Cara Membersihkan Dinding Kaca agar Jernih dan Bening

Semakin unik saja orang-orang dalam membangun rumah tinggalnya. Khususnya pada bagian dinding yang sering mendapatkan sentuhan baru. Selalu ada cara untuk membuat dinding yang unik. Salah satunya yaitu Anda bisa membuat dinding dari kaca. Dinding kaca umum dibuat di rumah-rumah yang bergaya modern. Dinding kaca akan menghilangkan partisi yang membagi antara interior dan eksterior. Sehingga seluruh bagian rumah akan bersatu.

Akan tetapi, merawat dinding kaca ini lumayan sulit. Terutama menjaga kondisi kaca tersebut agar tetap jernih, bening, dan berwarna transparan. Kaca yang bersih pasti akan menciptakan kesan seolah-olah tidak ada kaca di sana. Jika masih ada noda atau bercak berwarna keputih-putihan di permukaannya berarti kaca tersebut belum bersih. Membersihkan kaca harus Anda lakukan secara total supaya hasilnya pun memuaskan. Kaca nampak bening sekali.

cara-membersihkan-dinding-kaca.jpg

Lantas, bagaimana caranya membersihkan dinding kaca agar hasilnya maksimal?

Alat dan Bahan :

  • Cairan pembersih kaca
  • Alat pembersih kaca (squeegee)
  • Kain microfiber
  • Air bersih
  • Tangga lipat
  • Kuas ukuran besar

Langkah-langkah :

  1. Bersihkan Debu di Permukaan Kaca

Kaca yang terlihat bersih sekali pun sebenarnya masih tertutupi partikel-partikel debu di permukaannya. Anda tak boleh langsung mengelapnya sebab justru akan membuat debu tersebut menempel semakin kuat di kaca. Lebih baik Anda menyingkirkan debu-debu ini terlebih dahulu. Caranya dengan menyapu permukaan kaca memakai kuas. Gunakan kuas ukuran besar yang mempunyai bulu yang lembut. Sapulah permukaan kaca menggunakan kuas dari bagian atas ke bawah.

  1. Hapus Noda Air di Permukaan Kaca

Setelah permukaan kaca sudah bebas dari kotoran dan debu, selanjutnya Anda bisa mulai mengelapnya. Tujuan mengelap kaca tersebut untuk menghilangkan noda air. Noda ini berwarna keputih-putihan, berbentuk garis-garis tipis, dan relatif cukup sulit dihilangkan. Pakailah kain microfiber yang lembab untuk membersihkan noda air ini. Jangan gunakan kain lap biasa karena tidak mampu menghilangkannya sampai tuntas. Usap permukaan kaca memakai kain microfiber yang lembab dengan gerakan searah dan berulang-ulang.

  1. Tuntaskan Menggunakan Squeege

Kaca yang sudah dibersihkan memakai kain microfiber biasanya sudah terlihat bersih dan berwarna bening. Namun bila Anda mengamatinya lebih dekat, masih ada noda-noda air tipis yang begitu membandel sehingga sulit dihapus. Oleh sebab itu, Anda membutuhkan bantuan alat pembersih kaca khusus yang bernama squeegee. Silakan Anda semprotkan cairan pembersih kaca secukupnya. Kemudian ratakan memakai alat squeegee. Tariklah squeegee tersebut ke dalam dengan gerakan yang searah. Ulangi hingga 2-3 kali sehingga permukaan kaca benar-benar kelihatan transparan.

Selamat mencoba!