Cara Membersihkan Kerak Membandel di Kompor Gas

Jangan lupa merawat peralatan memasak Anda dengan baik supaya awet dan tidak mudah rusak. Begitu pula dengan kompor gas yang Anda gunakan. Anda harus merawat kompor ini dengan sebaik-baiknya agar tidak cepat rusak. Biasanya kerusakan pada kompor gas disebabkan oleh lapisan kerak tebal yang menempel di permukaannya. Lapisan kerak ini begitu tebal sehingga dapat mengganggu kinerja kompor, membuat nyala api menjadi kecil, serta menyebabkan strukturnya menjadi keropos.

Cara mencegah kompor gas supaya tidak berkerak yaitu membersihkannya secara rutin. Biasakan untuk mengelap seluruh permukaan kompor gas ini setelah Anda selesai memasak. Lakukan pengelapan pada permukaan kompor tersebut secara merata menggunakan kain lap yang bersih. Walaupun kelihatannya merepotkan, tetapi percayalah kompor gas pasti bakal awet kalau Anda mau membersihkannya setiap saat. Kompor tersebut akan terhindar dari lapisan kerak membandel sumber penyebab kerusakan.

cara-membersihkan-kompor-gas.jpg

Jika Anda malas membersihkan kompor gas, cepat atau lambat permukaannya pasti akan dipenuhi oleh kerak membandel yang sangat sulit dihilangkan. Kinerja kompor gas pun menjadi terganggu akibat kerak yang tebal ini. Begitu pula dengan penampilannya yang terlihat jorok, Anda harus menghilangkannya supaya nyala kompor gas tersebut menjadi besar kembali. Anda dapat mengikuti solusi-solusi di bawah ini untuk membersihkan kerak membandel di kompor gas tersebut.

MERENDAM DI AIR PANAS

Kalau Anda mengalami kesulitan dalam membersihkan kerak membandel yang menumpuk di bagian besi pada kompor gas, maka Anda bisa memanfaatkan air panas untuk membersihkannya. Sebelumnya Anda bisa melepaskan bagian-bagian kompor gas seperti selang, cover penutup, tatakan kompor, ring, serta kerangka kompor gas. Setelah itu, letakkan kompor gas tersebut ke dalam ember yang berukuran cukup besar. Usahakan posisi kompor ini tetap rata.

Langkah berikutnya ialah menuangkan air panas ke dalam ember. Air panas ini akan merendam kompor gas sehingga kerak yang terdapat di permukaannya menjadi mudah dibersihkan. Tuangkan air panas secukupnya saja. Pastikan tinggi permukaan air tidak mencapai tungku api karena bagian ini sama sekali tidak boleh terendam air. Mengapa? Sebab jika air sampai masuk ke dalam lubang kecil di tungku, maka bagian ini tidak dapat menghasilkan api kalau kondisinya basah.

Proses perendaman kompor gas di air panas cukup dilakukan selama 20-30 menit. Setelah direndam, biasanya sebagian kerak di permukaannya akan luntur dengan sendirinya. Sedangkan sebagian sisanya lagi perlu Anda bersihkan secara manual memakai air sabun. Gunakan spons untuk menggosok seluruh permukaan kompor gas tersebut dengan air sabun secara merata. Kini lapisan kerak di permukaannya menjadi lebih mudah dibersihkan.

membersihkan-kompor-gas.jpg

MENGGUNAKAN SITRUN

Solusi di atas memang sangat efektif untuk menghilangkan kerak membandel pada kompor gas. Namun di sisi lain, risikonya juga begitu besar. Apalagi jika air sampai masuk ke dalam lubang di tungku api, air akan sulit dikeringkan sehingga mengakibatkan kompor gas menjadi tidak bisa menyala. Nah, bagi Anda yang ingin menggunakan solusi lain yang jauh lebih aman, cobalah membersihkan kompor gas tersebut memakai air sitrun. Trik ini sangat ampuh menghilangkan kerak membandel tapi prosesnya memerlukan waktu yang cukup lama.

Mulailah dengan menyiapkan sitrun terlebih dahulu. Anda bisa membelinya di warung terdekat dengan nama sitrun atau asam sitrat. Bentuknya berupa serbuk ukuran besar yang berwarna putih bening. Sitrun memang biasanya dipakai untuk membersihkan benda-benda yang kotor, termasuk pakaian yang kotor. Kemudian larutkan sitrun ini dengan air sedikit saja. Aduklah beberapa kali agar terbentuk larutan yang bersifat homogen.

Bersihkan permukaan kompor gas memakai kain lap terlebih dahulu. Usaplah kompor ini sampai seluruh kotoran yang dapat dibersihkan di permukaannya hilang. Barulah kemudian Anda bisa mengusapkan larutan sitrun ke permukaan kompor gas menggunakan spons. Oleskan sitrun ini ke seluruh bagian kompor gas, lalu biarkan selama semalaman. Keesokan harinya Anda bisa membersihkan kompor gas ini dengan air bersih. Kini noda membandel di permukaan kompor dapat dibersihkan dengan mudah.