Cara Membersihkan Kipas Angin dengan Tuntas

Saat tinggal di Indonesia, Anda harus siap-siap dengan kondisi cuacanya yang panas. Maklum saja Indonesia terletak di tengah-tengah belahan bumi sehingga memiliki iklim tropis. Wajar bila kemudian cuaca di sini panas sekali, terutama ketika siang hari. Untungnya sekarang telah banyak perangkat elektronik yang dapat digunakan untuk mengusir hawa panas tersebut. Di antaranya yaitu kipas angin. Pasti Anda juga punya kipas angin di rumah, kan?

Kipas angin bekerja dengan menghisap udara yang ada di belakangnya, lalu mengalirkannya ke luar sebagai angin. Hembusan udara ini terasa begitu sejuk. Seketika hawa panas akan hilang ketika Anda menyalakan perangkat elektrik ini. Agar kipas angin tersebut dapat bekerja dengan baik, Anda harus rajin merawatnya. Bersihkan kipas ini secara rutin agar hembusan anginnya bersih, terasa sejuk di badan, serta bebas dari partikel-partikel kotoran.

Bagaimana cara membersihkannya ya?

cara-membersihkan-kipas-angin.jpg

Alat-alat yang digunakan :

  • Obeng
  • Kuas
  • Kain lap microfiber
  • Cairan pembersih

Cara membersihkan :

  1. Anda harus melepaskan kabel power kipas angin dari stop kontak dulu ya. Hal ini untuk mencegah Anda agar tidak terkena strum listrik. Selain itu, Anda juga bakal terhindar dari risiko terkena putaran baling-baling apabila menekan tombolnya tanpa sengaja.
  2. Lepaskan cover depan pelindung baling-baling. Itu loh, bentuknya yang seperti jeruji yang berada persis di bagian depan baling-baling kipas. Kalau mau membersihkan bagian dalamnya, maka cover ini perlu dilepaskan terlebih dahulu biar mudah.
  3. Anda bisa memulainya dengan membersihkan bagian cover pelindung kepala kipas angin. Bentuknya yang seperti jeruji membuat Anda bakal mengalami kesulitan kalau langsung mengelapnya memakai kain. Jadi Anda pakai saja kuas untuk menghilangkan kotoran di bagian ini. Sapukan kuas ini di celah-celah jeruji tersebut sampai kondisinya bersih.
  4. Lanjutkan dengan membersihkan bagian baling-baling. Anda bisa memakai sabun cuci piring cair, atau kalau mau lebih praktis pakai saja cairan pembersih kaca spray. Anda tinggal menyemprotkan cairan ini ke permukaan baling-baling. Lalu ratakan memakai kain lap. Sekalah baling-baling ini secara merata hingga semua kotorannya lenyap. Jangan lupa bersihkan baling-baling sebelah belakang juga.
  5. Bagian kipas angin paling terakhir yang mesti dibersihkan ialah dudukannya. Bagian ini mencakup semua bagian dari kipas angin selain baling-balingnya. Bagian-bagian ini umumnya dilindungi oleh cover yang cukup tebal sehingga seharusnya Anda tidak akan mengalami kesulitan membersihkannya. Cukup semprotkan saja sabun pembersih ke permukaannya, lalu gosok memakai kain lap sampai bersih.

Cukup mengikuti kelima langkah mudah di atas, Anda sudah bisa membersihkan kipas angin dengan tuntas. Dijamin deh kipas angin tersebut bebas dari partikel-partikel kotoran sekecil apapun. Selamat mencoba ya!