Cara Membersihkan Lemari Es dengan Benar

Lemari es dapat diibaratkan sebagai gudangnya bahan makanan. Ini sejalan dengan fungsinya yang menjadi tempat penyimpanan makanan dan minuman. Semua makanan dan minuman yang disimpan di dalam lemari es akan lebih aman dan mempunyai usia pakai yang lebih lama. Salah satunya berkat kondisi suhu udara yang sangat dingin di dalam lemari es. Tak ada bakteri yang mampu hidup di suhu dingin tersebut sehingga makanan tidak cepat membusuk.

Kita biasa menyimpan makanan dan minuman di dalam lemari es. Lambat laun keadaan lemari es yang semula bersih pun berubah menjadi kotor akibat noda dari makanan/minuman ini. Anda harus membersihkannya supaya lemari es kembali bersih seperti sedia kala. Bagaimana pun Anda membutuhkan tempat yang bersih dan steril untuk menyimpan bahan-bahan makanan dan minuman. Jadi Anda harus rutin membersihkan lemari es ini.

membersihkan-lemari-es.jpg

Berikut ini panduan untuk membersihkan lemari es dengan benar!

Alat dan Bahan :

  • Spons
  • Kain lap
  • Baking soda
  • Lemon
  • Air
  • Sabun cuci piring

Langkah-langkah :

  1. Putar pengatur daya freezer ke posisi paling rendah terlebih dahulu. Kemudian cabut kabel power lemari es dari stop kontak. Bukalah pintu lemari es dan pintu freezer, lalu biarkan selama 15-30 menit. Hal ini dilakukan supaya suhu di dalam lemari es menjadi normal. Keluarkan semua bahan makanan dan minuman yang Anda telah Anda simpan di dalam lemari es. Letakkan bahan-bahan ini di tempat yang aman.
  2. Lepaskan semua rak di dalam lemari es dengan hati-hati agar tidak menyebabkan kerusakan. Taruh rak-rak ini di tempat cuci piring. Anda bisa mencuci rak menggunakan sabun cuci piring. Setelah dibilas sampai bersih, letakkan rak-rak ini di tempat yang aman supaya mengering.
  3. Untuk membersihkan bagian dalam lemari es, disarankan memakai bahan-bahan pembersih yang aman dan tidak bersifat racun. Anda bisa memakai baking soda secukupnya yang dicampurkan dengan air hangat. Usapkan campuran ini di bagian dalam lemari es menggunakan spons. Bersihkan bagian dalam lemari es dan freezer sampai benar-benar bersih. Pastikan tak ada kotoran atau noda membandel yang dapat merusak pemandangan. Bilas lemari es yang telah dibersihkan memakai air bersih. Usapkan air ini di seluruh permukaan bagian dalam lemari es menggunakan kain lap.
  4. Untuk menghilangkan bau menyengat dari dalam lemari es, Anda bisa memanfaatkan lemon. Usapkan air sari buah lemon ini secara merata. Tutup pintu freezer dan pintu lemari es. Langkah selanjutnya Anda bisa membersihkan bagian luar lemari es tersebut memakai baking soda. Lemari es yang baru saja dibersihkan tidak boleh langsung digunakan lagi. Anda perlu membuka semua pintunya agar kondisi di dalamnya benar-benar kering.
  5. Pastikan kondisi lemari es sudah kering sempurna. Kemudian Anda bisa memasang kembali rak-rak di bagian dalamnya. Masukkan makanan dan minuman satu per satu ke dalam lemari es. Usahakan Anda menatanya dengan rapi. Ganti plastik pembungkus sayuran dan buah jika perlu. Setelah yakin semuanya sudah beres, Anda bisa menghubungkan kabel power ke stop kontak. Jangan lupa ubah kembali pengatur suhu freezer ke level yang dibutuhkan.

Selamat Anda sudah berhasil membersihkan lemari es. Silakan lakukan pekerjaan bersih-bersih lemari es ini minimal setiap sebulan sekali.