu bilas memakai air yang bersih.
  2. Masukkan asam sitrat/sitrun sebanyak 1 sendok makan ke dalam botol. Lalu tambahkan air hingga memenuhi 3/4 isi volumenya. Asam sitrat/sitrun ini berupa butiran-butiran kristal berwarna transparan, rasanya kecut, dan sering dipakai untuk membuat manisan buah.
  3. Biarkan botol tersebut selama 12 jam. Kalau memungkinkan, Anda bisa mengocok isi botol setiap 2 jam sekali agar cairan di dalamnya mengenai seluruh permukaan bagian dalam botol sehingga dapat membersihkannya.
  4. Setelah waktu tunggu selesai, Anda bisa membilas botol tersebut menggunakan air yang bersih. Kini rupa botol pun menjadi lebih bening dibandingkan dengan sebelumnya. Jika Anda kurang puas, Anda bisa merendam air sitrun sekali lagi.
  5. Biar botol memiliki aroma yang menyegarkan, Anda bisa mencucinya menggunakan air sari jeruk nipis. Setelah itu, bilaslah botol tersebut dengan air sampai benar-benar bersih. Botol pun telah siap untuk Anda gunakan lagi.

Selamat mencoba tips dari kami.