Cara Cepat Mengatasi Pintu Lemari yang Berdecit

Bagaimana ya cara mengatasi lemari yang berdecit? Walaupun sepele, kenyataannya masalah ini sangat mengganggu Anda. Anda benar-benar merasa tidak nyaman dengan suara decitan tersebut. Tapi apa boleh buat. Setiap kali Anda membuka lalu menutup kembali pintu lemari, Anda terpaksa harus mendengarkan bunyi yang tidak mengenakkan tadi. Sehingga Anda pun terus berusaha mencari solusi untuk mengatasinya.

Apa penyebab pintu lemari, khususnya lemari tua atau lemari yang sudah lama tak dibersihkan mengeluarkan suara decitan? Masalah ini timbul dari komponen-komponen engsel yang saling bergesekan satu sama lain manakala Anda membuka atau menutup pintu. Setiap kali Anda menggerakkan pintu lemari tersebut, komponen pada engsel akan bergesekan dengan keras. Dari sinilah awal mula penyebab pintu berdecit sangat keras.

cara-mengatasi-pintu-berdecit.jpg

Tenang saja. Anda bisa mengatasi pintu lemari yang berdecit dengan cepat tanpa memerlukan alat atau bahan yang rumit. Bahkan kami berani menjamin masalah Anda ini bakal langsung teratasi dalam kurun waktu kurang dari 1 menit! Karena pada dasarnya pintu yang berdecit merupakan masalah sepele yang bisa diatasi dengan mudah. Akan tetapi, bagi Anda yang belum mengetahui solusinya mungkin merasa agak bingung sebelumnya.

Alat dan Bahan :

  • Oli
  • Sikat gigi
  • Kuas
  • Mangkuk

Cara Mengatasi :

  1. Bersihkan permukaan engsel menggunakan sikat gigi bekas. Gosoklah seluruh bagian engsel tersebut secara merata. Pastikan kondisinya bersih tanpa debu dan kotoran. Jangan lupa bersihkan bagian sela-selanya juga.
  2. Siapkan oli atau pelumas. Di sini Anda bisa menggunakan oli apa saja. Boleh oli motor, oli mobil, atau oli mesin jahit. Usahakan kondisi oli tersebut masih baru sehingga daya lumasnya masih kuat.
  3. Tuangkan oli ke mangkuk secukupnya saja. Kemudian ambil oli tersebut menggunakan kuas. Setelah itu, Anda dapat mengoleskan oli ini ke permukaan engsel. Terapkan oli secara merata, baik sisi depan engsel maupun belakangnya.
  4. Coba Anda gerak-gerakkan pintu lemari yang sebelumnya berdecit. Seharusnya suara decitan dari lemari tersebut kini sudah menghilang. Kalau masih ada bunyi decitannya, Anda bisa mengoleskan lagi oli ke permukaan engsel.

Tahukah Anda, penyebab timbulnya suara decitan pada lemari adalah engsel yang berkarat. Karena mengalami proses oksidasi, engsel yang notabene terbuat dari material besi menjadi berkarat akibat terus-menerus terkena udara, air, dan uap air. Lapisan karat di permukaan engsel yang menjadi biang keroknya. Dengan mengaplikasikan oleh ke engsel tersebut, maka permukaan engsel menjadi terlumasi sehingga gesekan antara komponen-komponen engsel pun bakal berlangsung secara mulus, nyaris tanpa getaran.