Cara Membersihkan Kuas Make Up yang Benar

Kaum hawa khususnya tidak bisa keluar rumah tanpa make up yang menghiasi mukanya. Make up bukan sekadar alat untuk meningkat pesona pribadi, tapi juga menghargai begitu indahnya kita. Cukup dengan sentuhan beberapa riasan saja, tampilan kita pun seketika berubah dari biasa-biasa saja menjadi sangat memesona. Apalagi kalau Anda sudah mahir mengaplikasikan make up. Make up seolah-olah menjadi senjata utama Anda.

Untuk menerapkan riasan make up ke wajah, kita membutuhkan berbagai peralatan tambahan agar hasilnya rapi. Kuas contohnya. Kuas ini memberikan kemudahan bagi kita untuk menyapu make up ke seluruh permukaan wajah sesuai ketentuan yang diinginkan. Namun setelah Anda selesai menggunakannya, kuas wajib dibersihkan ya. Kuas yang jarang dibersihkan tentu bakal cepat rusak. Jangan sampai deh wajah Anda menjadi sarang kuman dan bakteri akibat memakai kuas yang kotor.

membersihkan-kuas-make-up.jpg

Beberapa risiko yang dapat terjadi akibat pemakaian kuas yang kotor antara lain :

  1. Kulit muka menjadi berjerawat
  2. Tersumbatnya pori-pori kulit
  3. Infeksi kulit oleh kuman dan bakteri
  4. Timbulnya iritasi kulit di wajah
  5. Permukaan kulit menjadi keriput
  6. Timbulnya masalah konjungtivitas

Kuas make up sebaiknya dibersihkan paling tidak setiap seminggu sekali. Namun sebelum kuas ini dibersihkan , Anda perlu merendamnya di air hangat terlebih dahulu. Fungsinya untuk merontokkan partikel-partikel kotoran yang menempel di bulu kuas. Barulah kemudian Anda bisa mulai membersihkannya. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan berikut ini!

Shampo

Membersihkan kuas make up yang paling praktis menggunakan shampo. Apalagi kalau kuas Anda terbuat dari bulu binatang. Membersihkan kuas bulu natural memakai shampo tidak ubahnya seperti sedang mengeramas rambut. Tuangkan shampo secukupnya di telapak tangan kiri Anda. Lalu usapkan kuas yang sebelumnya sudah direndam di air hangat. Gosokkan kuas ini dengan gerakan memutar dan berkali-kali sampai bersih. Kemudian bilas dengan air.

Sabun Bayi

Sabun bayi mempunyai formula yang sangat cocok untuk kuas bulu. Tak hanya membersihkan serat pada bulu-bulu kuas, tetapi bahan ini juga dapat melembutkannya. Alhasil kuas Anda pun terasa semakin nyaman dipakai. Proses mencucinya sama seperti di atas. Anda perlu merendam kuas di dalam air hangat terlebih dahulu. Tuangkan sabun bayi di telapak tangan sebelah kiri. Lantas gosokkan kuas di sabun bayi tersebut dengan gerakan memutar. Gosok terus sampai bersih. Setelah itu, Anda bisa membilasnya.

Sabun Cuci Piring

Anda juga boleh kok mencuci kuas menggunakan sabun cuci piring. Tapi usahakan pakailah sabun cuci piring yang berbentuk cairan ya. Sabun cuci piring ini sangat efektif membunuh kuman dan bakteri yang ada di bulu kuas. Bahan ini juga dapat membuat serat bulu terasa lebih halus dan aromanya segar. Cara membersihkan kuas make up memakai sabun cuci piring yaitu Anda cukup menaruh sabun secukupnya di bulu kuas. Kemudian gosokkan kuas tersebut di telapak tangan Anda sampai warna bulunya kembali seperti baru. Jangan lupa bilas sampai bersih ya!

Minyak Zaitun

Kalau di rumah Anda mempunyai minyak zaitun, Anda bisa memanfaatkannya sebagai bahan pembersih bulu kuas. Minyak zaitun ini sangat ampuh digunakan sebagai pembersih loh. Kuman dan bakteri seketika lenyap saat terkena minyak ini. Selain itu, minyak zaitun juga bisa merawat bulu-bulu pada kuas sehingga teksturnya menjadi lebih lembut. Mulailah dengan merendam kuas di air hangat terlebih dahulu. Lalu dilanjutkan dengan merendamnya di minyak zaitun selama 20-30 menit. Terakhir, rendam sekali lagi kuas ini di air hangat.

Asam Sitrat

Selain dipakai untuk membersihkan pakaian, asam sitrat juga dapat digunakan untuk kuas make up loh. Asam sitrat atau dikenal pula dengan sebutan sitrun ini memang sangat efektif dipakai untuk membersihkan suatu benda. Tidak hanya membuat kondisi kuas menjadi bersih, sitrun juga mampu mengembalikan warna asli dari kuas. Kuas make up Anda pun akan tampak seperti baru lagi kalau dibersihkan memakai sitrun. Buatlah campuran 1/2 gelas air hangat dan 1 sendok teh sitrun. Rendamlah ujung kuas di air ini selama semalaman. Keesokan paginya Anda tinggal membilas kuas tadi memakai air bersih.