Cara Membersihkan Kompor Gas agar Bersih Maksimal

Kompor gas digunakan setiap hari untuk memasak bahan makanan. Kita memakainya untuk membuat menu sarapan, makan siang, serta makan malam. Bahkan untuk merebus air dan memasak makanan ringan pun kita membutuhkan kompor gas. Kompor gas merupakan peralatan rumah tangga yang sangat praktis dan berguna untuk mempermudah kehidupan kita sehari-hari. Berkat kompor gas ini, maka kita bisa membuat masakan dengan lebih mudah tanpa perlu repot menyalakan tungku kayu bakar.

Agar kompor gas yang Anda miliki tidak cepat rusak, mau tak mau Anda harus merawatnya dengan baik. Perawatan ini mutlak dilakukan setiap saat, khususnya setelah Anda selesai memasak. Kalau Anda mau sedikit bersusah payah merawat kompor gas secara rutin, maka kami jamin kompor tersebut pasti akan awet. Bahkan bukan tidak mungkin kompor gas Anda bisa diwariskan sampai ke anak cucu nanti karena kinerjanya masih bagus. Anda bisa memulainya dengan rutin membersihkan kompor gas tersebut.

cara-membersihkan-kompor-gas.jpg

Sebelum mulai membersihkan kompor gas, Anda bisa melepaskan regulator terlebih dahulu dari tabung gas supaya pekerjaan ini lebih aman. Atau kalau mau lebih mudah lagi, Anda bisa melepaskan pipa gas dari kompor tersebut. Lantas carilah tempat yang luas supaya Anda bisa leluasa membersihkan kompor gas. Adapun langkah-langkah pekerjaannya adalah sebagai berikut :

  1. Mulailah dari bagian burner (tempat keluarnya api) terlebih dahulu. Lepaskan burner ini dari dudukannya. Lalu rendamlah di cairan asam sitrat/sitrun untuk membersihkannya. Usahakan seluruh bagian burner bisa terendam cairan sitrun ini. Durasi waktu perendaman cukup sekitar 1-2 jam. Anda juga bisa sekali-kali menyikatinya untuk membantu merontokkan kotoran yang ada di permukaan burner.
  2. Bagian kedua yang perlu dibersihkan yaitu tatakan/dudukan untuk tempat menaruh wajan atau panci. Kondisi bagian ini biasanya dipenuhi oleh arang karena terus-menerus terbakar oleh api saat kompor gas menyala. Cara membersihkan tatakan kompor gas ini yaitu Anda bisa mencuci bagian tersebut menggunakan air deterjen. Setelah itu, rendamlah tatakan di cairan sitrun agar bersih sempurna selama 1-2 jam.
  3. Sekarang kita harus membersihkan pipa penghubung antara spuyer dengan tungku. Pipa ini terletak tepat di bawah burner. Fungsinya untuk mengalirkan gas yang keluar dari spuyer. Gas yang keluar dari bagian ini sudah bercampur dengan oksigen dengan komposisi yang telah ditentukan. Anda bisa melepaskan pipa ini terlebih dahulu. Caranya dapat dilakukan dengan mencabut pin penguncinya yang berbentuk seperti kawat kecil yang mengunci di kedua ujung pipa ini. Setelah terlepas, Anda bisa membersihkannya memakai air deterjen lalu keringkan.
  4. Selanjutnya kita akan membersihkan ruang bagian dalam atau bagian bawah kompor gas. Anda percaya atau tidak, bagian ini kerap menjadi sarang binatang loh. Apalagi kalau Anda jarang membersihkannya. Dari mulai tikus, laba-laba, dan tikus senang membuat sarangnya di sini. Cara membersihkannya yaitu Anda cukup menyapunya menggunakan kuas sampai permukaan bagian ini menjadi bersih.
  5. Kini waktunya untuk membersihkan spuyer yaitu lubang keluarnya gas. Kalau dari bagian depan kompor gas, spuyer ini terletak di posisi lurus mendatar dari knop. Sedangkan bila dar dalam, spuyer terletak persis d ujung pipa penghubung tungku/burner. Mengingat risikonya yang cukup tinggi, silakan bersihkan bagian ini hanya jika api berwarna merah, kompor tidak menyala sama sekali, atau nyala apinya terlalu kecil. Lepaskan spuyer menggunakan kunci pas ukuran 6 mm. Setelah itu, Anda bisa membersihkannya dengan jarum yang berukuran lebih kecil daripada diameter lubang spuyer.

Setelah semua komponen-komponen kompor gas sudah dibersihkan, Anda perlu mengeringkannya terlebih dahulu sampai benar-benar kering. Sebaiknya Anda menjemur komponen-komponen tersebut di bawah sinar matahari langsung sampai mengering dengan sempurna. Barulah kemudian komponen-komponen ini dirakit kembali hingga membentuk sebuah kompor gas seperti semula.