Cara Membersihkan Filter Air Cooler

Jangan terlalu terlena menggunakan air cooler. Sebab Anda pun harus merawatnya dengan baik. Salah satunya yaitu membersihkan filter yang melengkapi produk tersebut. Komponen ini berfungsi untuk menyaring udara yang memasuki perangkat. Sehingga udara yang diproses oleh air cooler dapat dijamin kebersihannya. Udara tersebut menjadi bersih, bebas dari debu, serta sama sekali tidak membahayakan kesehatan.

Jadi sebenarnya membersihkan filter itu wajib dilakukan oleh semua pemilik air cooler. Anda pun harus melaksanakannya meskipun pekerjaan ini kelihatannya sangat merepotkan. Mau tak mau air cooler wajib dibersihkan secara rutin supaya tidak menjadi sarang kuman dan bakteri pembawa bibit penyakit. Anda tidak boleh membiarkannya dalam keadaan kotor. Bukan tidak mungkin air cooler yang kotor akan menyebabkan Anda sekeluarga terserang penyakit.

membersihkan-filter-air-cooler.jpg

Saat membersihkan filter, disarankan pula untuk membersihkan bagian-bagian lain yang menyusun Air Cooler agar perangkat elektronik ini benar-benar bersih. Yuk, kita kerjakan tugas ini bersama-sama!

Alat-alat yang digunakan :

  • Sikat
  • Sikat gigi
  • Kuas
  • Obeng
  • Kain lap
  • Sabun cuci piring
  • Air

Langkah-langkah :

  1. Baca terlebih dahulu buku manual dan buku garansi yang melengkapi air cooler Anda. Dikhawatirkan garansi produk bisa hilang karena di sini Anda harus membongkar air cooler secara menyeluruh.
  2. Mulailah dengan membersihkan filter. Sebenarnya filter ini mudah dikeluarkan dari tempatnya. Anda hanya perlu mengeluarkannya saja dari tempat yang berbentuk menyerupai laci. Filter ini sebaiknya dicuci seminggu sekali agar kebersihannya terjaga. Anda hanya perlu merendamnya di air hangat, lalu gosoklah seluruh permukaannya memakai sikat. Setelah dibilas sampai bersih, filter ini perlu Anda jemur di bawah terik matahari hingga kondisinya kering.
  3. Selanjutnya yaitu proses membersihkan pompa air. Komponen ini biasanya terletak tepat di atas filter. Fungsinya yaitu mendorong air ke ruang mesin sehingga nantinya diproses menjadi uap air. Keluarkan pompa air dari tempatnya dengan hati-hati. Lalu bersihkan dengan mengelapnya memakai kain yang kering dan lembut.
  4. Baling-baling yang berfungsi sebagai kipas penyejuk/cooler juga wajib dibersihkan loh. Biasanya bagian ini yang paling parah kotornya. Anda harus sabar saat membersihkan bagian ini karena bentuknya yang rumit dengan lubang berukuran kecil membuat kita susah mengelap permukaannya. Solusinya pakailah kuas untuk menyapu partikel-partikel debu yang terdapat di sini. Kalau Anda mempunyai vacuum cleaner, gunakan saja perangkat penyedot debu tersebut.
  5. Langkah selanjutnya Anda perlu membersihkan lubang ventilasi. Walaupun fungsinya cuma sebagai saluran keluar masuk udara, faktanya permukaan lubang-lubang ini bisa dipenuhi debu yang sangat tebal loh. Sama seperti baling-baling, Anda perlu menyedot debu yang menempel di permukaan lubang ventilasi memakai vacuum cleaner. Namun jika tidak ada, gunakan saja kuas kecil untuk menyapu lubang demi lubang sampai bersih total.
  6. Air cooler juga dilengkapi dengan tangki air. Seiring berjalannya waktu, kondisi tangki air ini menjadi kotor akibat kotoran yang terkandung di dalam air menumpuk. Hal ini membuat tangki air menjadi kotor dan warnanya berubah menjadi kekuning-kuningan. Anda bisa membersihkannya menggunakan sabun cuci piring yang beraroma lemon, kemudian bilas sampai bersih. Untuk menghilangkan noda kuning yang membandel, kami sarankan pakailah sitrun.

Air cooler yang sudah dibersihkan akan memiliki kinerja yang lebih baik. Suara berisik dan kasar sudah tidak terdengar lagi berganti menjadi suara yang tenang. Suara deru mesin dan putaran baling-balingnya nyaris tak terdengar. Air cooler pun menjadi seperti baru lagi. Performa air cooler pun meningkat pesat. Hembusan angin yang dihasilkannya begitu bersih dan sejuk. Anda menjadi lebih nyaman saat menggunakannya.