Cara Memasukkan Kode Token Pulsa Listrik yang Benar

Bagaimana cara memasukkan kode token listrik? Para pelanggan PLN sekarang banyak yang menggunakan meteran listrik prabayar. Memang ini merupakan ketentuan anyar dari PLN untuk konsumen baru yang berlangganan listrik bertenaga 450 watt dan 900 watt. Tentu ada pro dan kontra mengenai aturan baru ini. Tapi penggunaan meteran listrik prabayar sejatinya ditujukan untuk mempermudah kita sebagai pengguna pula. Walaupun memang sih kita menemukan kesulitan di awalnya.

Salah satu kendala umum yang sering dialami oleh pengguna baru listrik prabayar adalah kesulitan saat memasukkan kode token listrik. Memang benar, meteran listrik prabayar ini sangat berbeda dengan meteran listrik pascabayar. Meteran listrik prabayar mempunyai tombol guna memasukkan token listrik. Namanya juga prabayar, maka kita harus membayar terlebih dahulu sebelum dapat menggunakannya.  Anda perlu memasukkan kode pulsa listrik yang sudah dibeli melalui tombol yang ada di meteran tersebut.

cara-mengisi-token-listrik.jpg

Kami yakin sebagai pengguna baru pasti Anda masih bingung dalam memasukkan kode pulsa listrik ini kan? Tenang saja sebab kami akan memandu Anda dengan benar. Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini!

  1. Anda tentu harus membeli pulsa listrik terlebih dahulu sesuai dengan nomor ID pelanggan yang Anda miliki. Silakan beli pulsa ini di konter terdekat atau melalui mesin ATM. Kalau tidak mau repot, beli saja secara online di tempat kami.
  2. Anda lantas akan menerima kode berisi 20 digit angkat. Masukkan 20 angkat tersebut ke meteran listrik melalui tombol yang tersedia. Setelah itu, tekan tombol enter untuk mengonfirmasinya.
  3. Jika ada kesalahan yang Anda lakukan sewaktu mengetikkan angka lewat tombol, Anda masih bisa menghapus angkat yang salah ini dengan menekan tombol backspace. Lalu tulis kembal kodenya dengan benar.
  4. Tunggu beberapa saat agar sistem di dalam meteran listrik bekerja. Tanda kalau Anda sudah berhasil mengisi ulang listrik adalah muncul tulisan accept di layar. Sedangkan bila muncul peringatan reject artinya proses pengisian tidak berhasil.
  5. Cek sekali lagi kenapa Anda bisa gagal mengisi ulang pulsa listrik tersebut. Penyebab masalah ini bermacam-macam. Misalnya sistem sedang sibuk, meteran bermasalah, Anda salah mengetikkan kode, atau malah token yang Anda beli ternyata palsu.

Ada baiknya Anda juga mengetahui arti dari warna lampu indikator atau lampu LED yang terdapat pada meteran listrik.

  • Lampu indikator berwarna hijau berarti persediaan kWh sangat banyak.
  • Lampu indikator berwarna kuning berarti persediaan kWh cukup banyak.
  • Lampu indikator berwarna merah berarti persediaan kWh tinggal sedikit.
  • Lampu indikator berwarna merah, berkedip-kedip, dan berbunyi berarti persediaan kWh sangat sedikit.

Sebaiknya isilah meteran listrik Anda dengan kode pulsa listrik baru sewaktu lampu indikatornya berwarna merah tetapi tidak berkedip-kedip dan tidak berbunyi.